Analisis Penggunaan Wacana Persuasif dalam Video Tiktok untuk Promosi Produk pada Akun @dinprasetyo.id

Faozie Ramadhan, Luthfa Nugraheni

Abstract


Penelitian ini memiliki tujuan mendeskripsikan fungsi penggunaan wacana dalam video, dan juga menganalisis wujud wacana persuasif yang terdapat dalam video. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Deskriptif Kualitatif. Penelitian ini menggunakan data yang berupa video tiktok yang diunggah oleh akun tiktok @dinprasetyo.id. Tahapan yang dilakukan dalam penelitian ini  yaitu (1)penyediaan data, (2) analisis data, dan (3) penyajian hasil analisis data. Pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi: transkripsi wacana iklan dalam bentuk video; menyimak dan menandai data dalam wacana yang terucap; mengumpulkan dan mengelompokkan data; menarik kesimpulan. Berdasarkan hasil data dan pembahasan peneliti menyimpulkan bahwa terdapat ada dua wacana persuasif yang sesuai dengan syarat wacana rasional, dua wacana yang sesuai dengan syarat wacana persuasif sugesti, dan satu data yang menggunakan wacanba yang sesuai syarat wacana persuasif penggantian. Video tiktok yang dibuat oleh akun @dinprasetyo.id terdapat penggunaan wacana persuasif yang digunakan untuk menarik penonton video agar membeli barang yang dipromosikan, hal ini menunjukkan bahwa penggunaan bahasa Indonesia di era industri 5.0 sudah Banyak dilakukan orang dengan hal-hal kecil yang orang tidak menyadari.

Keywords


wacana persuasif; video tiktok; dan era digital 5.0

Full Text:

PDF

References


Abdul Rani, Bustanul Arifin, dan Martutik. 2006. Analisis Wacana: Sebuah Kajian Bahasa dalam Pemakaian. Malang: Bayumedia. Dalman. 2015. Menulis karya ilmiah. Depok: Rajagrafindo Persada.

Arikunto, S. (2009). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Marwoto. 1987. Dasar-Dasar Keterampilan Menulis. Jakarta: Depdikbud.

Moleong, L. J. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosda karya.

Mulyana. 2005. Kajian Wacana Teori, Metode dan Aplikasi PrinsipPrinsip Analisis Wacana. Yogyakarta: Tiara Wacana.

Keraf, G. (2017). Argumentasi dan narasi. Jakarta: Gramedia Pustaka

Utama.

Kotler, Philip dan Armstrong. 2001. Prinsip-prinsip Pemasaran Edisi Kedelapan. Jakarta: Erlangga.

Rohmadi, Muhammad. 2004. Pragmatik Teori dan Analisis. Yogyakarta: Lingkar Media Jogja.

Sari, Y., & Samaya, D. 2021. ANALISIS WACANA PERSUASIF IKLAN PRODUK KECANTIKAN PADA MEDIA ONLINE TRIBUN SUMSEL DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA (Vol. 2, Issue 2).

Tarigan, Henry Guntur dan Djago Tarigan. 2009. Telaah Buku Teks Bahasa Indonesia. Bandung: Angkasa.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.