Peran Media Instagram dalam Pembelajaran Teks Berita

Bela Nur Yulita, Mila Roysa

Abstract


Peranan media aplikasi di era sekarang memang sangat dibutuhkan sebagai media pembelajaran salah satunya yakni aplikasi Instagram yakkni penggunaan media tersebut dapat kita maanfaatkan fitur-fitur yang ada untuk mempublis sebuah berita yang tulis. Menggunakan model pembelajaran yang tepat sangat penting untuk keberhasilan dalam belajar menulis artikel berita. Melalui pengembangan teks berita yang pendek, ringkas, dan tidak berbelit-belit yang mengikuti struktur dan komponen-komponen pembentuk teks berita dalam proses pembelajaran akan membantu keterampilan berpikir, berbicara, dan menulis siswa. Adapun metode yang digunakan pendekatan kualitatif, hal tersebut dilakukan untuk memanfaatkan aplikasi media Instagram yang banyak digunakan sehingga hal tersebut mampu dimanfaatkan sebagai media yang bisa mempublis suatu berita. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui seberapa besar peran dan pengaruh belajar yang digunakan guru dalam mengggunakan Instagram dalam pembelajaran teks berita. Pada siswa tingkat SMP mampu memiliki kompetensi dalam menulis dan berbahsa terkait penulisan teks berita, hal ini perlu dipikirkan karena sebuah paragraf harus dibangun dari potongan 5W+1H agar berita menjadi komprehensif, akurat, dan sesuai dengan standar teknis.Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran aplikasi Instagram berpengaruh terhadap teks berita, namun pendampingan dan arahan seorang guru sangat difokuskan karena siswa SMP masih perlu pembinaan terkait penggunaan Instagram serta masih diberikan secara dalam lagi salam penugasan siswa SMP terkait penulisan berita yang baik dan benar.

Keywords


peran Instagram untuk teks berita

Full Text:

PDF

References


Faisal, I. A., & Rohmiyati, Y. (2017). Analisis Pemanfaatan Media Instagram Sebagai Promosi Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 6(4), 281–290. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jip/article/view/23234

Kurnia, N. D., Johan, R. C., & Rullyana, G. (2018). Hubungan Pemanfaatan Media Sosial Instagram Dengan Kemampuan Literasi Media Di Upt Perpustakaan Itenas.

Edulib, Pratiwi, N. W. E. S. (2018). Kemampuan Siswa Kelas VIII B SMP Negeri 1 Torue dalam Menulis Teks Berita. Jurnal Bahasa Dan Sastra, 3(4), 1–11.

Masitoh, S., Nursanta, E., Komunikasi, F. I., Gunadarma, U., & Barat, J. (2022). Pengaruh Nilai Berita Dan Kredibilitas Media Akun Instagram @ Kompascom Terhadap. 12(1), 31–41.

Pratiwi, N. W. E. S. (2018). Kemampuan Siswa Kelas VIII B SMP Negeri 1 Torue dalam Menulis Teks Berita. Jurnal Bahasa Dan Sastra, 3(4), 1–11.

Putri, D. T., & Basri, I. (2020). Korelasi Keterampilan Membaca Pemahaman Dengan Keterampilan Menulis Teks Berita Siswa Kelas Viii Smp Negeri 8 Padang. Pendidikan Bahasa Indonesia, 9(3), 1. https://doi.org/10.24036/108983-019883

Saputra, I. (2019). Pemanfaatan Media Sosial Dalam Pembelajaran Pancasila Untuk Generasi Milenial Di Perguruan Tinggi. Jurnal Penelitian Hukum, 1(1), 33–41.

Wahid, A. (2018). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Prestasi Belajar. Saputra, I. (2019). Pemanfaatan Media Sosial Dalam Pembelajaran Pancasila Untuk Generasi Milenial Di Perguruan Tinggi. Jurnal Penelitian Hukum, 1(1), 33–41.

Sunarsih, E. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (Pjbl) Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Berita Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 16 Singkawang. JP-BSI (Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia), 1(2), 65. https://doi.org/10.26737/jp-bsi.v1i2.92

Wahid, A. (2018). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Prestasi Belajar. Saputra, I. (2019). Pemanfaatan Media Sosial Dalam Pembelajaran Pancasila Untuk Generasi Milenial Di Perguruan Tinggi. Jurnal Penelitian Hukum, 1(1), 33–41.

Sunarsih, E. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (Pjbl) Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Berita Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 16 Singkawang. JP-BSI (Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia), 1(2), 65. https://doi.org/10.26737/jp-bsi.v1i2.92


Refbacks

  • There are currently no refbacks.