Kedudukan Bahasa Untuk Membentuk Jati Diri Kepemimpinan Mahasiswa

Aninda Eka Rahayu, Mila Roysa

Abstract


Artikel ini membahas tentang kedudukan bahasa untuk membentuk jati diri kepemimpinan mahasiswa. Bahasa dapat dibentuk berdasarkan jati diri dan kepribadian bangsa. Artikel ini dibuat dengan meninjau asosiasi antar budaya dan bahasa. Hasil analisis ini menunjukkan bahwa bahasa mempunyai ungkapan yang mengandung nilai. Nilai-nilai ini diterjemahkan ke dalam sikap dan tingkah laku yang dapat membangun jati diri dan karakteristik bangsa.

Keywords


Bahasa;jati diri;kepemimpinan mahasiswa;karakteristik bangsa

Full Text:

PDF

References


Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. Kumpulan Putusan Konggres Bahasa Indonesia I-IX Tahun 1938 - 2008. 2011. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Fuad, Abdul. 2011. Pengajaran BIPA di Indonesia dalam Pemberdayaan Bahasa Indonesia Memperkukuh Budaya Bangsa dalam Era Globalisasi, Risalah Kongres Bahasa Indonesia VII. Jakarta: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Hasan Alwi, 2011. Bahasa Indonesia Pemakai dan Pemakaiannya. Jakarta: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan Nasional dan Kebudayaan.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 24 tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa, dan Lambang Negara, serta Lagu Kebangsaan. 2011. Jakarta: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Rosida. 2011. Pengajaran Bahasa yang Berkarakter Kebangsaan dan Berperspektif Multibudaya dalam Era Globalisasi dalam Perencanaan Bahasa pada Abad Ke-21: Kendala dan Tantangan. Jakarta: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Sukamto, Khatarina E. 2003. Rampai Bahasa, Pendidikan dan Budaya: Kumpulan Esai Soejono Darddjowijodjo. Jakarta: Yayasa Obor Indonesia.

Syukri, Achmad. 2011. Dalam Risalah Simposium Internasional Perencanaan Bahasa pada Abad ke-21: Kendala dan Tantangan. Jakarta: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.