PENGEMBANGAN MEDIA POP UP BOOK PAMENPUS (PAHAM MENULIS PUISI) SEBAGAI SARANA PEMBELAJARAN MENULIS PUISI BAHASA INDONESIA KELAS IV SEKOLAH DASAR
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk : 1) mengembangkan media pembelajaran berupa poopupbookpamenpus; 2) mengetahui responperserta didik terhadap kelayakan media pembelajaran poopupbookpamenpus pada materi puisi untuk peserta didik kelas 4, dengan rumusan masalah ; 1) bagaimana mengembangkan media pembelajaran poopupbookpamenpus pada materi puisi Bahasa Indonesia kelas 4 sekolah dasar ?; 2) bagaimana respon peserta didik terhadap kelayakan media pembelajaran Poopup Book Pamenpus pada materi puisi Bahasa Indonesia kelas 4 sekolah dasar ?. Penelitian ini merupakan penelitian R&D yang mengadopsi pengembangan dari Borg&Gall. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas 4, pada SD 4 Golantepus yang berjumlah 7 orang peserta didik dan instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa angket yang diberikan kepada ahli materi, ahli media, dan guru kelas SD 4 Golantepus untuk menguji kelayakan media pembelajaran Poop Up Book Pamenpus untuk pembelajran Bahasa Indonesia. Jenis data yang dihasilkan adalah data kualitatif & kuantitatif yang dianalisis dengan pedoman kriteria kategori penilaian untuk menentukan kelayakan produk. Hasil penelitian ini adalah ; 1) Telah dikembangkanya media pembelajaran Poop Up Book Pamenpus dalam bentuk buku ; 2) kelayakan media pembelajaran Poop Up Book Pamenpus dalam bentuk buku yang telah dikembangkan adalah berkategori baik dengan rata-rata 3,6 berdasarkan penilaian ahli materi tahap akhir setelah perbaikan , ahli desain dengan rata-rata 88,2 dengan kriteria layak ; 3) Dengan rata-rata adalah 3,8 dengan kategori baik sesuai dengan penilaian guru ; 4) Hasil respon peserta didik dengan rata-rata 3,0 dengan kriteria layak.Selanjutnya didapatkan nilai hasil pretest dan postest sebesar 60 menjadi 77,1 atau dikatakan hasil belajarnya naik sebesar 28,5 %
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ahmad, F., & Doyin, M. (2015). Pengembangan Buku Pop Up Tiga Dimensi Sebagai Media Pembelajaran Menulis Puisi. Lingua, 11(2).
Azizan, Y. R., & Sodiq, S. (2018). Pengembangan Media Pop Up Book dalam Pembelajaran Menulis Puisi Berbasis Psychowriting pada Siswa Kelas VIII D SMP Negeri 1 Srengat KabupatenBapala, 1–6. https://core.ac.uk/download/pdf/230650323.pdf
Baroditus, L., & Bahtiar, A. M. (2019). JTIEE, Vol 3 No 1, 26 Mei 2019. 3(1), 62–70.
Eskris, Y., & Koeswanti, H. D. (2022). Media Pop-Up Book Berbasis Model Pembelajaran APACIN Meningkatkan Kemampuan Kefasihan Membaca Siswa. MIMBAR PGSD Undiksha, 10(3), 447– 454. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v10i3.49358
Fadzilah, F., Fatkhu Royana, I., & Endah Handayani, D. (2019). Pengembangan Media Pop Up Book pada Pembelajaran Tema VI Cita-Citaku Subtema 1 Aku dan Cita-. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 3(3), 223. https://doi.org/10.23887/jppp.v3i3.19258
Iasha, Y. D. (2019). PENGARUH MODEL BENGKEL SASTRA BERBANTUAN MEDIA POP UP BOOK TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACAKAN DAN MENULIS PUISI ( Penelitian Eksperimen pada siswa kelas 3 di SDIT Cendekia Kabupaten Purwakarta Tahun Ajaran 2018 / 2019 ) MEMBACAKAN DAN MENULIS PUISI ( Penelitia.
Maisarah, M., Lubis, A. A., Vadinda, F. Z., & Dayana, R. (2021). Pengembangan Media Pop-Up pada Materi Puisi untuk Siswa Kelas VIII SMP. EUNOIA (Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia), 1(2), 164. https://doi.org/10.30821/eunoia.v1i2.1151
Nurhikmah, Y., Asri, S. A., & Ayuningrum, S. (2020). Pengembangan Media Gambar Berseri Berbasis Pop-Up Book pada Pelajaran Bahasa Indonesia Materi Keterampilan Menulis Karangan Narasi. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara II, 305–315. http://jurnal.stkipkusumanegara.ac.id/index.php/semnara2020/article/download/509/471
Purnamasari, P. I., & Damayanti, M. I. (2021). Pengembangan Media Pop Up Book Imagination (Pubg) Untuk Keterampilan Menulis Puisi Kelas Iv Sekolah Dasar. 09, 2998–3010.
Rusmiati, R., & Nugroho, A. S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran TGT dengan Media Pop Up Terhadap Hasil Belajar Kelas IV Tema 6 Cita-Citaku Subtema 3. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 2(2), 241. https://doi.org/10.23887/jp2.v2i2.17914
Setiawan, H., Saputra, H. H., Hakim, M., Ermiana, I., & Umar, U. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Gurita Kata Berbasis Karakter Pada Materi Menulis Puisi Kelas IV Sekolah Dasar. Briliant: Jurnal Riset Dan Konseptual, 7(1), 79. https://doi.org/10.28926/briliant.v7i1.893
Sulistiowati, D., & Wiarsih, C. (2021). … Pendekatan CALLA (The Cognitive Academic Language Learning Approach) dan Media Pop Up Book Dalam Peningkatan Minat Membaca di Sekolah Dasar. Jurnal Educatio, 7(1), 64–73. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i1.835
Umam, N. K., Bakhtiar, A. M., & Iskandar, H. (2019). Penggunaan Pop Up Book Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi Kelas IV SDN 1 Slempit. Molecules, 9(1), 148–162. http://jurnal.globalhealthsciencegroup.com/index.php/JPPP/article/download/83/65%0Ahttp://www.embase.com/search/results?subaction=viewrecord&from=export&id=L603546864%5Cnhttp://dx.do i.org/10.1155/2015/420723%0Ahttp://link.springer.com/10.1007/978-3-319-76
Wahyuni, R. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Gambar Berseri Berbasis Pop-Up Book Untuk Meningkatkan Ketrampilan Menulis Narasi Bahasa Indonesia Kelas IV Di SD/MI.
Yahzunka, A. N., & Astuti, S. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Pop Up Book Berbasis Literasi Digital terhadap Kemampuan Membaca Dongeng Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 8695–8703. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3909
Refbacks
- There are currently no refbacks.