Implementasi Literasi Digital dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Era 5.0

Nur Khayati, Ahmad Hariyadi

Abstract


Peran sumber daya manusia (SDM) sangat berpengaruh di era masyarakat 5.0. Semua kegiatan pendidikan dapat dilakukan dengan memanfaatkan digital seperti aplikasi, website, jejaring sosial dan sistem manajemen pembelajaran. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Tujuan dari penelitian yaitu untuk mengidentifikasi dan menjelaskan penerapan digital literasi dalam pembelajaran bahasa Indonesia di era 5.0. Teknik analisis penelitian ini yakni (1) persiapan bahan bacaan untuk siswa tentang literasi digital dalam pembelajaran bahasa indonesia, (2) penyampaian informasi tentang literasi digital dan pelaksanaan pembelajaran bahasa indonesia dengan memanfaatkan teknologi digital, (3) memanfaatkan teknologi, seperti gadget dan laptop untuk melakukan pelatihan digital literasi, (4) menulis ulang buku (cerita rakyat/novel/dongeng) yang telah di baca, (5)  mempresentasikan hasil ulasan buku yang telah dibaca  kepada pendengar. Penelitian ini menghasilkan informasi tentang bagaimana memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan minat siswa dalam memperoleh literasi digital saat belajar bahasa Indonesia serta bagaimana mengakses, menganalisis, mengevaluasi, berkreasi, merefleksikan, dan menggunakan teknologi.

Keywords


era 5.0; literasi digital; bahasa indonesia; implementasi pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Adyawanti, Tety, A. Pendahuluan, and Biro Pusat. 2016. “Lıterası Medıa.” ProListik.

Ariyati Deasy. Pembelajaran Bahasa Indonesıa Berbasis Literasi Digital Di Era 4.0: Tantangan Dan Harapan.

Arisandy, D., Rizkika, D. P., & Astika, T. D. (2019). Eksistensi Bahasa Indonesia Pada Generasi Milenial di Era Industri 4.0. BAHASTRA, 3 (2), 248.

Atiah, Nurma. 2020. “Pembelajaran Era Disruptif Menuju Masyarakat 5.0.” Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang 10 Januari 2020.

Harun Sulastri. 2021. Pascasarjana Unıversıtas Negerı Gorontalo Prosıdıng Semınar Nasıonal Pendıdıkan Dasar “Merdeka Belajar Dalam Menyambut Era Masyarakat 5.0”.

Harjono, H. S. (2018). Literasi Digital: Prospek dan Implikasinya dalam Pembelajaran Bahasa. Pena, 8 (1), 4

Hentilaniar. 2021. Implementası Lıterası Dıgıtal Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesıa Berbasıs Kearıfan Lokal.

Limilia, P., & Aristi, N. (2019). Literasi Media dan Digital di Indonesia: Sebuah Tinjauan. Komunikatif, 8 (2), 219.

Pancarrani Berlian. 2021. Lıterası Dıgıtal Dalam Pembelajaran Bahasa Perguruan Tınggı Dı Tengah Pandemi.

Yuniarto Bambang, Rivo Panji. 2021. Lıterası Dıgıtal Sebagaı Penguatan Pendıdıkan Karakter Menuju Era Socıety 5.0. Jurnal Edueksos: The journal of social and economic education, 10(2), 176-194.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.