Peran Bahasa dan Sastra Indonesia dalam Pembuatan Cerpen di Era 5.0

Dewi Fatimatuzzahro, Muhammad Noor Ahsin

Abstract


Bahasa adalah sarana yang dipakai manusia untuk berinteraksi. Bahasa memiliki peran penting dalam menyampaikan informasi dan ilmu pengetahuan. Bahasa sendiri merupakan sistem komunikasi yang menggunakan bunyi yang diciptakan. Karya sastra yaitu buatan yang dikomunikasikan secara komunikatif berdasarkan maksud pengarang untuk tujuan estetis. Dunia pendidikan telah dipengaruhi oleh era yang berpusat pada manusia dan berbasis teknologi. Di era ini, cara pandang tentang pengetahuan telah berubah. Perubahan era revolusi 5.0 menyangkut cara pengajaran dan juga aturan pada rancangan pendidikan itu sendiri. Jenis penelitian yang digunakan dalam penulisan ini adalah non riset, karena dalam penelitian ini peneliti hanya mengumpulkan informasi dalam beberapa sumber. Metode yang digunakan yaitu metode deskriptif kualitatif, yaitu menggambarkan sebuah objek sesuai dengan kenyataannya. Sumber data yang diperlukan dalam penelitian ini berasal dari buku, jurnal, internet. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik baca catat. Semua data yang diperoleh dianalisis secara menyeluruh dan terstruktur. Pendidikan bahasa dan sastra Indonesia mempunyai peranan penting dalam meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat, terutama sumber daya masyarakat yang terus berkembang. Keterampilan berbahasa bisa membawa dampak pada perkembangan rakyat dari Era 4.0 hingga Era 5.0 dengan segala konsekuensinya di berbagai bidang termasuk pengetahuan dan pembelajarannya. Kemasyarakatan dan pengetahuan Bahasa dan Sastra Indonesia adalah dua hal yang menjadi penting ketika dapat menyesuaikan dan memposisikan media atau sumber daya untuk mengembangkan era dari era 4.0 ke era 5.0.

Keywords


Cerita pendek;Era 5.0.;Bahasa dan Sastra Indonesia

Full Text:

PDF

References


Hidayati, Eka Suci & Puput Andani (2020). “Pembelajaran Bahasa Indonesia Menuju Masyarakat 5.0” dalam Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang. Palembang: Universitas PGRI Palembang.

Fahirun & Margono (2020). “Literasi Bahasa dan Sastra Indonesia Menuju Kewirausahaan Profesi Di Era Revolusi Industri 4.0 dan Society 5.0 (Peluang Dan Tantangan)”. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang. Palembang: Universitas PGRI Palembang.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.