Implementasi Sekolah Penggerak dalam Proses Pembelajaran Literasi, Numerasi, dan Adaptasi Tekonologi di SD Muhammadiyah 1 Kudus

Afthonul Afif

Abstract


The low quality of education in Indonesia is a major concern. The government, especially the Ministry of Education and Culture, is trying to fix this problem by continuing to innovate. One of the innovations introduced is the Mover School. SD Muhammadiyah 1 Kudus is an educational institution that implements the Mover School Program. The impact of the School Drive Program innovation can be felt directly by all parties, including parents and stakeholders. Starting with teachers who work hard, continuous innovation creates effective learning, familiarizing students to apply the character profile of Pancasila students. The habit of using technology in the learning process can also change old habits, especially in the field of vision. In essence, the Movers School program is an educational innovation that can bring great changes, especially for the environment in the world of education at SD Muhammadiyah 1 Kudus.

 

Rendahnya mutu pendidikan di Indonesia menjadi momok utama. Pemerintah khususnya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang berusaha memperbaiki masalah ini dengan terus berinovasi. Salah satu inovasi yang diperkenalkan adalah Sekolah Penggerak. SD Muhammadiyah 1 Kudus merupakan lembaga pendidikan yang melaksanakan Program Sekolah Penggerak. Dampak dari inovasi Program Sekolah Penggerak ini dapat dirasakan langsung oleh semua pihak, termasuk orang tua dan pemangku kepentingan. Diawali dengan guru yang bekerja keras, inovasi terus menerus menciptakan pembelajaran yang efektif, membiasakan siswa menerapkan karakter profil pelajar Pancasila. Kebiasaan menggunakan teknologi dalam proses pembelajaran juga dapat merubah kebiasaan lama, terutama dalam bidang penglihatan. Pada hakekatnya, program Sekolah Penggerak merupakan inovasi pendidikan yang mampu membawa perubahan besar, khususnya bagi lingkungan di dunia pendidikan SD Muhammadiyah 1 Kudus.


Keywords


Sekolah Penggerak;Inovasi Pembelajaran;Adaptasi Teknologi

Full Text:

PDF

References


Adeyemi, O. B., & Adaramola. 2014. “Mathematical Literacy as Foundation for Tecnological Development in Nigeria.” Journal of Research & Method in Education 4 (4).

Ahmad Tanzeh. 2011. Metodologi Penelitian Praktis. Yogyakarta: Teras.

Ambarwati, D., & Kurniasih, M. D. 2021. “Pengaruh Problem Based

Learning berbantuan media Youtube terhadap kemampuan literasi

numerasi siswa.” Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5

(3).

D, Darwanto, Mar’atun Khasanah, dan Anggi Monica Putri. 2022.

“Penguatan Literasi, Numerasi, Dan Adaptasi Teknologi Pada

Pembelajaran Di Sekolah.” Eksponen 11 (2): 25–35.

https://doi.org/10.47637/eksponen.v11i2.381.

Detalia Noriza Munahefi, Firdha Dwi Lestari, Mashuri, dan Iqbal

Kharisudin. 2023. “Pengembangan Kemampuan Literasi Numerasi

Melalui Pembelajaran Tematik Terintegrasi Berbasis Proyek.” Prisma,

Prosiding Seminar Nasional Matematika 6.

Grasby, K. L., Little, C. W., Byrne, B., Coventry, W. L., Olson, R. K.,

Larsen, S., & Samuelsson, S. 2020. “Estimating classroom-level influences on literacy and numeracy: A twin study.” Journal of

Educational Psychology 112 (6).

Han, Weilin., Dicky, Susanto., Sofie, Dewayani., Putri, Pandora., Nur

Hanifah, Miftahussururi., Meyda, Noorthertya Nento dan Qori

Syahriana, Akbari. 2017. Materi Pendukung Literasi Numerasi.

Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Hutauruk, Agusmanto, dan Mika Sinambela. 2023. “Meningkatkan Literasi Numerasi dan Adaptasi Teknologi Serta Administrasi Sekolah di SMPT Al-Bukhari Muslim.” Jurnal Pendidikan Tambusai 7 (1).

I Wayan Suwendra. 2018. Metodologi Penelitian Kualitatif Dalam Ilmu

Sosial, Pendidikan, Kebudayaan Dan Keagamaan,. Bandung:

Nilacakra.

Kovas, Y., Voronin, I., Kaydalov, A. Malykh, S.B., Dale,P.S., & Plomin, R. 2013. “Literacy and numeracy are more heritable than intelligence in primary school.” Psychology Science, 24 (10).

Lange, J. De. 2003. Mathematic for Literacy. Dalam Madison, B., & Steen, L. (Eds), Quantitative Literacy: Why Numeracy Matters for School and Cholleges. USA: National Council on Education and the Disciplines.

Neno, Marianus SaldanhaYosefina K.I.D.D. Dhae, Anderias AnabuniYuri Sandra, dan Fa’ah. 2022. “Adaptasi Teknologi Pembelajaran Bagi Siswa/i Dan Guru Di SMPN 1 Amanuban Barat.” Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 2 (2).

Neva Satyahadewi, Amriani Amir, Asri Mulya Ashari, Rita Kurnia

Apindiati, Lucky Hartanti. 2022. “Penguatan Literasi Numerasi dan

Adaptasi Teknologi Melalui Program Kampus Mengajar.” Lumbung

Inovasi: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat 7 (4).

Sarlin Patilima. 2021. “Sekolah Penggerak Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Pendidikan.” PROSIDING SEMINAR NASIONAL

PENDIDIKAN DASAR".


Refbacks

  • There are currently no refbacks.