PENGARUH PENDEKATAN RME MELALUI MEDIA GOOGLE SITE TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS III SD
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Realistic Mathematics Education melalui media Google Site terhadap minat belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimental dengan pendekatan Nonequivalent Control Group Design dengan populasi sebanyak 28 siswa di SD 3 Margorejo dan SD 1 Ternadi. SD 3 Margorejo sebagai kelas eksperimen dan SD 1 Ternadi sebagai kelas kontrol. Variabel bebas pada penelitian ini yaitu pengaruh model pembelajaran Realistic Mathematics Education melalui media Google Site, sedangkan variabel terikatnya yaitu minat belajar siswa kelas III. Data minat belajar siswa diperoleh melalui kuesioner (angket). Nilai rata-rata preintervensi angket sebesar 56.00 menjadi 79.94 setelah dilakukan postintervensi dengan menggunakan model pembelajaran Realistic Mathematics Education melalui media google site . Data dianalisis dengan uji-t. Hasil perhitungan uji-t diperoleh nila sig. (2 tailed) sebesar 0,000 < 0,05, maka terdapat perbedaan rata-rata minat belajar siswa pada kelas kontrol (69) yang menggunakan pembelajaran model pembelajaran problem solving dan kelas eksperimen (80) yang menggunakan model Realistic Mathematics Education melalui media google site. Sedangkan dari uji N-gain score untuk kelas eksperimen adalah sebesar 57% dan kelas kontrol sebesar 28% yang dapat ditafsirkan bahwa penggunakan model pembelajaran Realistic Mathematics Education melalui media google site cukup efektif dalam meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran matematika.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amalia, N., Ermawati, D., & Kuryanto, M. S. 2022. Pengaruh Penggunaan Metode Hypnoteaching terhadap Motivasi Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(7), 2148-2155. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i7.685
Catrining, L., & Widana, I. W. 2018. Pengaruh pendekatan pembelajaran realistic mathematics education (RME) terhadap minat dan hasil belajar matematika. Jurnal Emasains, VII(2), 120–129. https://doi.org/10.5281/zenodo.2548071
Ediyanto, E., Gistituati, N., Fitria, Y., & Zikri, A. 2020. Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematics Education Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Materi Matematika Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(1), 203–209. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i1.325
Ermawati, D., & Riswari, L. A. 2020. Pengaruh Pendekatan PMRI terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SD. Prosiding Seminar Dan Diskusi Nasional Pendidikan Dasar 2020, 1–9.
Fahrudin, A. G., Zuliana, E., & Bintoro, H. S. 2018. Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika melalui Realistic Mathematic Education Berbantu Alat Peraga Bongpas. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(1), 14–20. https://doi.org/10.24176/anargya.v1i1.2280
Hidayat, dkk. 2019. Ilmu Pendidikan Konsep, Teori, dan Aplikasinya. Medan: Lembaga Peduli Pengembangan Pendidkan Indonesia.
Hudaya, A. 2018. Pengaruh Gadget Terhadap Sikap Disiplin Dan Minat Belajar Peserta Didik. Research and Development Journal of Education, 4(2), 86–97. https://doi.org/10.30998/rdje.v4i2.3380
Islamiah, I. N. 2021. Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Google Site dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Jombang. Skripsi. Surabaya: Universitas Sunan Ampel Surabaya. http://digilib.uinsby.ac.id/46854/
Lestari dan Yudhanegara. 2017. Penelitian Pendidikan Matematika. PT. Refika Arditama.
Riswari, L. A., & Ermawati, D. 2020. Pengaruh Problem Based Learning dengan Metode Demonstrasi Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Prosiding Seminar Dan Diskusi Nasional Pendidikan Dasar 2020, 10–21.
Sembiring, dkk. 2013. Strategi Pembelajaran Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP), 6(2), 34–44. https://doi.org/10.24114/jtp.v6i2.4996
Soedjadi, R. 2014. Inti Dasar – Dasar Pendidikan Matematika Realistik Indonesia. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 1–10. https://doi.org/10.22342/jpm.1.2.807. Sugiyono. 2017. Metode Penenlitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Refbacks
- There are currently no refbacks.