Pembelajaran Bercerita Pengalaman Pribadi Melalui Media Pop-up Book di Era 5.0 untuk Siswa atau Anak

Endyka Fairuzal Khuluq, Ristiyani Ristiyani

Abstract


Latar belakang pada penelitian ini adalah pembelajaran yang berkaitan dengan keterampilan berbahasa meliputi keterampilan membaca, menulis, menyimak dan berbicara. Pada kehidupan sehari-hari keterampilan berbahasa yang kita gunakan yaitu berbicara. Kegiatan naratif merupakan bagian dari kegiatan pembelajaran keterampilan berbicara. Tempat buku pop-up dirancang sebagai ilustrasi atau gambaran dua atau tiga dimensi untuk mendukung dan memfasilitasi pembelajaran bagi siswa. Buku po-up dipilih sebagai media dalam pembelajaran mendongeng dikarenakan banyaknya kelebihan buku pop-up. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Media yang tepat dalam pembelajaran berbicara yaitu melalui media buku pop-up. Buku pop-up digunakan sebagai stimulus visual untuk meningkatkan imajinasi dan kreatifitas siswa sehingga seswa dapat mengungkapkan pengalamannya secara verbal. Media buku pop-up ini yang digunakan sebagai sumber bahan cerita bagi siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kondisi lingkungan pembelajran. Bahan ajar yang digunakan guru untuk pembelajaran naratif, keakraban siswa dalam cerita, penyajian media pop-up book dalam pembelajaran naratif.

Keywords


Media Pembelajaran;Bercerita;Pop-Up Book

Full Text:

PDF

References


Alviolita, NW, & Huda, M. (2019). Media Pop-Up Book dalam Pembelajaran Bercerita. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia , 7 (1), 49-57.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Fadillah, Rachmadini Nur dan Lestari, Ika. (2016). “Buku pop-up untuk Pembelajaran Bercerita siswa Sekolah Dasar”. Jurnal Persprektif Ilmu Pendidikan, 30(1), 21-26.

Lestari, H. D., Rahayu, S. A., Iyanita, R. S. A., Khafifah, U., & Hajron, K. H. (2022). Meningkatkan Kepercayaan Diri dengan Metode Bercerita Pada Siswa MI Muhammadiyah 2 Rambeanak. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 3, 955-961.

Listyarini, I., & Pertiwi, Y. M. I. (2018). Keefektifan Model Role Playing Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas V Dengan Bermain Wayang Terhadap Kemampuan Interpersonal Anak Dan Keterampilan Bercerita. Lingua, 14(2), 139-147.

Martiningdyah, W. D. (2016). Penerapan Metode The Learning Cell Berbantu Media Pop-Up Story Book untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Kelas V SDN Candi 01 Semarang. ELEMENTARY SCHOOL JOURNAL PGSD FIP UNIMED, 7(1), 93-98.

Nasucha, Y. (2016). Modul Keterampilan Berbicara Pembelajaran Teori dan Praktik.

Pramesti, J. (2015). Pengembangan Media Pop-Up Book Tema Peristiwa Untuk Kelas III SD. Basic Education, 4(16).

Sholikhah, A. (2017). Pengembangan Media Pop Up Book Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Kreatif Pada Mata Pelajaran Bahasa İndonesia Materi Menulis Karangan Kelas V SDN Rowoharjo Tahun Ajaran 2016/2017. Jurnal Simki Pedagogia, 1(08).

Silberman, M. (2010). 101 Cara Pelatihan Dan Pembelajaran Aktif. Jakarta: Indeks.

Sudjana, N., & Rivai, A. (2011). Media Pengajaran (Penggunaan & Pembuatannya). Sinar Baru Aglesindo, Bandung.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.