Peran UMKM Digital Menyongsong pada Era Society 5.0

Khof Aszaszatitanul Cahyaningrum, Agus Darmuki

Abstract


Tujuan dari artikel ini adalah untuk membahas peran UMKM dalam menyongsong era society 5.0. society 5.0 dapat menciptakan masyarakat yang berpusat pada manusia yang dapat mengimbangi pembangunan ekonomi berbasis teknologi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan pendekatan penelitian studi pustaka melalui observasi dan analisis terhadap semua informasi yang berkaitan dengan topik penelitian. Kajian pustaka adalah penelitian yang mengumpulkan informasi dan data secara mendetail dari buku, catatan, jurnal, dan sumber lain serta penelitian-penelitian terdahulu terkait yang memberikan jawaban dan alasan atas permasalahan yang diteliti. Era digitalisasi tidak lepas berdasarkan peran komunitas online, khususnya di medsos (media sosial). Karena pengguna online ini yang dapat menentukan kesuksesan barang atau produk dan layanan yang diminati masyarakat. UMKM Digital di era society 5.0 harus bisa berkolaborasi dengan warga dan menampilkan atau mempertunjukkan konten-konten kreatif. Dengan menghadirkan para konten kreatif, dapat menarik minat pengguna internet dan memungkinkan mereka untuk berpartisipasi dalam promosi produk. UMKM digital perlu terlibat dan bersaing dengan pengguna internet untuk mengetahui cara menjadi viral. Operator UMKM harus memperoleh pengetahuan ini secara mandiri melalui dukungan pihak ketiga dan berbagai kursus pelatihan.

Keywords


peran UMKM;era society 5.0;warganet;digital

Full Text:

PDF

References


Arianto, B. (2015). Kampanye Kreatif Dalam Kontestasi Presidensial 2014. Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UGM. No 1, 19: 16–39.

Arianto, B. (2020). Pengembangan UMKM Digital di Masa Pandemi Covid-19. ATRABIS: Jurnal Administrasi Bisnis, 2(6), 233-247.

Elia, G., Margherita, A., & Passiante, G. (2020). Digital entrepreneurship ecosystem: How digital technologies and collective intelligence are reshaping the entrepreneurial process. Technological Forecasting and Social Change, 150, 119791.

Mubiroh, S., & Ruscitasari, Z. (2019). “Implementasi SAK EMKM Dan Pengaruhnya Terhadap Penerimaan Kredit UMKM”. Berkala Akuntansi dan Keuangan Indonesia, 4(2), 1-15.

Purwana, D., Rahmi, R., & Aditya, S. (2017). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM) Di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM), 1(1), 1-17.

Purnomo, F. (2019). Program Ladit (Lapak Digital): Optimalisasi Media Digital sebagai Wadah dalam Pengembangan Umkm di Madura. Jurnal Studi Manajemen Dan Bisnis, 6(2), 89-95


Refbacks

  • There are currently no refbacks.