KONTRIBUSI NILAI PERSONAL DAN NILAI PENDIDIKAN DALAM BUKU CERITA BENCANA DI PULAU SEBERANG KARYA WIWIN ALWININGSIH BAGI ANAK SEKOLAH DASAR

Naily Soimatul Izza, Anisah Indriana Cahyani, Riska Ayuning Tiyas, Dila Eka Fitriyani, Shabrina Khilda Zulfia, Rani Setiawaty

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kontribusi sastra anak berupa (1) nilai personal dan

(2) nilai pendidikan pada cerita Bencana di Pulau Seberang. Sumber data pada penelitian ini adalah buku cerita Bencana di Pulau Seberang yang dikarang oleh Wiwin Alwiningsih dan diterbitkan oleh Direktorat pembinaan sekolah dasar, Direktorat jenderal Pendidikan dasar dan menengah, dan Kementerian Pendidikan dan kebudayaan. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan data penelitian berupa paragraf dan kalimat dalam bentuk pernyataan atau percakapan dialog yang memuat nilai personal dan nilai pendidikan. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah teknik dokumentasi. Adapun, teknik analisis data adalah analisis isi. Hasil penelitian disimpulkan bahwa buku yang berjudul Bencana di Pulau Seberang berjenis genre realisme. Pertama, nilai personal dalam buku cerita tersebut meliputi; (1) perkembangan emosional, (2) perkembangan intelektual, (3) perkembangan imajinasi, (4) perkembangan rasa sosial, dan (5) perkembangan etis dan religious. Kedua, nilai Pendidikan yang ada dalam buku tersebut meliputi; (1) nilai religious, (2) nilai peduli lingkungan, (3) nilai peduli sosial, (4) nilai cinta damai, (5) nilai demokratis, (6) nilai kerja keras, dan (7) nilai tanggung jawab. Jadi kesimpulannya buku ini cocok bagi anak sekolah dasar.


Keywords


kontribusi; buku cerita; nilai personal; nilai Pendidikan; anak sekolah dasar

Full Text:

PDF

References


Ahmadi, M., Ardianti, S. D., & Pratiwi, I. A. (2021). Nilai Pendidikan Karakter Dalam Cerita Rakyat Sendang Widodari Kabupaten Kudus. Progres Pendidikan, 2(1), 1–6. https://doi.org/10.29303/prospek.v2i1.55

Aziz, A. (2021). Analisis Nilai Pendidikan Dalam Novel Sepatu Dahlan Karya Khrisna Pabhicara. ENGGANG: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Dan Budaya, 2(2), 1–6. https://doi.org/10.37304/enggang.v2i2.3879

Bintari Oktavia, H. Chairil Effendy, H. M. (2021). Nilai Sastra Anak Dalam Cerita Rakyat Kalimantan Barat Sebagai Sarana Pendidikan Karakter. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 2013–2015.

Bulan, A., & Hasan, H. (2020). Analisis Nilai Pendidikan Karakter dalam Kumpulan Dongeng Suku Mbojo. Ainara Journal (Jurnal Penelitian Dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), 1(1), 31–38. https://doi.org/10.54371/ainj.v1i1.11

Efendi, M. F., Hudiyono, Y., & Murtadlo, A. (2019). Analisis cerita rakyat Miaduka Ditinjau Dari Kajian Sastra Anak. Jurnal Ilmu Budaya, 3(3), 246–257. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30872/jbssb.v3i3.2017

Fauliyah, F. (2020). Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Novel Anak-Anak Langit untuk Membina Karakter Siswa di Madrasah Ibtidaiyah. AKSELERASI: Jurnal Pendidikan Guru MI, 1(2), 94–111. https://doi.org/10.35719/akselerasi.v1i2.66

Hafizah, Aceng Rahmat, & S. R. (2021). Pembelajaran Sastra Anak Dalam

Membentuk Karakter Di Sekolah Dasar. Nurgiyantoro, 137–144.

Hidayah, L. N., Hasjim, N., & Al-Ma’ruf, A. I. (2022). Nilai Karakter Nasionalis dan Gotong Royong dalam Novel Guru Aini Karya Andrea Hirata. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 5(2), 453–472. https://doi.org/10.30872/diglosia.v5i2.359

Irawan, C. P., Rispandi, A. Y., Fauzi, A., & Fauziya, D. S. (2018). Analisis Nilai- Nilai Pendidikan Karakter Pada Cerpen “Tanah Air” Karya Martin

Aleida Peraih Terbaik Kompas Tahun 2016. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(2), 133–140. http://dx.doi.org/10.22460/p.v1i2p%25p.130

Kirani, G., & Tutul, B. (2022). Kajian Sastra Anak : Analisis Nilai Personal Cerita Rakyat Timun Emas. 29–35. Jurnal Ilmu Bahasa dan Sastra Indonesia.

