Peran Bahasa Indonesia sebagai Pembentuk Karakter Mahasiswa di Era 5.0

Naili Muna Ardila, Luthfa Nugraheni

Abstract


Penelitian dengan judul Peran Bahasa Indonesia sebagai Pembentuk Karakter Mahasiswa di Era 5.0 ini merupakan jenis penelitian deskriptip kualitatif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa penting peran Bahasa Indonesia yang merupakan bahasa nasional negara Indonesia dalam pembentukan karakter mahasiswa pada era perubahan industri 5.0 ini. Sumber data dalam penelitian ini berupa artikel-artikel yang termuat pada jurnal nasional yang diperoleh dari website google cendekia. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan studi pustaka melalui langkah-langkah berupa (1) Identifikasi masalah, (2) Pencarian sumber data, dan (3) Pengolahan data. Hasil dari penelitian ini diketahui bahwa era revolusi Industri 5.0 membawa peradaban baru di dunia pendidikan, menjadikan manusia sebagai pusat dari inovasi dengan teknologi yang terus berkembang. Dalam lingkungan perguruan tinggi dosen sangat berperan dalam membentuk mahasiswa yang memiliki karakter dengan pembiasaan pengunaan bahasa Indonesia yang santun dan benar untuk meningkatkan karakter mahasiswa melalui berbahasa Indonesia yang benar dan santun di era 5.0 ini dosen membiasakan mahasiswa dalam berdiskusi, berkomunikasi, dan menyampaikan materi yang ditunjang dengan media teknologi seperti salendia dan video dengan menggunakan bahasa Indonesia yang benar dan santun.

Keywords


Revolusi Industri 5.0;Peran Bahasa Indonesia;Pembentukan Karakter

Full Text:

PDF

References


Dewirahmadanirwati. (2021). Peningkatan Kemampuan Berbahasa Indonesia dalam Membetuk Karakter Mahasiswa Era Revolusi Industri 5.0. Jurnal Ilmiah Pendidikan Scholastic, 5(3), 72-78.

Lestiyani, Pudji. (2020). Analisis Persepsi Civitas Akademika terhadap Konsep Merdeka Belajar Menyongsong Era İndustri 5.0. Jurnal Kependidikan, 6(3), 365-372.

Nilasari, Suyeti. (2020). Pendidikan di Era Revolusi Industri 5.0 terhadap Disiplin Kerja Guru. Jurnal Online Universitas PGRI Palembang, 795-804.

Noermanzah. (2019). Bahasa sebagai Alat Komunikasi, Citra Pikiran, dan Kepribadian. Jurnal Universitas Bengkulu, 306-319.

Nugraheni, L., Ahsin, MN. (2020). Pendidikan Karakter dalam Pementasan Drama “Pelayaran Menuju İbu” Karya Ramli Prapanca sebagai Bahan Ajar Pengkajian Drama Mahasiswa PBSI. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 6(2), 684-689.

Nugraheni, L., Hariyadi, A. (2021). Cerita Rakyat sebagai Upaya Pelestarian Kearifan Lokal: Pembentukan Karakter pada Generasi Milenial. Prosiding Seminar Nasional Pertemuan Ilmiah Bahasa dan Sastra Indonesia (PIBSI), 43(1), 572-579.

Partawibawa, A., Fathudin, S., & Widodo, A. (2014). Peran Pembimbing Akademik terhadap Pembentukan Karakter Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 22(1), 1-8.

Puspitasari, Andi. (2017). Menumbuhkan Bahasa İndonesia Yang Baik dan Benar Dalam Pendidikan dan Pengajaran. Jurnal Bahasa, Sastra dan Budaya Tamaddun, 16(2), 81-87.

Solin, Mutsyuhito. (2010). Peranan Bahasa İndonesia dalam Membangun Karakter Bangsa. Jurnal Bahas, 20(3), 1-9.

SP, Jenny Indrastoeti. (2016). Penanaman Nilai-nilai Karakter Melalui Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar. Jurnal FKIP Universitas Sebelas Maret, 284-292.

Winarni, Sri. (2013). Integrasi Pendidikan Karakter dalam Perkuliahan. Jurnal Pendidikan Karakter, 4(1), 95-107.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.