KONTRIBUSI NILAI PERSONAL DAN NILAI PENDIDIKAN DALAM BUKU CERITA GAGAK YANG MURAH HATI KARYA VENKATRAMANA GOWDA

Naisya Ramadhani, Muhammad Nailul Furqon, Siti Mutmainah, Putri Ayu Sekarwangi, Rani Setiawaty

Abstract


Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan nilai personal dan nilai pendidikan yang terdapat dalam cerita Gagak yang Murah Hati. Buku cerita anak ini bergenre fable dari India yang diterjemahkan kedalam bahasa Indonesia, yakni cerita Gagak yang Murah Hati. Cerita ini memiliki banyak pesan moral untuk para pembaca. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Data penelitian ini adalah wacana paragraf dan kalimat dalam cerita Gagak yang Murah Hati. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik studi pustaka, yaitu mengumpulkan bahan-bahan referensi berupa dokumen dan naskah. Teknik analisis data dilakukan dengan teknik analisis isi yang dijabarkan secara naratif. Berdasarkan hasil temuan disimpulkan bahwa nilai personal yang ada pada cerita Gagak yang Murah Hati terdiri atas perkembangan emosional, perkembangan intelektual, perkembangan imajinasi, pertumbuhan rasa sosial, dan pertumbuhan rasa etis dan religius. Adapun, nilai pendidikan terdiri atas nilai peduli sosial, nilai tanggung jawab, dan nilai kerja keras.

Keywords


cerita anak;kontribusi; nilai personal nilai pendidikan; gagak yang murah hati

Full Text:

PDF

References


Efendi, M. F., Hudiyono, Y., & Murtadlo, A. (2019). Analisis cerita rakyat.

Jurnal Ilmu Budaya, 3(3), 246–257.

Faidah, C. N. (2018). Dekonstruksi Sastra Anak: Mengubah Paradigma Kekerasan Dan Seksualitas Pada Karya Sastra Anak Indonesia. KREDO : Jurnal Ilmiah Bahasa Dan Sastra, 2(1). https://doi.org/10.24176/kredo.v2i1.2458

Naranjo, J., Fuad, H., Hakim, Z., Panchadria, P. A., Robbi, M. S., Yulianti, Y., Susanti, E., Sholeh, M., Teuku Fadjar Shadek, R. S., Kamil Arif, I., Gunadhi, E., Partono, P., Sampieri, R. H., & Pariyatin, Y. (2016). Sastra anak. Jurnal Algoritma, 12(1), 579–587. http://jurtek.akprind.ac.id/bib/rancang-bangun-website-penyedia-layanan- weblog

Suparyanto dan Rosad (2015. (2020). Representasi Perundungan (Bullying) dan Pendekatan Sosiologi Sastra. Suparyanto Dan Rosad (2015, 5(3), 248–253

Sabardila, A., Markhamah, M., Arifin, Z., Kusmanto, H., Hidayah, L. N., Kurniasari, A. D., & Saputro, D. (2021). Menakar Nilai Pendidikan Karakter Acara Televisi pada Anak Usia 6-8 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 150–162. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.875

Saputri, L. C., & Laeliyah, Y. N. (2020). Nilai Pendidikan Karakter pada Novel Perahu Kertas Karya Dewi Lestari. KLITIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(2), 1–13.

Siregar, E. P., Ndururu, I. E. M., & Telaumbanua, S. (2020). Nilai Pendidikan Karakter Dalam Cerita Rakyat Nias dan Potensinya Sebagai Materi Pembelajaran Sastra di SMA. Kode: Jurnal Bahasa, 9(4), 165–175. https://doi.org/10.24114/kjb.v9i4.22059


Refbacks

  • There are currently no refbacks.