Manfaat Media Youtube Sebagai Proses Pembelajaran Menulis Puisi Siswa di Era Digital

Ulia Ni’matul Muyassaroh, Irfai Fathurohman

Abstract


Penerapan media sosial youtube dalam pembelajaran menulis puisi adalah salah satu cara yang efektif untuk para siswa. Penerapan media youtube bertujuan utuk mengetahui penerapan media youtube ketika digunakan saat pembelajaran dan untuk mengetahui keefektifan media youtube dalam pembelajaran menulis puisi . Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptip kualitatif. teknik pengumpulan data menggunakan kajian pustaka. Fungsi afektif media youtube, yaitu siswa merasa efektif dari segi pembelajaaran yang sangat membantu dalam memahami pembelajaran menulis puisi di era di gital. Karena media youtube merupakan salah satu media jejaring yang berkembang dan memiliki daya kuat untuk berinteraksi saat ini. Media youtube dapat digunakan bersamaan dengan pembelajaran bagi siswa. Youtube sebagai media pembelajaran akan memberikan dampak yang baik di era digital, semakin meningkatnya ketertarikan dengan media yang disukai akan menghasilkan karya siswa yang di harapkan.

Keywords


Media sosial;youtube;Pembelajaran kreatif

Full Text:

PDF

References


Adawiah, S. R., Pertiwi, L. L., Sukawati, S., & Firmansyah, D. (2018). Pembelajaran menulis puisi dengan teknik onomatope di ma tanjungjaya. Parole (Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia), 1(6), 897-904.

Bakri, M., & Yusni, Y. (2021). Pemanfaatan Youtube Sebagai Media Pembelajaran Menulis Puisi. Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, Dan Asing, 4(1), 39-46.

Kurniati, L. (2020). Pemanfaatan Youtube Sebagai Media Sosial Dalam Pembelajaran Mata Kuliah Menulis Puisi. Prosıdıng Samasta.

Kamhar, M. Y., & Lestari, E. (2019). Pemanfaat Sosial Media Youtube Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Perguruan Tinggi. Inteligensi : Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(2). Https://Doi.Org/10.33366/Ilg.V1i2.1356

Mengenal, A. (2016). Vısualısası Dıgıtal Pembelajaran Baca Puısı. Universitas, 437.

Robin, I. (2019). Pengunaan Media Video Akun Instagram Shiftmedia. İd Dalam Pembelajaran Menulis Puisi Pada Siswa Kelas Vııı Smpıt Al Lauzah Tahun Pelajaran 2018/2019 (Bachelor's Thesis, Jakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan Uın Syarif Hidayatullah).

Wicaksono, A. (2014). Menulis Kreatif Sastra: dan Beberapa Model Pembelajarannya. Garudhawaca.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.