Pemanfaatan Twitter Sebagai Wadah Keterampilan Menulis Cerita Fiksi Bagi Generasi Z di Era 5.0

Fitri Eka Ardini, Mohammad Kanzunnudin

Abstract


Keterampilan berbahasa adalah keterampilan serta kecekatan dalam menggunakan bahasa yang meliputi membaca, berbicara, menulis, dan menyimak. Menulis sendiri memiliki pengertian sebagai kegiatan pengekspresian ide, gagasan, pikiran atau perasaan ke dalam lambang-lambang kebahasaan. Menulis cerita fiksi adalah kegiatan untuk menuangkan gagasan dalam bentuk tulisan berdasar imajinasi penulis bertujuan untuk dipahami dan dinikmati oleh pembaca. Dalam era revolusi 5.0, dimana manusia dan teknologi hidup berdampingan untuk terciptanya sebuah peluang baru yang kreatif dan inovatif. Era society 5.0, setiap generasi diharuskan cerdas dalam memahami perkembangan kemajuan teknologi, menghadapi dan menyelesaikan berbagai permasalahan sosial dengan memanfaatkan berbagai inovasi yang sudah ada. Generasi Z saat ini menghasilkan generasi yang dependen dengan internet. Karya sastra berkembang ke dalam media digital yang semakin banyak jumlahnya. Media sosial yang dimanfaatkan untuk berkembangnya karya sastra saat ini adalah Twitter. Penelitian yang digunakan dalam penulisan ini adalah non riset, karena dalam penelitian ini peneliti hanya mengumpulkan informasi dalam beberapa sumber. Adanya cara baru dalam menulis cerita fiksi melalui Twitter, dapat membantu generasi Z untuk mengasah keterampilannya dalam menulis. Jadi, diharapkan menjadi motivasi untuk kalangan generasi Z untuk berkreasi dalam menulis cerita fiksi.

Keywords


Keterampilan Menulis;Cerita Fiksi;Twitter;Era 5.0

Full Text:

PDF

References


Alfaruqy, Muhammad Z. (2022). Generasi Z dan Nilai-Nilai yang Dipersembahkan dari Orangtuanya Generation Z and The Perceived Values from The Parents. Psyche: Jurnal Psikologi Universitas Muhammadiyah Lampung, 4(1), 84-95.

Nurgiyantoro, Burhan. (2013). Sastra Anak: Pengantar Pemahaman Dunia Anak. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Pitaloka, E. D., Aprilizdihar, M., & Dewi, S. (2022). Pemanfaatan Sosial Media sebagai Media Sarana Pembelajaran di Era Digital. Journal of Digital Education, Communication, and Arts, 5(1), 40-49.

Rofiā€™udin, Ahmad., & Zuchdi, Darmiyati. (1999). Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas Tinggi. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Proyek Pembinaan Tenaga Kependidikan.

Sari, D. N., & Basit, A. (2020). Media sosial Instagram sebagai Media Informasi Edukasi. Persepsi: Communication Journal, 3(1), 23-36.

Simanjuntak, N., Naibaho, P., & Arif, S. (2021). Pemanfaatan Wattpad sebagai Media Pembelajaran Menulis Cerita Pendek. Prosiding Seminar Nasional PBSI-IV Tahun 2021, Tema: Pembelajaran Bahasa dan Satra Indonesia berbasis Digital Guna Mendukung Implementasi Merdeka Belajar.

Sudiati, Vero. & Widyamartaya, A. (1995). Kiat Menulis Cerita. Yogyakarta: Yayasan Pustaka Nusantara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.