MENJADI PENDIDIK KREATOR (KREATIF, TANGGUH, OPTIMIS, DAN REALISTIS)

Suprihadi Suprihadi

Abstract


Menjadi pendidik kreator merupakan amanat yang harus dijunjung tinggi, tetapi dalam melaksanakannya harus disertai dengan pemahaman yang baik mengenai pengertian pendidikan. Lebih dari itu, seorang pendidik kreator harus mampu melahirkan peserta didik kreator, yaitu individu-individu yang mampu mencipta, tidak mudah menyerah, bervisi ke masa depan, dan dapat beradaptasi dengan situasi dan kondisi yang dihadapi, khususnya di masa pandemi seperti sekarang ini. Tidak kalah penting, seorang pendidik kreator harus pula memberikan kecakapan abad 21 kepada peserta didik. Sifat, sikap, dan pola pikir sebagai individu kreator harus terus diasah sepanjang proses pendidikan dan dapat dilakukan melalui pengembangan soft skills dan High Order Thinking Skills.

Keywords


kreatif; tangguh; optimis; realistis; taksonomi; HOTS

Full Text:

PDF

References


Alfari, Shabrina. 2018. Apa Itu Higher Order Thinking Skills (HOTS) yang

Akan Ada di SBMPTN 2019? Tersedia di:

https://blog.ruangguru.com/apa-itu-higher-order-thinking-skills-hotsyang-akan-ada-di-sbmptn-2019. Diunduh pada 22 Maret 2019.

Alsowat, Hamad. 2016. An EFL Flipped Classroom Teaching Model: Effects

on English Language Higher-Order Thinking Skills, Student Engagement and Satisfaction. Journal of Education and Practice, 9(7), 108-121. Tersedia pada: www.iiste.org. Diunduh pada 22 Maret 2019.

Anderson, L.W., Krathwohl, D.R., Airasian, P.W., Cruikshank, K.A., Mayer,

R.E., Pintrich, P.R., Raths, James, Wittrock, M.C. (Eds.) 2001. A Taxonomy for Laerning, Teaching, and Assessing: A Revision of Bloom’s Taxonomy of Educational Objectives (A Bridged Edition). New York: Addison Wesley Longman, Inc.

Apandi, Idris. 2018. Mewujudkan Pembelajaran Abad 21 dan HOTS melalui Penguatan Ketrampilan Proses Guru dalam PBM. Tersedia pada:

https://www.kompasiana.com/idrisapandi/5b8e7fcd12ae9436241aabf5/mewujudkampembelajaran-abad-21-dan-hots-melalui-penguatan-keterampilanproses-guru-dalam-pbm?page=all. Diunduh pada 22 Maret 2019.

Ardina, Ika. 2018. Apa itu Higher Order Thinking Skills (HOTS). Tersedia

pada: https://beritagar.id/artikel/gaya-hidup/apa-itu-higher-orderthinking-skills-hots. Diunduh pada 22 Maret 2019.

Arvianto, Muhammad Irfan. 2014. Pengembangan Aspek Soft Skills

melalui Penerapan Strategi Pembelajaran Cooperative pada Mata Pelajaran Membubut Siswa Kelas XI di SMK Negeri 1 Gombong. Jurnal Skripsi Universitas Negeri Yogyakarta. BBC News Indonesia. 2021. Sekolah tatap muka dibuka Januari 2021 disebut 'tidak realistis' karena tingkat penularan Covid-19 di atas 10% dan tidak ada pedoman berperilaku. Tersedia pada: https://www.bbc.com/indonesia/indonesia-55034667. Diunduh pada 20 Februari 2021.

Dewantara, Ki Hajar. 1977. Karya Ki Hajar Dewantara bagian pertama

PENDIDIKAN: Cetakan Kedua. Yogyakarta: Majelis Luhur Persatuan

Taman Siswa.

Doringin, Ferry. 2017. Kurikulum Baru, Ketrampilan Abad 21 dan

Implementasinya. Tersedia

padai:https://pgsd.binus.ac.id/2017/08/08/kurikulum-baruketrampilan-abad-21-dan-implementasinya/. Diunduh pada 30 Maret

Islami, Faizal Alam. 2012. Analisis Pengaruh Hard Skill, Soft Skill, dan

Motivasi terhadap Kinerja Tenaga Penjualan (Studi pada Tenaga

Kerja Penjualan PT. Bumiputera Wilayah Semarang). Skripsi: Jurusan

Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Diponegoro.

Kito, Inan. 2016. Pengertian dan Contoh Soal Higher Order Thinking Skills

(HOTS). Tersedia pada: https://www.inankito.0rg/2016/11/pengertiandan-contoh-soal-HOTS.html. Diunduh pada 26 Maret 2019.

