DETERMINAN PENERAPAN KONSERVATISME AKUNTANSI PADA PERUSAHAAN FOOD AND BEVERAGE YANG TERDAFTAR DI BEIPERIODE 2016-2021

Ponny Harsanti, Dian Wismar’ein, Ulva Risky Mulyani

Abstract


Konservatisme akuntansi adalah prinsip penyajian informasi keuangan dengan penerapan kehati-hatian dalam pencatatan pendapatan, biaya dan aktiva. Praktik konservatisme dapat terjadi karena standar akuntansi yang berlaku di Indonesia memperbolehkan perusahaan untuk memilih salah satu metode akuntansi dari kumpulan metode yang diperbolehkan pada situasi yang sama. Prinsip konservatisme dapat mengurangi kecenderungan sikap optimis yang berlebihan dari manajer untuk melebih-lebihkan laba dalam pelaporan keuangan. Penggunaan konservatisme yang berlebihan dapat mengakibatkan laporan keuangan menjadi bias dan tidak mencerminkan keadaan yang sebenarnya. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh , debt covenant, bonus plan, political cost, risiko litigasi dan financial distress terhadap konservatisme akuntansi. Populasi yang digunakan adalah perusahaan food and beverage yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2016-2021. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling, dan menghasilkan sampel sebanyak 138 perusahaan. Analisis data dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda  yang meliputi  statistik deskriptif, uji asumsi klasik yaitu uji normalitas, uji heteroskedastisitas, uji multikolinearitas, dan uji autokorelasi . Uji hipotesis meliputi uji koefisien determinasi, uji F, dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bonus plan dan risiko litigasi berpengaruh positif terhadap konservatisme akuntansi, financial distress berpengaruh negatif terhadap konservatisme akuntansi, sedangkan debt covenant dan political cost tidak berpengaruh terhadap konservatisme akuntansi. Penelitian selanjutnya dapat menambah variabel independen lain seperti intensitas modal, menggunakan jenis pengukuran konservatisme lainnya seperti earning/stock returns relation measure dan menambah periode pengujian untuk hasil yang lebih baik.

Keywords


Debt covenant; bonus plan; political cost; risiko litigasi dan growth opportunity

Full Text:

PDF

References


Dewi, Ni Kd Sri Lestari dan I Ketut Suryanawa. 2014. Pengaruh Struktur Kepemilikan Manajerial, Leverage, dan Financial Distress Terhadap Konservatisme Akuntansi. Jurnal Akuntansi Universitas Udayana. Vol. 7.1: 223-233

Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 23. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Jayanti, Anna dan Sapari. 2016. Pengaruh Possitive Accounting Theory, Profotabilitas, dan Operating Cash Flow Terhadap Penerapan Konservatisme. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen. Vol.5 No.10. Oktober.

Jensen, M and Meckling. 1976. Theory of The Firm: Managerial Behavior, Agency, and Ownership Structure. Jurnal of Financial Economics.

Juanda, Ahmad. 2009. Analisis Tipologi Strategi Dalam Menghadapi Risiko Litigasi Pada Perusahaan Go Publik di Indonesia. Humanity. Vol.V No.1. September.

Ningsih, Euis. 2013. Pengaruh Tingkat Kesulitan Keuangan Perusahaan dan Risiko Litigasi Terhadap Konservatisme Akuntansi (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI). Jurnal Akuntansi. FE - Universitas Negeri Padang.

Noviantari, Ni Wayan dan Ni Made Dwi Ratnadi. 2015. Pengaruh Financial Distress, Ukuran Perusahaan dan Leverage pada Konservatisme Akuntansi. Jurnal Akuntansi Universitas Udayana. Vol. 11.3: 646-660

Oktomegah, Calvin. 2012. Faktor - Faktor yang Mempengaruhi Konservatisme pada Perusahaan Manufaktur di BEI. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi. Vol.1 No.1. Januari.

Rohminatin. 2016. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Penerapan Konservatisme Akuntansi (Studi pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI). Jurnal Ilmiah INFOTEK. Vol.1 No.1: 65-74. Februari.

Sulastiningsih, dan Jaza Anil Husna. 2017. Pengaruh Debt Covenant, Bonus Plan, Political Cost, dan Risiko Litigasi Terhadap Penerapan Konservatisme Akuntansi pada Perusahaan Manufaktur. Jurnal Kajian Bisnis. Vol.25 No.1: 110-125. Januari.

Tanomi, Rehobot. 2012. Pengaruh Kompensasi Manajemen, Perjanjian Hutang Dan Pajak Terhadap Manajemen Laba Pada Perusahaan Manufaktur di Indonesia. Jurnal Akuntansi.Vol.1 No.3.

Watts, R.L. 2003. Conservatism in Accounting Part I: Explanations and Implications. Journal of Accounting and Economics University of Rochester.

Viola, dan Patricia Diana. 2016. Pengaruh Kepemilikan Managerial, Leverage, Financial Distress, dan Kepemilikan Publik Terhadap Konservatisme Akuntansi. Ultima Accounting. Vol.8 No.1.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.