PENGEMBANGAN MEDIA JARI BARU UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS V SDN 2 BACIN

Della Emalia Safitri, Ida Nur Aini, Dartik Sriyani, Miftakhussa’adah Miftakhussa’adah, Evia Raihanatun Nabilah, Fatikhatun Najikhah

Abstract


Media Jaring-jaring bangun ruang atau JARI BARU merupakan media pembelajaran yang berupa jaring-jaring dan bentuk bangun ruang. Tujuan penelitian ini adalah untuk membantu pemahaman siswa pada materi jaring-jaring bangun ruang dan mengetahui hasil belajar siswa menggunakan media JARI BARU di kelas 5 SD N 2 Bacin Kudus. Penelitian ini menggunakan metode R&D (Research and Development) dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan penelitian, yaitu analysis (analisis), design (desain), development (pengembangan), implementation (implementasi), dan evaluation (evaluasi). Teknik pengumpulan data awal menggunakan observasi dan wawancara. Kemudian dari hasil analisis kebutuhan, dikembangkan media pembelajaran JARI BARU dengan berbagai revisi sehingga mendapatkan validasi ahli sebesar 69,5 dari jumlah maksimal skor 80 yang berarti sangat layak, kemudian penelitian ini menggunakan one group pretest-postest design yang dilakukan untuk mengukur perbandingan hasil belajar siswa. Hasil pretest diperoleh nilai rata-rata siswa 43,7. Selanjutnya hasil post-test setelah siswa menggunakan media JARI BARU mendapatkan nilai rata-rata sebesar 76,6 yang berarti ada kenaikan hasil belajar sebesar 75%. Oleh karena itu, media JARI BARU layak digunakan dalam proses pembelajaran matematika dan efektif meningkatkan hasil belajar matematika kelas V SD N 2 Bacin.


Keywords


Media; Jaring-jaring; R & D

Full Text:

PDF

References


Arikunto. (2009). Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Andrianto, R. (2017). Pengembangan Alat Peraga Edukatif Mistar Bilangan Bulat(Misbilbul) Mata Pelajaran Matematika Untuk Kelas IV SDN Golo. E Journal, VI, 536–544.

Benedicta Dwi Adventyana1, Dina Amaria Sembiring2, Tin Rustini3, Y. W. (2023). Pengembangan Media Permainan (Monopoli) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5, 1349–1358.

Ernawati, I. (2017). Uji Kelayakan Media Pembelajaran Interaktif Pada Mata Pelajaran Administrasi Server. Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education), 2(2), 204–210. https://doi.org/10.21831/elinvo.v2i2.17315

Rosvita, O. A., & Anugraheni, I. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Buku Cerita Bergambar Berbasis Kemampuan Membaca Pada Pembelajaran Tematik. Jurnal Pendidikan Rokania, VI(1), 23–34.

Suhendrianto. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Monopoli Tematik untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas IV MIN Tegalasri Kec. Wlingi Kab. Blitar. Universitas Islam Negeri Malang Maulana Malik Ibrahim Malang.

Syafa’ati, S., & Muamanah, H. (2020). Konsep Pendidikan Menurut Muhammad Naquib Al-Attas dan Relevansinya dengan Sistem Pendidikan Nasional. Palapa, 8(2), 285–301. https://doi.org/10.36088/palapa.v8i2.859


Refbacks

  • There are currently no refbacks.