ANALISIS SIFAT MEKANIK DAN STRUKTUR MIKRO MATERIAL WIRE-ROD UNTUK PROSES COLD WIRE-DRAWING

Qamaruddin Qamaruddin

Abstract


Proses pengerjaan dingin penarikan kawat (cold wire-drawing) diterapkan di industri tepat guna. Tujuan penelitian ini adalah membandingkan 3(tiga) jenis material wire-rod yang berasal dari material eks impor (Jerman) dan dua material eks lokal dari sifat mekanik dan struktur mikronya. Metode pengujian untuk mengetahui sifat mekanik dengan uji puntir dan uji kekerasan, dan struktur mikro dengan metalografi. Berdasarkan hasil uji puntir diperoleh momen puntir maksimum material eks Jerman, eks lokal kode S dan eks lokal M adalah 420, 490 dan 600 secara berturut- turut; hasil uji kekerasan Vickers untuk material eks Jerman diperoleh 113,8, eks lokal kode S adalah 142,5 dan eks lokal kode M adalah 175,8. Pada struktur mikro ketiga jenis material terlihat fasa ferit dan pearlit. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa material wire-rod eks lokal dalam negeri bersifat lebih getas dibandingkan dengan material eks Jerman.


Keywords


cold wire-drawing; uji puntir; uji kekerasan; metalografi

Full Text:

PDF

References


Asfarizal, O. & Jamil, D. A. (2012). Pengaruh Variasi Sudut Dies terhadap Aluminium. Jurnal Teknik Mesin, 2(1), 41–48.

Callister Jr, W. D., & Rethwisch, D. G. (2018). Materials Science and Engineering- An Introduction. 10th ed. USA: John Wiley & Sons, Inc.

Dieter, G. E., & Bacon, D. (1988). Mechanical Metallurgy. SI Metric Edition McGraw-Hill Book Company.

Hosford, W.F.(2010). Mechanical Behavior of Materials. 2nd ed. New York: Cambridge University Press

Bayin, D., & Putra, M. (2009). Perbedaan Struktur Mikro, Kekerasan, Dan Ketangguhan Baja Hq 705 Bila Diquench Dan Ditemper Pada Media Es, Air Dan Oli. Jurnal Rekayasa Mesin, 9(1), 001–007.

Panjaitan, A.(2018). ”Pengaruh Putaran Capstan Terhadap Sifat Mekanis Pada Proses Penarikan Kawat Aluminium Al 6201”. ReadyStar (Regional Development Industry & Health Science, Technology and Art of Life) 100–107


Refbacks

  • There are currently no refbacks.