Abstract
Berpikir kritis adalah keterampilan dan bakat antar mahasiswa agar bisa terlatih pada pola pikirnya dari hasil suatu penelitian dan informasi, pengetahuan pada suatu penalaran, sedangkan penalaran adalah aktivitas lisan,yang dapat mengacu pada pola pemikiran mahasiswa agar bisa lebih terampil dalam berpikir dan dapat diterima dengan baik. Tujuan utama dalam berpikir kritis untuk bisa berpikir lebih tajam lagi, pada tataran teori ilmiah tertentu. Artikel tersebut membicarakan tentang bahan belajar mahasiswa pada suatu penalaran pengetahuan yang berhubungan pada suatu penelitian, berpikir secara nalar terhadap suatu pemikiran yang lebih luas wawasannya, ciri-cirinya dapat berpikir secara kritis yang terjadi pada suatu penalaran. Pandangan utama saat berpikir yaitu harus siap menerima suatu tantangan dan rintangannya, walaupun berat harus tetap dijalani .Penalaran memberikan pemikiran yang tajam untuk mengembangkan pemikiran kritis, yang memiliki karakteristik yang berasal dari suatu penjelasan, pandai mengemukakan pendapatnya pintar mengemukakan suatu suatu pendapat. Pendapat penelitian tersebut agar bisa memberikan sebuah landasan teori untuk menganalisis dan pelaksana pendidikan sains dalam implementasi dan evaluasi penalaran dan kemampuan untuk memutuskan suatu pemikiran dengan baik dengan individu dan kolektif.
Keywords
Bepikir kritis;pembentuk karakter Mahasiswa
References
Roviati, E., & Widodo, A. (2019). Kontribusi argumentasi ilmiah dalam pengembangan keterampilan berpikir kritis. Titian Ilmu: Jurnal Ilmiah Multi Sciences, 11(2), 56-66.
Wulandari, F., Sukardi, S., & Masyhuri, M. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guide Inquiry) Berbantuan Media Power Point Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3), 1327-1333.
Saptaningtyas, F. Y. MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS PADA PERKULIAHAN MATEMATIKA TEKNIK DENGAN PENEMUAN TERBIMBING DIPADUKAN DENGAN METODE NHT (NUMBERED HEAD TOGETHER).
Anggraeni, L. (2011). Penerapan metode studi kasus dalam upaya meningkatkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa pada mata kuliah hubungan internasional. Media Komunikasi FPIPS, 10(2).