KAJIAN SASTRA ANAK: KONTRIBUSI NILAI PERSONAL DAN NILAI PENDIDIKAN DALAM BUKU CERITA KISAH SANDEAN RAJA DARI KERAJAAN TIMUR KARYA YUDHISTIRA IKRANEGARA

Nadzifah Mar’atus Ahadiyah, Rangga Firmasnyah, Anisa Putri Muhalimah, Septiyani Zahrotun Nihmah, Rani Setiawaty

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan 1) sinopsis cerita , 2) kontribusi nilai personal; dan

3) mendeskripsikan nilai pendidikan dalam kisah buku cerita anak “Kisah Sandean Raja dari Kerajaan Timur”. Sumber data penelitian ini diperoleh dari buku cerita dongeng pengantar tidur terbitan oleh Dua Media. Cerita ini mempunyai pesan moral yang penting untuk dibaca anak-anak karena alur ceritanya yang menyampaikan kebaikan kepada siapapun. Data penelitian ini adalah paragraf dan kalimat yang dibentuk melalui pertanyaan atau percakapan dalam dialog. Jenis penelitian ini menggunakan metode pendekatan deskriptif kualitatif. Data penelitian dikumpulkan dengan teknik studi pustaka dan informasi melalui pembacaan literatur sumbernya seperti buku. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa dalam buku cerita dongeng kisah sandean raja dari kerajaan timur menyampaikan nilai personal berupa: (1) pengendalian emosional (2) kecerdasan intelektual(3) tumbuhnya daya imajinasi (4) pencapaian pematang hubungan rasa sosial. Nilai pendidikan berupa: (a) perkembangan peduli sosial (b) berkembangnya keadilan (c) berkembangnya tanggungjawab dan (d) berkembangnya kerjasama.


Keywords


cerita dongeng; nilai pendidikan; nilai personal

Full Text:

PDF

References


Abdul, A. (2020) ‘Teknik Analisis Data Analisis Data’, Teknik Analisis Data Analisis Data, pp. 1–15.

Anggraeni, D. and Rafiyanti, S. (2022) ‘Pengaruh Dongeng terhadap Pendidikan Karakter Anak Usia Dini’, Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), pp. 2485– 2490.

Bangun, E.P., A Koagouw, F.V.I. and Kalangi, J.S. (2019) ‘Analisis Isi Unsur Kelengkapan Berita Pada Media Online Manadopostonline.com’, Acta Diurna Komunikasi, 1(3), pp. 4–13. Available at: https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/actadiurnakomunikasi/article/view/25 560.

Bulan, A. and Hasan, H. (2020) ‘Analisis Nilai Pendidikan Karakter dalam

Kumpulan Dongeng Suku Mbojo’, Ainara Journal (Jurnal Penelitian dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), 1(1), pp. 31–38. Available at: https://doi.org/10.54371/ainj.v1i1.11.

Bunga, R.D., Rini, M.M. and Serlin, M.F. (2020) ‘Peran Cerita Rakyat Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indoneisa Di Kabupaten Ende’, Retorika, 1(1), pp. 65–77.

Efendi, M.F., Hudiyono, Y. and Murtadlo, A. (2019) ‘Analisis Cerita RakyatMIaduka Ditinjau Dari Kajian Sastra Anak’, Jurnal Ilmu Budaya, 3(3), pp. 246–257.

Isnaeni, Y. and Ningsih, T. (2021) ‘Pembentukan Karakter Peduli Sosial Melaui Pembelajaran IPS’, JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan), 5(3), pp. 662– 672. Available at: https://doi.org/10.36312/jisip.v5i3.2255.

Kirani, G. and Tutul, B. (2022) ‘Kajian Sastra Anak : Analisis Nilai Personal Cerita Rakyat Timun Emas’, Alkhais, pp. 29–35.

Risdoyok, R. and Aprison, W. (2021) ‘Kerjasama guru pai dan orang tua dalam menghadapi pembelajaran selama covid-19’, EDUKATIF: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), pp. 2319–2335.

Rizqa, M. (2022) ‘Analisis Karakter Intelektual pada Siswa Sekolah Menengah Pertama’, Tarbiyah Suska Conference Series, pp. 12–13.

Rosid, A. (2021) ‘Nilai-Nilai Dalam Sastra Anak Sebagai Sarana Pembentukan Karakter’, Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Metalingua, 6(1), pp. 7–10. Available at: https://doi.org/10.21107/metalingua.v6i1.10508.

Sania Putriana, Neviyarni, I. (2021) ‘Perkembangan Intelektual pada Usia Sekolah Dasar’, Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2019), pp. 1771–1777. Available at: https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/1173/1051.

Sukmana, E. (2018) ‘Aspek Sosial Budaya dalam Cerita Rakyat Enyeng di Desa Cipancar’, Deiksis: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 5(1), p.18. Available at: https://doi.org/10.33603/deiksis.v5i1.838.

Taqiyuddin, H. (2019) ‘Konsep Islam Tentang Keadilan’, Aqlania : Jurnal Filsafat dan Teologi Islam, 10(2), pp. 157–170.

Waryanti, E. et al. (2021) ‘Struktur Cerita Anak Dalam Cerita Rakyat Timun Mas dan Buto Ijo Dalam Saluran Youtube Riri Cerita Anak Interaktif (Kajian Sastra Anak)’, Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan dan Pembelajaran), 4, pp. 12–29.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.