PENGEMBANGAN MEDIA POP UP BOOK PAMENPUS (PAHAM MENULIS PUISI) SEBAGAI SARANA PEMBELAJARAN MENULIS PUISI BAHASA INDONESIA KELAS IV SEKOLAH DASAR

Bagus Septianto Wibowo, Siti Maulina Aryanti, Nur Indah Rahmawati, Devia Keke Aninda, Rani Setiawaty

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk : 1) mengembangkan media pembelajaran berupa poopupbookpamenpus; 2) mengetahui responperserta didik terhadap kelayakan media pembelajaran poopupbookpamenpus pada materi puisi untuk peserta didik kelas 4, dengan rumusan masalah ; 1) bagaimana mengembangkan media pembelajaran poopupbookpamenpus pada materi puisi Bahasa Indonesia kelas 4 sekolah dasar ?; 2) bagaimana respon peserta didik terhadap kelayakan media pembelajaran Poopup Book Pamenpus pada materi puisi Bahasa Indonesia kelas 4 sekolah dasar ?. Penelitian ini merupakan penelitian R&D yang mengadopsi pengembangan dari Borg&Gall. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas 4, pada SD 4 Golantepus yang berjumlah 7 orang peserta didik dan instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa angket yang diberikan kepada ahli materi, ahli media, dan guru kelas SD 4 Golantepus untuk menguji kelayakan media pembelajaran Poop Up Book Pamenpus untuk pembelajran Bahasa Indonesia. Jenis data yang dihasilkan adalah data kualitatif & kuantitatif yang dianalisis dengan pedoman kriteria kategori penilaian untuk menentukan kelayakan produk. Hasil penelitian ini adalah ; 1) Telah dikembangkanya media pembelajaran Poop Up Book Pamenpus dalam bentuk buku ; 2) kelayakan media pembelajaran Poop Up Book Pamenpus dalam bentuk buku yang telah dikembangkan adalah berkategori baik dengan rata-rata 3,6 berdasarkan penilaian ahli materi tahap akhir setelah perbaikan , ahli desain dengan rata-rata 88,2 dengan kriteria layak ; 3) Dengan rata-rata adalah 3,8 dengan kategori baik sesuai dengan penilaian guru ; 4) Hasil respon peserta didik dengan rata-rata 3,0 dengan kriteria layak.Selanjutnya didapatkan nilai hasil pretest dan postest sebesar 60 menjadi 77,1 atau dikatakan hasil belajarnya naik sebesar 28,5 %


Keywords


: Poop Up Book Pamenpus; Pengembangan; Materi Puisi

Full Text:

PDF

References


Ahmad, F., & Doyin, M. (2015). Pengembangan Buku Pop Up Tiga Dimensi Sebagai Media Pembelajaran Menulis Puisi. Lingua, 11(2).

Azizan, Y. R., & Sodiq, S. (2018). Pengembangan Media Pop Up Book dalam Pembelajaran Menulis Puisi Berbasis Psychowriting pada Siswa Kelas VIII D SMP Negeri 1 Srengat KabupatenBapala, 1–6. https://core.ac.uk/download/pdf/230650323.pdf

Baroditus, L., & Bahtiar, A. M. (2019). JTIEE, Vol 3 No 1, 26 Mei 2019. 3(1), 62–70.

Eskris, Y., & Koeswanti, H. D. (2022). Media Pop-Up Book Berbasis Model Pembelajaran APACIN Meningkatkan Kemampuan Kefasihan Membaca Siswa. MIMBAR PGSD Undiksha, 10(3), 447– 454. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v10i3.49358

Fadzilah, F., Fatkhu Royana, I., & Endah Handayani, D. (2019). Pengembangan Media Pop Up Book pada Pembelajaran Tema VI Cita-Citaku Subtema 1 Aku dan Cita-. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 3(3), 223. https://doi.org/10.23887/jppp.v3i3.19258

Iasha, Y. D. (2019). PENGARUH MODEL BENGKEL SASTRA BERBANTUAN MEDIA POP UP BOOK TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACAKAN DAN MENULIS PUISI ( Penelitian Eksperimen pada siswa kelas 3 di SDIT Cendekia Kabupaten Purwakarta Tahun Ajaran 2018 / 2019 ) MEMBACAKAN DAN MENULIS PUISI ( Penelitia.

Maisarah, M., Lubis, A. A., Vadinda, F. Z., & Dayana, R. (2021). Pengembangan Media Pop-Up pada Materi Puisi untuk Siswa Kelas VIII SMP. EUNOIA (Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia), 1(2), 164. https://doi.org/10.30821/eunoia.v1i2.1151

Nurhikmah, Y., Asri, S. A., & Ayuningrum, S. (2020). Pengembangan Media Gambar Berseri Berbasis Pop-Up Book pada Pelajaran Bahasa Indonesia Materi Keterampilan Menulis Karangan Narasi. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara II, 305–315. http://jurnal.stkipkusumanegara.ac.id/index.php/semnara2020/article/download/509/471

Purnamasari, P. I., & Damayanti, M. I. (2021). Pengembangan Media Pop Up Book Imagination (Pubg) Untuk Keterampilan Menulis Puisi Kelas Iv Sekolah Dasar. 09, 2998–3010.

Rusmiati, R., & Nugroho, A. S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran TGT dengan Media Pop Up Terhadap Hasil Belajar Kelas IV Tema 6 Cita-Citaku Subtema 3. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 2(2), 241. https://doi.org/10.23887/jp2.v2i2.17914

Setiawan, H., Saputra, H. H., Hakim, M., Ermiana, I., & Umar, U. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Gurita Kata Berbasis Karakter Pada Materi Menulis Puisi Kelas IV Sekolah Dasar. Briliant: Jurnal Riset Dan Konseptual, 7(1), 79. https://doi.org/10.28926/briliant.v7i1.893

Sulistiowati, D., & Wiarsih, C. (2021). … Pendekatan CALLA (The Cognitive Academic Language Learning Approach) dan Media Pop Up Book Dalam Peningkatan Minat Membaca di Sekolah Dasar. Jurnal Educatio, 7(1), 64–73. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i1.835

Umam, N. K., Bakhtiar, A. M., & Iskandar, H. (2019). Penggunaan Pop Up Book Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi Kelas IV SDN 1 Slempit. Molecules, 9(1), 148–162. http://jurnal.globalhealthsciencegroup.com/index.php/JPPP/article/download/83/65%0Ahttp://www.embase.com/search/results?subaction=viewrecord&from=export&id=L603546864%5Cnhttp://dx.do i.org/10.1155/2015/420723%0Ahttp://link.springer.com/10.1007/978-3-319-76

Wahyuni, R. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Gambar Berseri Berbasis Pop-Up Book Untuk Meningkatkan Ketrampilan Menulis Narasi Bahasa Indonesia Kelas IV Di SD/MI.

Yahzunka, A. N., & Astuti, S. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Pop Up Book Berbasis Literasi Digital terhadap Kemampuan Membaca Dongeng Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 8695–8703. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3909


Refbacks

  • There are currently no refbacks.