MOTIVASI SEBAGAI VARIABEL MODERASI PADA FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PEMAHAMAN AKUNTANSI

Retno Tri Handayani, Zuliyati Zuliyati, Ratih Larasati

Abstract


Kebutuhan akuntan yang cukup tinggi, seyogyanya mampu diiringi dengan ketersediaan kualitas lulusan akuntansi yang sesuai dengan kebutuhan pengguna. Hal ini yang melatarbelakangi pentingnya membahas lebih mendalam tentang faktor-faktor apa saja yang mampu mempengaruhi tingkat pemahaman akuntansi pada mahasiswa akuntansi. Penelitian ini menggunakan data primer, dengan metode pengumpulan data kuesioner. Uji hipotesis yang digunakan adalah uji SEM PLS. Adapun hasil penelitian membuktikan bahwa kecerdasan emosional, minat belajar dan motivasi mampu berpengaruh positif signifikan terhadap pemahaman akuntansi. Motivasi juga mampu memoderasi pengaruh minat belajar terhadap pemahaman akuntansi. Akan tetapi motivasi tidak mampu memoderasi pengaruh kecerdasan emosional terhadap pemahaman akuntansi.


Keywords


motivasi; pemahaman akuntansi; kecerdasan emosional; minat belajar

Full Text:

PDF

References


Anam, H., & Ardillah, L. (2016). Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Spiritual dan Kecerdasan Sosial Terhadap Pemahaman Akuntansi. JST (Jurnal Sains Terapan), 2(1). https://doi.org/10.32487/jst.v2i1.118

Ardiansyah, M. F., & Susilowati, E. (2021). Analisis Perilaku Belajar Dan Minat Belajar Terhadap Pemahaman Akuntansi Dengan Kecerdasan Intelektual Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Mahasiswa S1 Akuntansi Periode 2017 – 2018 UPN “Veteran” Jawa Timur). Jurnal Akuntansi Dan Keuangan Kontemporer (JAKK), 4(1), 109–119. https://doi.org/10.30596/jakk.v4i1.6908

Dalimunthe, M. I. (2020). Pengaruh Minat Belajar Terhadap Pemahaman Akuntansi Pada Mahasiswa Program Studi Akuntansi. Jurnal Mutiara Akuntansi, 5(2), 99–108. http://e-journal.sari- mutiara.ac.id/index.php/JMA/article/view/1381/1183

Dwiharyadi, A., Asrina, N., & Rosalina, E. (2021). Analisis Kebutuhan Kompetensi Lulusan Akuntansi. Akuntansi Dan Manajemen, 16(2), 22–32. https://doi.org/10.30630/jam.v16i2.151

Fanikmah, D. A. (2016). Pengaruh kecerdasan emosional dan minat belajar terhadap tingkat pemahaman akuntansi. Jurnal Ilmu Dan Riset Akuntansi, 5(7), 1–16.

Firza, S. U., Agustina, A., & Loman, D. (2022). Analisis Minat Mahasiswa Memilih Program Studi Akuntansi Universitas Mikroskil Dengan Theory of Planned Behavioral. Owner, 6(2), 1438–1449. https://doi.org/10.33395/owner.v6i2.763

Haryati, D., & Feranika, A. (2020). Pengaruh Pengendalian Diri, Motivasi, Perilaku dan Minat Belajar terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi. Business Innovation and Entrepreneurship Journal, 2(4), 232–241. https://doi.org/10.35899/biej.v2i4.173

Horri, M., & Handayani, A. E. (2019). Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi Pada Mahasiswa Akuntansi Di Universitas Dr. Soetomo. Jurnal Analisa Akuntansi Dan Perpajakan, 2(2), 86–98. https://doi.org/10.25139/jaap.v2i2.1396

Indra, S., & Rusmita, S. (2018). ANALISIS TINGKAT PEMAHAMAN AKUNTANSI (STUDI MAHASISWA JURUSAN AKUNTANSI FEB UNTAN)

Sukma. Jurnal Ekonomi Bisnis Dan Kewirausahaan, 7(1), 1–23.

