EFEKTIVITAS MEDIA ULAR TANGGA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG SISWA KELAS IV SD 2 JATI WETAN

Dian Rizky Satriana, Oktavia Putri Utami, Mudrikatussyifa Mudrikatussyifa, Dewi Cahyanti, Fera Cindyanawati, Fatikhatun Najikhah

Abstract


Matematika adalah salah satu subjek penting dalam kurikulum pendidikan yang memberikan pengaruh kontribusi cukup besar bagi kehidupan. Di jenjang sekolah dasar siswa diharapkan mampu menguasai tiga kemampuan dasar, salah satunya yaitu kemampuan berhitung perkalian dan pembagian. Dengan adanya media pembelajaran akan lebih menyenangkan dan mempermudah siswa dalam memahami materi yang disampaikan oleh guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas media ular tangga dalam meningkatkan kemampuan berhitung perkalian dan pembagian pada siswa kelas IV SD 2 Jati Wetan Kudus. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model R&D (Research and Development). Subjek yang digunakan dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IV SD 2 Jati Wetan Kudus berjumlah 13 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media ular tangga sudah memenuhi kriteria layak dengan memperoleh persentase 97% dari ahli media. Sedangkan dari respon siswa menunjukkan bahwa media sangat layak digunakan dengan persentase 88,84 %. Berdasarkan hasil pretest dan posttest diperoleh hasil bahwa terjadi peningkatan pada nilai posttest siswa, dan diperoleh N-gain dengan kategori tinggi 5 orang, sedang 3 orang, rendah 5 orang, maka dapat dinyatakan bahwa terjadi peningkatan terhadap kemampuan berhitung siswa kelas IV SD 2 Jati Wetan Kudus. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media ular tangga sudah layak untuk digunakan kepada siswa kelas IV SD 2 Jati Wetan Kudus dan dapat meningkatkan kemampuan berhitung siswa.

Keywords


Ular Tangga Matematika; Perkalian dan Pembagian; Kelas IV Sekolah Dasar

Full Text:

PDF

References


Ariyanti, A., & Muslimin, Z. (2015). Efektivitas Alat Permainan Edukatif (APE) Berbasis Media Dalam Meningkatkan Kemampuan Berhitung Pada Anak. Berhitung melalui Media Puzzle pada Anak. Ucv, I(02), 0–116.

Cahyadi, Fajar, . Mega IH. (2016). Peningkatan Keaktifan dan Kemampuan Dini Melalui Pengembangan Media Pembelajaran Pohon Angka. Jurnal Ilmiah

Dwiyanti, L., Khan, R. I., & Kurniawati, E. (2019). Pengembangan Permainan SmartAdventure Untuk Meningkatkan Kesiapan Belajar Berhitung Permulaan AnakUsia Dini. JIV-Jurnal Ilmiah Visi, 14(1), 59–66. https://doi.org/10.21009/jiv.1401.6

Elfiadi. (2016). Bermain Dan Permainan Bagi Anak Usia Dini. ITQAN: Jurnal IlmuIlmu Kependidikan, VII(1), 51–60.

Fajri Zaenol; Syaidatul Mukaroma. (2021). Pendidikan Akhlak Perspektif Al GhazaliDalam Menanggulangi Less Moral Value. Edureligia; Jurnal Pendidikan AgamaIslam, 5(1),31–47 .https://www.ejournal.unuja.ac.id/index.php/edureligia/article/view/196 4

Fajri, Z. (2019). Model Pembelajaran Discovery Learning dalam MeningkatkanPrestasi Belajar Siswa SD. JURNAL IKA PGSD UNARS, 7(2), 1–10.https://unars.ac.id/ojs/index.php/pgsdunars/article/view/478

Farihah, H. (2017). Mengembangkan Kemampuan Berhitung Anak Usia Dini Melalui

Febiola, K. A. (2020). Peningkatan Kemampuan Berhitung Permulaan Anak Usia

Gani, M. (2020). Pengembangan Model Permainan Kartu Kata Bergambar Dalam Pembelajaran Komunikasi Di Tk Indra 1 Hunggaluwa. Skripsi, 1(153416031)https://doi.org/10.17509/jpa.v3i1.2666 9 Jurnal Psikologi Tabularasa (Vol. 10, Issue 1, pp. 58–69).

Kustandi, Cecep. Daddy Darmawan. 2020. Pengembangan media pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Maesaroh, M., Sumardi, S., & Nur, L. (2020). Kemampuan Berhitung Permulaan Malapata, E., & Wijayanigsih, L. (2019). Meningkatkan Kemampuan Berhitung

Anak Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak Usia Dini. AL IHSAN: Jurnal.

Misrawati, M., & Suryana, D. (2021). Bahan Ajar Matematika Berbasis Model Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 298–306.https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1249

Puji Astuti. (2020). Peningkatan Kemampuan Berhitung Anak Melalui Permainan Ramadhani, E. A., & Wulandari, R. S. (2021). Pengaruh Permainan jepit Angka

Sudjana, Nana (2011). Media Pengajaran (Penggunaan dan Pembuatannya). Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sugiyono (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung Alfabeta.

Suhendrianto (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Monopoli Tematik Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas IV Min Tegalasri Kec. Wlingi Kab. Blitar. Tesis. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.

Syifa, F. M., & Simatupang, N. D. (2015). Penggunaan Sempoa Dalam Tasikmalaya. Jurnal Paud Agapedia, 3(1), 61–75

Thiagarajan, S., Semmel, D., & Semmel, M. I. (1974). Instructional development for training teachers of exceptional children: A Sourcebook. Minnesota: Central for Innovation on Teaching the Handicaped

Triandini, Y., & Atiyyah, S. (2020). Penerapan Permainan Kereta Angka untuk Berhitung Anak Usia Dini. MENTARI: Jurnal Pendidikan.

Utami, Indah Hari, U. H. (2020). Kompetensi Profesional Guru dalam PenerapanPembelajaran Tematik di SD Negeri Maguwoharjo 1 Yogyakarta. PIONIR (Jurnal Pendidikan), 8(2), 121– 139.https://doi.org/http://dx.doi.org/10.22373/pjp.v8i2.6232

Yanti, I., Affandi, L. H., & Rosyidah, A. N. K. (2021). Pengembangan media permainan ular tangga untuk meningkatkan kemampuan berhitung siswa kelas II SDN 12 Taliwang. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(3), 509- 516.

Nurussofa, R., & Astuti, H. P. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Ular Tangga Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS), 9(1), 256-262.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.