MENGIDENTIFIKASI DAN MENGEVALUASI PIKIRAN OTOMATIS SERTA EMOSI DALAM COGNITIVE BEHAVIORAL THERAPY

Adnan Fadkhurosi, Agung Slamet Kusmanto

Abstract


Pendekatan konseling Cognitive Behavioral Therapy (CBT) merupakan salah satu pendekatan konseling yang biasa digunakan dalam layanan Bimbingan dan Konseling di sekolah maupun secara umum. CBT berlandaskan teori kognitif yang menyatakan bahwa manusia seharusnya dapat berpikir adaptif. Aaron Beck sebagai pencipta dan pengembang beranggapan bahwa kehidupan manusia dipengaruhi oleh tiga hal pokok, yaitu thought (Pikiran), feel (emosi), dan act (perilaku). Ketiga hal tersebut sangat berelasi satu sama lain, sehingga dapat diartikan sebagai hubungan sebab akibat. Pelaksanaan CBT juga tidak terlepas dari indetifikasi dan evaluasi pikiran otamatis serta emosi. Secara nyata pikiran otomatis merupakan thougt secara sepontan yang bisa berwujud positif dan negative, pikiran-pikiran itu nantinya akan mengimbas pada perilaku dan emosi individu dalam rangka mewujudkan manusia sebagaimana mestinya.


Keywords


Cognitive Behavioral Therapy; Konseling Kognitif; Automatic Thought; Automatic Feel; Aaron Back

Full Text:

PDF

References


Beck, J. S. (n.d.). Cognitive behavior therapy : basics and beyond.

Hapsari, A., & Kurniawan, A. (2019). Efektivitas Cognitive Behavior Therapy (Cbt) Untuk Meningkatkan Kualitas Tidur Penderita Gejala Insomnia Usia Dewasa Awal. Jurnal Ilmu Keluarga Dan Konsumen, 12(3), 223–235. https://doi.org/10.24156/jikk.2019.12.3.223.

Khasanah, A. N., Damayanti, T., & Sirodj, D. A. N. (2017). Gambaran Negative Automatic Thoughts pada Remaja Korban Bullying di Sekolah Menengah Pertama Kota Bandung. Psympathic : Jurnal Ilmiah Psikologi, 4(2), 239–250. https://doi.org/10.15575/psy.v4i2.1698.

Muhammad, ), Adriansyah, A., Rahayu, D., Netty, ), & Prastika, D. (2015). PENGARUH TERAPI BERPIKIR POSITIF DAN COGNITIVE BEHAVIOR THERAPY (CBT) TERHADAP PENURUNAN KECEMASAN PADA MAHASISWA UNIVERSITAS MULAWARMAN. In Jurnal Psikostudia Universitas Mulawarman (Vol. 4, Issue 2).

Ramdhani, A., Ramdhani, M.A., dan Amin, A.A., 2014, Writing a Literature Review Research Paper : A step-bystep approach, Insan Akademika Publications, 03(01) : 47-56.

REGINA CLAUDIA. (2014). DAMPAK PSIKOLOGIS PENGALAMAN KEKERASAN PADA DUA WANITA DAN RENCANA TINDAK LANJUT KONSELING INDIVIDUAL DENGAN PENDEKATAN COGNITIVE BEHAVIORAL THERAPY (CBT). Jurnal Psiko-Edukas, Vol. 12, 1–14.

Ulhaq, Z, S., & Rahmayanti, M. (2020). Panduan Penulisan Skripsi: Literature Review. UIN Maulan Malik Ibrahim: Malang.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.