PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOMIK SEJARAH PROKLAMASI UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATERI PROKLAMASI KEMERDEKAAN KELAS V SD
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengembangkan media pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial dalam bentuk komik sejarah proklamasi pada materi proklamasi kemerdekaan; 2) Mengetahui kelayakan media pembelajaran berupa komik sejarah proklamasi pada materi proklamasi kemerdekaan untuk peserta didik kelas V. Penelitian ini merupakan penelitian R&D yang mengadopsi pengembangan dari Borg & Gall. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V SD Negeri 4 Dersalam berjumlah 16 orang peserta didik dan instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa angket yang diberikan kepada ahli materi, ahli media, peserta didik dan guru untuk menguji kelayakan media pembelajaran berupa komik sejarah proklamasi. Jenis data yang dihasilkan adalah data kuantitatif yang dianalisis dengan pedoman kriteria kategori penilaian untuk menentukan kelayakan produk. Hasil penelitian ini adalah 1) telah dikembangkan media pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial dalam bentuk komik sejarah proklamasi; 2) kelayakan media pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial dalam bentuk komik sejarah proklamasi yang telah dikembangkan adalah sangat layak dengan persentase 95% berdasarkan penilaian ahli materi tahap akhir setelah perbaikan 3) dengan persentase 97% , penilaian guru dengan kriteria adalah layak 4) hasil respon peserta didik dengan persentase 90% dengan kriteria layak
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Zagoto, M. M., Yarni, N., & Dakhi, O. (2019). Perbedaan Individu Dari Gaya Belajarnya Serta Implikasinya Dalam Pembelajaran. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 2(2), 259–265. https://doi.org/10.31004/jrpp.v2i2.481
Arsyad, A. (2017). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Putri, D. Y. K., & Ariyanti, G. (2015). Pengembangan Komik Matematika Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Pendidikan Karakter pada Materi Perkalian Bilangan Bulat Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Edukasi Matematika (JIEM), 1, 22-38.
Sukiman. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran.Yogyakarta:Pustaka Insan Medan
Prado, C. C., De Sousa Junior, C. E., & Pires, M. L. (2017). Histórias em quadrinhos: uma ferramenta para a educação e promoção dasaúde. Revista Eletrônica de Comunicação, Informação e Inovação Em Saúde, 11(2), 1–12
Winarto, K., dkk. (2018). Pocket Book Based on Comic to Improve Conceptual Understanding of Child Sex Abuse (CSA): A Case Study of Elementary School. International Journal of Instruction, 11(4), 889– 900.
Dharma Kesuma, Cepi Triatna & Johar Permana.(2011). Pendidikan Karakter Kajian Teoridan Praktik di Sekolah. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.
Mashuri, Sufri. (2019). Media Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Deepublish.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Sudaryono, dkk. (2013). Pengembangan Instrumen Penelitian Pendidikan.
Yogyakarta:Alfabeta.
Bingham Tricia, Reid Stephanie and Ivanovic Vanda, Paint me a picture: translating academic integrity policies and regulations into visual content for an online course, International Journal for Educational Integrity Vol 12: (2) 2016, 5
Refbacks
- There are currently no refbacks.