ANALISIS NILAI PERSONAL DAN PENDIDIKAN PADA CERITA ANAK THELION KING: HAKUNA MATATA: JANGAN KHAWAYIR KARYA BRITTANYRUBIANO

Umi Nur Kholifah, Bagas Arifin, Rima Widya Wulandari, Qurroti A’yun, Risma Anggira, Rani Setiawaty

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis nilai personal dan nilai pendidikan dalambukucerita anak. Sumber data dalam penelitian ini adalah buku cerita anak Indonesia dalambentuk cerita anak yang diterbitkan oleh PT Gramedia Pustaka Utama di Jakarta. Adapunjudul cerita rakyat anak tersebut adalah Cerita The Lion King: Hakuna Matata: JanganKhawatir. Data penelitian ini adalah paragraf-paragraf dan kalimat-kalimat dalam bentuk pernyataan atau percakapandalam dialog yang menggambarkan nilai personal. Jenis penelitian ini menggunakanmetode deskriptif kualitatif. Data penelitian dikumpulkan melalui teknik studi pustaka. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa pertama, Buku cerita berjudul The Lion King: Hakuna Matata: Jangan Khawatir dikarang oleh Brittany Rubiano merupakan genre sastraanak berjenis sastra modern (fabel). Buku cerita ini memuat nilai personal dan nilai pendidikan bagi anak. Kedua, nilai personal pada buku cerita The Lion King: HakunaMatata: Jangan Khawatir meliputi perkembangan emosional, perkembangan intelektual, perkembangan imajinasi, pertumbuhan rasa sosial, dan pertumbuhan rasa etis danreligius. Ketiga, nilai pendidikan pada buku cerita The Lion King: Hakuna Matata: JanganKhawatir, meliputi eksplorasi dan penemuan, perkembangan bahasa


Keywords


nilai personal; nilai pendidikan; cerita anak

Full Text:

PDF

References


Achdiat, A., Ulfatin, N., & Supriyanto, A. (2021). Eksplorasi Nilai Personal dan Spiritual dalam Perilaku Kepemimpinan Personil Sekolah yang Dapat

Meningkatkan Daya Tarik Madrasah. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 6(6), 975. https://doi.org/10.17977/jptpp.v6i6.14900

Asrori. (2020). Psikologi Pendidikan Pendekatan Multidispliner (F. T. Septiono (ed.); Pertama). CV. Pena Persada.

Irawati, R. P., & Purwani, N. (2013). Nilai-nilai Moralitas dan BudayaAsingdalam Sastra Anak Terjemahan Melalui Pemaknaan Sastra Anak OlehAnak. Lingua, IX(1), 46. https://doi.org/https://doi.org/10.15294/lingua.v9i1.2592

Jurahman, Y. B. (2019). Kontribusi Karya Sastra Terhadap PendidikanKarakter Anak Sekolah Dasar. DIKDASTIKA, 5(1), 50–57.

Luthfiyanti, L., & Nisa, F. (2017). Peran Sastra dalam Pengembangan Kepribadian Anak. Jurnal Bahasa Dan Sastra, 2(2).

Madyawati, L. (2016). Strategi Pengembangan Bahasa Pada Anak. Prenadamedia Group.

Moleong, L. J. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif (Revisi). PT. RemajaRosdakarya.

Mursini. (2009). Kontribusi Sastra Bagi Anak- Anak. Jurnal Bahas Unimed, 73TH, 78896. https://www.neliti.com/publications/78896/

Nurgiyantoro, B. (2016). Sastra Anak: Pengantar Pemahaman DuniaAnak(Keempat). Gadjah Mada University Press.

Roysa, M. (2017). Analisis Buku Bacaan Anak “Belajar Sambil BerternakAyam” Berdasarkan Pendekatan Stuktural. KREDO : Jurnal Ilmiah BahasaDan Sastra, 1(1). https://doi.org/10.24176/kredo.v1i1.1750

Rubiano, B. (2019). The Lion King: Hakuna Matata: Jangan Khawatir (1st ed.). Pt. Gramedia Pustaka Utama.

Simatupang, Y. J., Harun, M., & Ramli. (2021). Kontribusi Sastra AnakBagi Perkembangan Nilai Personal Anak dalam Buku Cerita Anak Indonesia. Jurnal Master Bahasa, 9(2), 546–552. https://doi.org/https://doi.org/10.24173/mb.v9i2.22174

Wakhyudi, Y., & Anggraeni, D. Y. (2019). Kontribusi Sastra DalamPendidikan. 3(2), 298–307.

Wardani, T. D. (2018). Nilai Personal Dalam Cerita Palaya Subetnik

Katingan (Personal Values in Story of Palaya From Katingan Subethnic). Jurnal Bahasa, Sastra Dan Pembelajarannya, 8(2), 147. https://doi.org/10.20527/jbsp.v8i2.5503

Zulfa, L. A., & Ekafebriyanti, V. (2020). Sastra Anak Sebagai MediaPengenalan Nilai Sosial Di Masa Pandemi. MARDIBASA: Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(1), 197–221. https://doi.org/10.21274/jpbsi.2021.1.1.197-221


Refbacks

  • There are currently no refbacks.