PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK BUDAYA UNTUK PEMBELAJARAN KELAS V SD 1 DERSALAM

Amalia Lita Rohmana, Nunik Tri Ayuni Kumalasari, Mila Muhimmatul Alwiyyah, Leon Haslam, Rani Setiawaty, Fatikhatun Najikhah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa komik budaya pada materi keberagaman kelas V di SD 1 Dersalam Kudus yang valid serta untuk mengetahui respon peserta didik dan guru terhadap kelayakan media pembelajaran berupa komik budaya. Penelitian ini merupakan penelitian R&D yang mengadopsi pengembangan dari Borg & Gall. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V SD 1 Dersalam Kudus berjumlah 15 orang peserta didik dan instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa angket yang diberikan kepada ahli materi, ahli media, guru dan siswa SD untuk menguji kelayakan media pembelajaran berupa komik budaya dengan materi keragaman budaya. Jenis data yang dihasilkan adalah data kualitatif dan kuantitatif yang dianalisis dengan pedoman kriteria kategori untuk menentukan kelayakan produk. Hasil penelitian ini adalah telah dikembangkan media pembelajaran berupa komik budaya, kelayakan media pembelajaran komik budaya yang telah dikembangkan sangat layak dengan presentase 90% berdasarkan penilaian ahli materi tahap akhir setelah perbaikan, ahli desain dengan presentase 89% dengan kriteria layak, penilaian guru dengan kriteria layak dengan presentase adalah 87,5%, hasil respon peserta didik dengan presentase 87,2% dengan kriteria layak. Kemudian efektivitas media ini dibuktikan dengan adanya perbedaan hasil belajar sebelum penerapan media dengan nilai rata-rata 82,67 kemudian setelah penggunaan media menjadi 90, atau bisa dikatakan naik sebesar 8%.


Keywords


komik; ips; keberagaman; budaya; pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Ais, R. (2019). Pengembangan Media Komik untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Qalamuna - Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 11(1), 47–63.

Ariesta, F. W. (2018). PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK BERBASIS MASALAH UNTUK PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS SISWA

SEKOLAH DASAR. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 6(1), 1–8.

Astutik, A. F., Rusijono, & Suprijono, A. (2021). Pengembangan Media Komik Digital Dalam Pembelajaran IPS Sebagai Penguatan Karakter Peserta Didik Kelas V SDN Geluran 1 Taman. Jurnal Education and Development Institut Pendidikan Tapanuli Selatan, 9(3), 543–554.

Asyhari, A., & Silvia, H. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berupa Buletin dalam Bentuk Buku Saku untuk Pembelajran IPA Terpadu. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 5(1), 1–13. https://doi.org/10.24042/jpifalbiruni.v5i1.100

Batubara, H. H. (2020). Media Pembelajaran Efektif - Google Books. In Fatawa Publishing (Issue October).

Budiarti, W. N., & Haryanto. (2016). PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS IV.

Jurnal Prima Edukasia, 4, 233–242.

Fadjeri, A., N., & Urchayati, A. D. (2022). Pengujian validitas pada pengembangan media pembelajaran berbasis ICT. Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE), 8(1), 9–25.

Hengkang Bara Saputro, S. (2015). PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER PADA PEMBELAJARAN TEMATIK-INTEGRATIF KELAS IV SD. Jurnal Prima Edukasia, 3(1), 61–

https://doi.org/10.1016/S0002-9378(15)30176-9

Hidayah, N., & Ulva, R. K. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Komik pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas IV MI Nurul Hidayah Roworejo Negerikaton Pesawaran. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 4(1), 34–46.

Magdalena, I., Fajriyati Islami, N., Rasid, E. A., & Diasty, N. T. (2020). Tiga Ranah Taksonomi Bloom Dalam Pendidikan. EDISI : Jurnal Edukasi Dan Sains, 2(1), 132–139.

Nurrita. (2018). Media Pembelajaran dan Hasil Belajar Siswa. Misykat, 03, 171– 187.

Puteri, A., M, F., & Murjainah. (2022). Media Komik Proklamasi Pemahaman Siswa SD untuk Kemampuan Membaca. 10(1), 46–53.

Sukmanasa, E., Windiyani, T., & Novita, L. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Digital Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Bagi Siswa Kelas V Sekolah Dasar Di Kota Bogor. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 3(2), 171. https://doi.org/10.30870/jpsd.v3i2.2138

Suzuki Syofian, Timor Setiyaningsih, N. S. (2015). Otomatisasi Metode Penelitian Skala Likert Berbasis Web. November, 1–8.

Wahyuni, I. (2018). Pemilihan Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan, 1(1), 8. http://eprints.umsida.ac.id/3723/


Refbacks

  • There are currently no refbacks.