Luthfiyanti, L., & Nisa, F. (2017). Peran Sastra dalam Pengembangan Kepribadian Anak. STILISTIKA: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 2(2), 273– 284. https://doi.org/10.33654/sti.v2i2.405

Marlina, Y. (2021). Peningkatan Hasil Belajar IPS Melalui Model Guided Discovery Learning dalam Materi Kerja Sama pada Siswa Kelas V SD Negeri 133 Halmahera Selatan. Jurnal Pendidikan Dasar, 3(1), 53–61.

Norma Atika Sari, E. Y. (2021). Nilai Personal dan Nilai Pendidikan dalam Novel Mata Di Tanah Melus Karya Okky Madasari. 179–191.

Purnomo, E., & Wahyudi, A. B. (2020). Nilai Pendidikan Karakter dalam Ungkapan Hikmah di SD se-Karesidenan Surakarta dan Pemanfaatannya di Masa Pandemi. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 12(2), 183–193. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v12i2.561

Sari, Norma, A., & Yusriansyah, E. (2021). Nilai Personal Dan Nilai Pendidikan Dalam Novel Mata Di Tanah Melus Karya Okky Madasari. Seminar Sastra, Bahasa, Dan Seni (Sesanti), 179–191. p-issn: 2685-2756 e-ISSN: 2776-9992 http://eprosiding.fib-unmul.id/index.php/sesanti

Kirani, G., & Tutul, B. (2022). Kajian Sastra Anak : Analisis Nilai Personal Cerita Rakyat Timun Emas. 29–35.

Santoso, J., Wahyudi, A. B., Sabardila, A., Purnomo, E., & Setiawaty, R. (2023).Sumber dan Sikap Bahasa Terhadap Fenomena Argokomunitas LGBT di Media Sosial. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia , Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan , Universitas Muhammadiyah Surakarta , Indonesia Muria Kudus , Indonesia Journal.fon@uniku.ac.id. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 19, 1–10.

Septiana Sulastri, A. A. A. (2017). Nilai Pendidikan Karakter Kerja Keras Dalam Novel 2 Karya Donny Dhirgantoro. Jurnal Pendidikan Bahasa, 6(2), 156–168.

Simatupang, Y. J., Harun, M., & Ramli. (2021). Kontribusi sastra anak bagi perkembangan nilai personal anak dalam buku cerita anak indonesia. Jurnal Master Bahasa, 9(2), 546–552.

Syafutri, H. D., & Hidayati, F. (2016). Fabel sebagai Alternatif Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Sastra Anak. Universitas Sebelas Maret, 1, 123–134.

Tarsinih, E. (2018). Kajian Terhadap Nilai-nilai Sosial Dalam Kumpulan Cerpen “Rumah Malam di Mata Ibu” Karya Alex R. Nainggolan Sebagai Alternatif Bahan Ajar. Bahtera Indonesia: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(2), 1–8. https://doi.org/https://doi.org/10.31943/bi.v3i2.18

Tutul, Gheani , Kirani, B. (2022). Kajian Sastra Anak: Analisis Nilai Personal Cerita Rakyat Timun Emas. Jurnal Ilmu Bahasa Dan Sastra Indonesia, 13(1), 29–35.

Viora, D., Wahyuningsi, E., & ... (2022). Analisis Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Teks Sastra Anak (Cerita Rakyat Riau). Jurnal Pendidikan dan Konseling 4,1058–1066.

Wardani, T. D. (2018). Nilai Personal Dalam Cerita Palaya Subetnik Katingan (Personal Values in Story of Palaya From Katingan Subethnic). Jurnal Bahasa, Sastra Dan Pembelajarannya, 8(2), 147.

https://doi.org/10.20527/jbsp.v8i2.5503

Wiguna, M. Z., & Alimin, A. A. (2018). Analisis Nilai-Nilai Moral dalam Cerita Rakyat Kalimantan Barat. Jurnal Pendidikan Bahasa, 7(1), 143–158. https://doi.org/https://doi.org/10.31571/bahasa.v7i1.833


Refbacks

  • There are currently no refbacks.