Kekuatan dan Peran Bahasa Idonesia di Era Industri Kreatif 5.0

Zahrotul Firdausa, Ahmad Haryadi

Abstract


Nilai-nilai masyarakat Indonesia pada era industri kreatif dibandingkan dalam penelitian ini. Kajian ini melihat bagaimana sastra Indonesia digunakan dalam bisnis saat ini dan bagaimana produk di Indonesia diberi label dalam bahasa Indonesia dan bahasa lainnya. Tujuan artikel ini adalah untuk membandingkan dan membedakan label dan produk berbahasa Indonesia. Jika dibandingkan dengan produk dengan label berbahasa Indonesia, produk dengan label yang ditulis dalam bahasa selain bahasa Indonesia lebih mungkin untuk dijual. Tulisan ini bertujuan untuk menunjukkan bagaimana industri kreatif dan budaya global telah membentuk PBSI dari waktu ke waktu. Arah pengembangan PBSI berdasarkan kajian analisis prediktif menjadi fokus pemaparan.

Keywords


industri kreatif;era global;Bahasa Indonesia

Full Text:

PDF

References


Suharsono, D D. (2016). NILAI BAHASA INDONESIA DI ERA INDUSTRI KREATIF (Studi Perbandingan terhadap Pelabelan Produk di Indonesia).

Syukron, A. ARAH PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA BERBASIS INDUSTRI KREATIF DAN INDUSTRI BUDAYA DI ERA GLOBAL. Bahasa dan Sastra Indonesia dalam Konteks Global.

Kemenperin. 2011. Industri Kreatif Punya Potensi Besar Menopang Ekonomi Nasional. Jakarta: Kementrian Perindustrian.

Abu-Saifan, Samer. 2012. Social Entrepreneurship:Definition and Boundaries. Technology Innovation Management Review. (2):22—27.

Wuradji. 1997. Tantangan Pendidikan di Indonesia Menyongsong Era Globalisasi dan Kemajuan Iptek Abad 21. Dinamika Pendidikan. 1(IV). 11—24.

Wijana, I Dewa Putu. 2016. Bahasa Indonesia di Simpang Jalan: Kajian atas Struktur Sintaktik Nama-Nama Produk Kosmetik Indonesia. Prosiding Seminar Nasional Paramasastra 4 tanggal 23 Juli 2016 di Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Surabaya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.