Meningkatkan Kreativitas Menulis Puisi Siswa Melalui Paper Quilling di SMA 1 Jekulo

Dyah Ayu Romadhona, Ristiyani Ristiyani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatakan kreativitas dalam diri peserta didik dalam menulis puisi melalui paper quilling di SMA 1 Jekulo. Di SMA 1 Jekulo masih banyak siswa yang sebenarnya menyukai pelajaran sastra dalam bahasa Indonesia. Akan tetapi, para siswa masih banyak yang kesulitan dalam mengaplikasikan imajinasi yang ada dalam pikirannya menjadi sebuah tulisan sastra yaitu puisi. Sehingga Para siswa harus dikenalkan dengan berbagai keterampilan yang ada kaitannya dengan seni rupa, diharapkan nantinya para siswa menjadi pribadi yang mandiri dan kreatif. Maka dari itu, melalui adanya paper quilling dapat menjadi salah satu cara yang dapat menjadikan peserta didik di SMA 1 Jekulo dapat terinspirasi dalam menulis puisi. Adapun keunggulan teknik paper quilling yang dapat diperoleh antara lain yakni: mudah mendapatkan bahan yang dibutuhkan, rendahnya biaya produksi, dapat diaplikasikan dalam berbagai macam produk, melatih kesabaran dan fokus siswa. Adapun hasil yang didapat dari proses ini yakni, selain peserta didik dapat menulis puisi, peserta didik juga dibekali dengan kreativitas melalui seni melalui adanya paper quilling.

Keywords


Kreativitas;Menulis Puisi;Paper Quilling

Full Text:

PDF

References


Bahari, Nooryan. 2008. Kritik Seni “Wacana Apresiasi dan Kreasi”. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Indira. 2008. Membuat Boneka 3 Dimensi dengan Paper Qulilling. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Kantun, Sri. 2017. Penelitian Evaluatif Sebagai Salah Satu Model Penelitian Dalam Bidang Pendidikan (Suatu Kajian Konseptual). FKIP UNEJ. https://jurnal.unej.ac.id

Neko, Teko. 2016. Teknik Dasar Cara Membuat Paper Quilling yang Wajib Diketahui Untuk Pemula. Online. https://tekoneko.net/caramembuat-paper-quilling.

Sartika, Elita. 2014. Analisis Isi Kualitatif Pesan Moral dalam Film Berjudul “Kita Versus Korupsi”. Skripsi ini diterbitkan Samarinda: Prodi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Universitas Mulawarman.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.