Khan, Irshad Shaista. 2016. Critical Thinking in a Higher Education Functional English Course. Europan Journal of Educational Research, 9(7), 59-

Tersedia pada: www.iiste.org. Diunduh pada 26 Maret 2019.

Khotib, M. 2021. Menjadi Pendidik Kreatif dan Inovatif di Masa Pandemi.

Tersedia pada: https://www.smkn4tangsel.sch.id/read/26/menjadipendidik-kreatif-dan-inovatif-di-masa-pandemimenjadi-pendidikkreatif-dan-inovatif-di-masa-pandemi. Diunduh pada 20 Februari 2021

Krathwohl, David R. 2002. A Revision of Bloom’s Taxonomy: An Overview.

Theory into Practice, (41)4), Autumn 2002, 2012-2018. The Ohio State

University: Collage of Education. Tersedia pada:

https://www.tandfonline.com/doi/abs/10. 1207/

s15430421tip4104_2?journalCode=htip20. Diunduh pada 25 Maret

Lie, Novia Lucas Cahyadi dan Darmasetiawan, Noviaty Kresna. (2017).

Pengaruh Soft Skill terhadap Kesiapan Kerja Menghadapi Masyarakat

Ekonomi Asean Pada Mahasiswa S1 Fakultas Bisnis dan Ekonomika

Universitas Surabaya. Calyptra: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas

Surabaya Vol.6 No.2 (2017), 1496-1514.

Menjadi Guru Tangguh di Tengah Pandemi. Tersedia pada:

https://www.jejakruang.com/ 2020/08/ menjadi-guru-tangguh-ditengah-pandemi.html?m=1. Diunduh pada 20 Februari 2021

Nadia, Siti. 2015. Teachers’ Perception on the Integration of HOTS in

Language Teaching. International Journal of Technical Research and Application, 22, 42-44. Tersedia pada: www.ijtra.com. Diunduh pada

Maret 2019.

Quevillon, Karen. 2018. Bloom’s Revised Taxonomy: 3 Ways to Reshape the Pyramid. Tersedia pada: https://tophat.com/blog/blooms-revisedtaxonomy-pyramid/. Diunduh pada 26 Maret 2019.

Republika.co.id. 2021. Guru Tangguh adalah Guru Pembelajar dan

Kolaboratif. Tersedia pada: https://www.republika.co.id/berita/qd7bts374/guru-tangguh-adalahguru-pembelajar-dan-kolaboratif. Diunduh pada: 20 Februari 2021.

Sugiyarto, Toz. 2018. Mengenal Konsep Pembelajaran 4C dalam Kurikulum 2013. Tersedia pada: http:/www/tozsugiyarto.com/2018/04/mengenalkonsep-4c-dalam-pembelajaran-kurikulum-2013.html. Diunduh pada 30 Maret 2019.

Suardani, Ni Made. 2020. Pendidik yang Tangguh di Masa Pandemi. Tersedia pada: https://www.kompasiana.com/dra39184/5fb900a7d541df4aab26d953/pendidikyang-tangguh-dimasa-pandemi. Diunduh pada: 20 Februari 2021.

Teemant, Annela. 2016. The Effects of Higher Order Thinking on Student

Achievement and English Proficiency. ITJ, 13(1).

Tiraswati, Dina Martha (Pengawas SMK Cabang Dinas Pendidikan Wilayah I Propinsi Jawa Barat). 2020. Terima Kasih untuk Guru di Masa

Pandemi Covid-19. Tersedia pada: http://

disdik.jabarprov.go.id/news/2419/terima-kasih-untuk-guru-di-masapandemi-covid-19. Diunduh pada 20 Februari 2021.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Watson, Sue. 2019. High-Order Thinking Skills in Education: Teaching

Students to Think Critically. Tersedia pada:

https://www.thoughtco.com/high-order-thinking-skills-hotseducation-3111297. Diunduh pada 26 Maret 2019.

Wilson, Leslie Owen. 2016. Anderson and Krathwohl – Bloom’s Taxonomy

Revised: Understanding the New Version of Bloom’s Taxonomy.

Tersedia pada: https://thesecondprinciple. com/teachingessentials/beyond-bloom-cognitive-taxonomy-revised/. Diunduh pada 22 Maret 2019.

Zuhri, Muh. 2017. Arti 4C (Communication, Collaborative, Critical Thinking, dan Creativity). Tersedia pada:

https://zuhriindonesia/blogspot.com/2017/05//arti-4c-communicationcollaborative.html. Diunduh pada 30 Maret 2019.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.