Penanaman Pendidikan Karakter Melalui Dongeng Digital

Ahmad Syaifuddin, Luthfa Nugraheni

Abstract


Mendongeng dianggap usang. mendongeng tradisional atau lisan kurang tertarik Ini setidaknya akan mempengaruhi keberadaan Dongeng itu sendiri. Dongeng memainkan peran penting bagi anak-anak sadar atau tidak terpengaruh, temukan identitas sebagai manusia juga oleh lingkungan. Penelitian ini berujuan supaya masyarakat tertarik dengan adanya Dongeng Digital sebagai upaya penanaman pendidikan di era 4.0, dengan adanya Dongeng digital diharapkan masyarakat bisa menikmati atau belajar dengan mudah dalam menjaga warisan budaya dengan perkembangan digital yang maju maka kita harus pandai dalam memanfaatkan kemudahan yang sudah tersedia. Metode yang digunakan adalah deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik wawancara, dokumentasi dan studi pustaka. Dengan adanya dongeng digital yang menyediakan cerita-ceriata yang mengandung penanaman pendidikan karakter, tidak hanya memudahkan dalam belajar dongeng saja namun juga dalam pengaplikasian ini melalui dongen digital masyarajat atau siswa bisa belajar banyak tentang penanaman karakter yang diperankan dalam tokoh atau cerita terebut. Jadi dengan adanya Dongeng digital masyarakat bisa mengunakan sebagai media penanaman pendidikan karakter bagi siswa dikarenakan dengan media tersebut anak bisa bermain sambil belajar dan tidak lupa juga sebagai upaya pelestarian budaya kearifan lokal.

Keywords


Dongeng;Karakter;Digital;Budaya

Full Text:

PDF

References


Lickona, T. 2004. Character Matters: How to Help Our Children Develop Good Judgment, Integrity, and Other Essential Virtues. New York: Tandem Library.

Dewantara, J. A., Efriani, E., Sulistyarini, S., & Prasetiyo, W. H. (2020). Optimization of Character Education Through Community Participation Around The School Environment (Case Study in Lab School Junior High School Bandung). JED (Journal of Etika Demokrasi), 5(1), 53–66.

Ahyani, Latifah, Nur. 2010. Metode Mendongeng Dalam Meningkatkan Perkembangan Kecerdasasn Moral Anak Usia Prasekolah. Jurnal Psikologi Universitas Muria Kudus. Volume 1, No 1, Desember 2010.

Nugraheni, Luthfa. “Pengembangan Media Pembelajaran Cerita Rakyat Berbasis Pendidikan Karakter Untuk Peserta Didik Sekolah Dasar Kabupaten Pati.” Jurnal digilib.uns.ac.id, 2022.

Soetantyo, S. P. (2013). Peranan dongeng dalam pembentukan karakter siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan, 14(1), 44–51. Retrieved from http://ilp.ut.ac.id/index.php/JP/arti cle/view/165/132

Rianse, U., & Abdi. (2008). Metodologi penelitian sosial dan ekonomi: teori dan aplikasi. Alfabeta.

Kagermann, H., Lukas, W.D., & Wahlster, W. 2013. Final report: Recommendations for implementing the strategic initiative INDUSTRIE 4.0. Industrie 4.0 Working Group.

Heng, S. 2014. Industry 4.0: Upgrading of Germany's Industrial Capabilities on the Horizon. https://ssrn.com/abstract=2656608, Diakses pada 17 November 2018.

Zhou, K., Taigang L., & Lifeng, Z. 2015. Industry 4.0: Towards future industrial opportunities and challenges. In Fuzzy Systems and Knowledge Discovery (FSKD), IEEE 12th International Conference, pp. 2147-2152

Qin, J., Liu, Y., & Grosvenor, R. 2016. A Categorical Framework of Manufacturing for Industry 4.0 and Beyond. Procedia CIRP, Vol. 52, pp. 173-178.

Triyono, Moch Bruri. 2017. Tantangan Revolusi Industri Ke 4 (I4.0) Bagi Pendidikan Vokasi. Prosiding Seminar Nasional Vokasi dan Teknologi (SEMNASVOKTEK). DenpasarBali, 28 Oktober 2017.

Prasetyo, Hoedi & Soetopo, Wahyudi. 2018. Industri 4.0 : Telaah Klasifikasi Aspek dan Arah Perkembangan Riset. Jurnal Teknik Industri Universitas Diponegoro. Vol. 13, No. 1, Januari 2018

Kemendiknas. 2010. Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa. Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum.

Koesoema, Doni. 2011. Pendidikan Karakter Strategi Mendidik Anak di Zaman Global. Jakarta: PT Grasindo.

Pertiwi, A. R. (2011). Peningkatan minat membaca dalam pembelajaran bahasa Indonesia melalui metode mendongeng (story telling) pada Siswa kelas IV SD Negeri Pabelan 02 Kartasura Kabupaten Sukoharjo tahun ajaran 2010/2011 (Skripsi) (Universitas Sebelas Maret, Surakarta). Retrieved from https://core.ac.uk/download/pdf/1 2350013.pdf

Nasional, S., Budaya, P., Pariwisata, P., & Kreatif, I. (2021). Seminar Nasional “ Potensi Budaya, Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya untuk Pengembangan Pariwisata dan Industri Kreatif ” Kudus, 13 Oktober 2021. 572–579.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.