Peran Guru dalam Mewujudkan Pembelajaran Lıterası dı Era Revolusı 4.0 Menuju Masyarakat 5.0 Socıenty

Nissaul Azizah, Ahmad Hariyadi

Abstract


Pandemi ini menjadikan suatu proses dimana transisi revolusi industri 4.0 menuju masa masyarakat 5.0. Masa masyarakat 5.0 merupakan sesuatu persatuan antara manusia sebagai sumber pusat dan teknologi sebagai bahan dasarnya. Berdasarkan uraian di atas, penulis bermaksud mengkaji tentang peran guru dalam mewujudkan pembelajaran literasi dalam menghadapi masyarakat 5.0. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan metode studi Pustaka. Pendekatan secara diskriptif dimaksudkan untuk mengambarkan secara jelas dan detail dari hasil penelitian. Peran guru di era Socienty 5.0 adalah mempunyai kemampuan digital, mampu berinovasi dan berfikir kreatif. Oleh karena itu, guru harus lebih inovatif dan memiliki dinamika dalam proses pembelajaran di kelas (Alimuddin,2019). Dieksploitasi oleh guru di zaman masyarakat 5.0, yaitu guru dapat memanfaatkan kecerdasan buatan , internet untuk segala, Virtual /Augmented reality, dan kompeten dalam menggunakan keterampilan robot. Hal lain menjadi seoarang guru harus memiliki sebuah keterampilan berbicara, memiliki jiwa kepemimpinan, berwirausaha, kemelekan digital, perkumpulan, memiliki keterampilan memecahkan masalah.


Keywords


Masyarakat 5.0;literasi;pendidikan;pendidik

Full Text:

PDF

References


Alimuddin, Z. (n.d.). Era Masyarakat 5.0 Guru Harus Lebih Inovatif Dalam Mengajar. Times Indonesia.Co.Id.

Anwar, M. H. M. (2018). Menjadi Guru Profesional. Prenada media Grup: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kemendikbud RI.

Dziuban, C., et al. (2018). Blended learning: the new normal and emerging technologies. International Journal of Educational Technology in Higher Education, 15(1), 3.

https://doi.org/10.1186/s41239-017-0087-5.

Hasanah, U. (2019). Strategi Pembelajaran Aktif Anak Usia Dini. INSANIA Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan 23(2):204-222.DOI:10.24090/insania.v23i2.229.

Houtman (2020). Merdeka Belajar Dalam Masyarakat 5.0. Prosiding Seminar Nasional.

Kalyani, & Rajasekaran. (2018). Innovative Teaching and Learning. Journal of Applied and Advanced Research, 3(1), 23–25. https://doi.org/10.18260/1-2--12270%0A.

Nasir, M. (2022). Strategi Kuliah Tatap Muka dalam Webinar Sevima. Dikti.Kemdikbud.Go.Id. https://dikti.kemdikbud.go.id/kabardikti/kampus-kita/prof-mohamad-nasirbahas strategi-kuliah-tatap-muka-dalamwebinar-sevima/

Vania Sasikirana, Y. T. H. (2017). Urgensi Merdeka Belajar Di Era Revolusi Industri 4.0 Dan Tantangan Society 5.0. Seminar Nasional: Jambore Konseling 3, 00(00),

XX–XX. https://doi.org/10.1007/XXXXXX-XX-0000-00.

Zed, M. (2004). Metode penelitian kepustakaan (cet.3). Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.