Pemanfaatan Spotify Sebagai Proses Kreatif Puisi di Era 5.0

Ayu Puji Lestari, Mohammad Kanzunnudin

Abstract


Tentu saja, Anda sebagai instruktur harus merencanakan strategi pembelajaran terbaik, termasuk media, teknik mengajar, dan materi pendidikan yang tepat. Dalam membuat suatu pembelajaran dengan harapan dapat dilaksanakan seefektif mungkin, media dan metode pembelajaran menjadi pertimbangan yang sangat penting. Untuk memenuhi tuntutan revolusi industri, manusia dan teknologi harus bekerja sama di era 5.0 untuk menghasilkan peluang baru melalui kreativitas dan inovasi. Kemampuan pendidikan untuk mengembangkan sumber daya manusia yang berkompeten merupakan salah satu isu kunci. Sebaiknya guru memasukkan media ke dalam proses pengajaran untuk menarik perhatian siswa dan membuat proses pembelajaran lebih efisien. Pada kenyataannya, guru masih jarang menggunakan media pembelajaran. Faktanya, terbukti bahwa anak-anak senang menggunakan media pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keunggulan media Spotify dalam penciptaan puisi. Artikel ini menggunakan teknik penelitian kualitatif yang disebut penelitian kepustakaan, yaitu suatu cara pengumpulan data melalui pemahaman dan kajian teori dari berbagai literatur yang terkait dengan topik. Pendidikan pada dasarnya berfungsi sebagai platform bagi guru untuk berbagi ide, fakta, dan pesan dengan siswanya dalam bentuk komunikasi. Empat (empat) kategori bahasa yang digunakan dalam pendidikan meliputi kemampuan menyimak, berbicara, membaca, dan menulis. Kemahiran berbahasa diukur dengan memahami tata bahasa dan kosa kata bahasa, bukan dengan seberapa baik seseorang dapat menggunakan bahasa tersebut.

Keywords


Strategi;Teknologi;Inovasi

Full Text:

PDF

References


Asmi, A. R. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Audio berbasis Podcast pada Materi Sejarah Lokal di Sumatera Selatan. Historia: Jurnal Pendidik Dan Peneliti Sejarah, 3(1), 59–66. https://doi.org/10.17509/historia.v3i1.21017

Industri, M. R. (n.d.). Seminar Nasional Bahasa dan Sastra Indonesia. 706–713.

Kesumaningtyas, S., Anjani, D. F., Yumerda, D., & Nugraha, D. (2022). Pengembangan Media Audio Berbasis Podcast dalam Pembelajaran Digital: Peran dan Kegiatan Ekonomi Masyarakat. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5331–5341. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.2896

Maulida, U., & Ridwan, M. (2022). Model pembelajaran bahasa indonesia berbasis ict. Jurdir, 5(1), 25–35.

Saepuloh, M. F., Nurwahidah, L. S., & Kartini, A. (2021). Media Pembelajaran Podcast untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi. Caraka: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Serta Bahasa Daerah, Vol 10(2), 107–116.

Wahyudin. (2017). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka dan Studi Lapangan. Pre-Print Digital Library UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 6(1), 1–6.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.