Pembelajaran Bahasa Indonesia di Era Globalisasi

Nazelin Ni’amah, Mila Roysa

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk menganalisis Peranan Bahasa dan Sastra Indonesia yang terdapat pada Industri Kreatif Era. dalam hal ini penulis mengangkat judul yaitu Pembelajaran Bahasa Indonesia di Era Globalisasi. Pendidikan memiliki peran besar dalam pembangunan di masyarakat, seperti pengembangan ilmu dan teknologi serta aspek yang lainnya. Pada zaman sekarang masih banyak masyarakat yang memiliki Pendidikan rendah. Permasalahan yang sering dihadapi yakni kualitas jenjang Pendidikan yang rendah dan keterbatasan ekonomi. Secara umum, Pendidikan sebagai upaya setiap individu untuk meningkatkan kualitas hidup mereka. Tetapi yang terjadi di masyarakat tidak sesuai dengan ekspetasi, seperti banyak individu yang telah menyelesaikan Pendidikan hingga jenjang yang lebih tinggi sulit untuk mendapatkan kehidupan yang layak. Pendidikan yang diajarkan di sekolah harus ditekankan pada tujuan pembangunan nasional. Tujuan pembelajaran Bahasa ini harus bersifat universal dan seimbang agar tidak merugikan individu atau kelompok tertentu. Metode penelitian yang digunakan metode kualitatif. Menurut Basri (2014) penggunaan metode penelitian dapat berubah sesuai perkembangan zaman, metode kualitatif banyak digunakan dalam berbagai penelitian dan hasil penelitian tersebut banyak yang diterbitkan.

Keywords


Peran Bahasa;Dalam Industri Kreatif 5.0

Full Text:

PDF

References


Devianty, R. (2017). Peran bahasa Indonesia dan bahasa Daerah dalam pendidikan karakter. Ijtimaiyah: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(2), 79-101.

Djajasudarma, F. (2017). Pergeseran Peran Bahasa Indonesia. Ranah: Jurnal Kajian Bahasa, 1(1), 1-9.

Murdiyati, S. (2020). Peranan bahasa indonesia dalam membangun karakter generasi muda bangsa. Educatif Journal of Education Research, 2(3), 25-30

Nugrahani, F. (2012). Peran Bahasa dalam Pemahaman Antarbudaya. dalam Stilistika, 1(1), 1-19.

Suwandi, S. (2015, November). Peran Bahasa Indonesia dalam Pengembangan Budaya Literasi untuk Mewujudkan bangsa yang Unggul dalam Konteks Masyarakat Ekonomi ASEAN. In Seminar Nasional dengan tema “Peran Bahasa dan Sastra Indonesia dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA)” yang diselenggarakan STKIP Siliwangi Bandung (Vol. 25).

Wibowo, W. (2009). Menuju jurnalisme beretika: peran bahasa, bisnis, dan politik di era mondial. Penerbit Buku Kompas.

Widyastri, P. L. (2019). Peran Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris dalam Persebaran Ilmu Pengetahuan dan Pendidikan di Indonesia.

Wijana, D. P. (2018). Pemertahanan dan pengembangan Bahasa Indonesia (Indonesian language maintenance and development). Widyaparwa, 46(1), 91-98.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.