Indriyani, F. (2021). Analisis pengaruh pengetahuan awal, efikasi diri, kecerdasan emosional, perilaku belajar, dan budaya terhadap tingkat pemahaman akuntansi mahasiswa perbankan syariah. Journal of Accounting and Digital Finance, 1(1), 1–14. https://doi.org/10.53088/jadfi.v1i1.8

Jariyah, A., & Rochmawati, R. (2020). Pengaruh Pengetahuan Awal Akuntansi, Kecerdasan Emosional Dan Efikasi Diri Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 8(1), 9–16. https://doi.org/10.26740/jpak.v8n1.p9-16

Killay, T., Anakotta, F. M., & Bakker, P. (2022). PENGARUH KECERDASAN INTELEKTUAL TERHADAP PEMAHAMAN AKUNTANSI DENGAN MOTIVASI BELAJAR SEBAGAI VARIABEL MODERATING PADA

PROGRAM STUDI AKUNTANSI DI PSDKU MALUKU BARAT DAYA. KUPNA JURNAL, 3(1), 45–56.

Melasari, R. (2021). Pengaruh Kecerdasan Intelektual, Kecerdasaran Emosional Dan Minat Belajar Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi Pada Mahasiswa Akuntansi Di Universitas Islam Indragiri. Jurnal Akuntansi Dan Keuangan, 10(1), 24–34. https://doi.org/10.32520/jak.v10i1.1645

Menhard, M. (2021). Pengaruh Latar Belakang Pendidikan Menengah Mahasiswa, Gaya Mengajar Dosen, Dan Minat Belajar Terhadap Pemahaman Akuntansi. Jurnal Akuntansi, Manajemen, Bisnis Dan Teknologi (AMBITEK), 1(1), 45–59. https://doi.org/10.56870/ambitek.v1i1.5

Novrizaldi. (2021). Pendidikan Berperan Penting dalam Menyongsong Smart Society 5.0. KEMENKO PMK. https://www.kemenkopmk.go.id/pendidikan- berperan-penting-dalam-menyongsong-smart-society-50

Nuraini, F. (2017). Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Intelektual dan Kecerdasan Spiritual Terhadap Pemahaman Akuntansi Dasar Dengan Motivasi Sebagai Variabel Moderating. Journal of Accounting Science, 1(2), 93–118. https://doi.org/10.21070/jas.v1i2.892

Nurcahyanty, L., & Rochmawati, R. (2021). Peran motivasi belajar dalam memoderasi pengaruh penguasaan akuntansi dasar, computer self-efficacy, kemandirian belajar, dan pemberian tugas terhadap hasil belajar komputer akuntansi. Akuntabel, 18(4), 669–682. https://doi.org/10.30872/jakt.v18i4.9836

Oemar, F., & Fani, F. D. O. (2018). Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual Dan Perilaku Belajar Terhadap Pemahaman Akuntansi. Jurnal Akuntansi Kompetif, 1(1), 10–18. https://doi.org/10.35446/akuntansikompetif.v1i1.251 Rokhana, L. A. (2016). Pengaruh Kecerdasan Emosional, Perilaku Belajar Dan Minat Belajar Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi. Media Ekonomi Dan Manajemen, 31(1), 26–38.

Satria, M. R., & Fatmawati, A. P. (2017). Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi Pada Mahasiswa Akuntansi Di Kota Bandung. Amwaluna: Jurnal Ekonomi Dan Keuangan Syariah, 1(1), 66–80. https://doi.org/10.29313/amwaluna.v1i1.2022

Sihombing, M. J. T., & Sitanggang, W. S. (2020). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pemahaman Akuntansi Pada Mahasiswa Amik. Jurnal Mahajana Informasi, 5(2), 1–8.

Susanti, S., Rispantyo, & Djoko, K. (2017). Pengaruh Minat Belajar, Perilaku Belajar, Kecerdasan Intelektual Dan Kecerdasan Emosional Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi. Jurnal Akuntansi Dan Sistem Teknologi Informasi, 13, 127–134. http://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/Akuntansi/article/view/1620/1425

Taufiq, M. (2017). Pengaruh Pengetahuan Awal Akuntansi Dan Efikasi Diri Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi Melalui Minat Belajar Pada Mahasiswa Jurusan Akuntansi Universitas Pgri Adi Buana Surabaya. Jurnal Ekonomi Pendidikan Dan Kewirausahaan, 3(2), 181. https://doi.org/10.26740/jepk.v3n2.p181-196

Widjaja, Y. R., Alamsyah, D. P., Rohaeni, H., & Sukajie, B. (2018). Peranan Kompetensi SDM UMKM Dalam Meningkatkan Kinerja UMKM Desa Cilayung Kecamatan Jatinangor, Sumedang. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(3), 465–476.

Yuniantari, L. G. E. (2021). Pengaruh Kecerdasan Emosional, Minat Belajar Dan Perilaku Belajar Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi (Studi Pada Mahasiswa Akuntansi Universitas Hindu Indonesia). E-ISSN 2798-8961, 2(3), 318–337.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.