Penggunaan Sosial Media Instagram sebagai Media Pembelajaran Berbasis Kurikulum Merdeka Belajar

Dewi Puji Indah Lestari, Irfai Fathurrohman

Abstract


Penelitian ini membahas tentang peggunaan sosial media Instagram sebagai pembelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian ini dilakukan dengan sosial media Instagram milik Ivan Lain dan Cessar Nurkarim. Peneliti mengidentifikasi terkait masalah penggunaan sosial media serta pengaruhnya terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian ini di belakangi oleh banyaknya siswa zaman sekarang yang memiliki sosial media Instagram yang telah terinstal di handphone serta sering menggenggamnya kemanapun dan di manapun, termasuk dalam lingkup sekolah. Maksud dalam penelitian yaitu untuk mengkaji penggunaan media sosial Instagram dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode penelitian kualitatif. Media sosial instagram dapat digunakan sebagai suatu media belajar yang menyenangkan,baik bagi pendidik maupun pelajarnya.

Keywords


Instagram media sosial;Pembelajaran Bahasa

Full Text:

PDF

References


Ainiyah, N. (2018). Remaja Millenial dan Media Sosial: Media Sosial Sebagai Media Informasi Pendidikan Bagi Remaja Millenial. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 221-236.

Efendi, N. M. (2018). Revolusi pembelajaran berbasis digital (Penggunaan animasi digital pada start up sebagai metode pembelajaran siswa belajar aktif). Habitus: Jurnal Pendidikan, Sosiologi, & Antropologi, 173-182.

Ferlitasari, R. &. (2020). Pengaruh media sosial instagram terhadap perilaku keagamaan remaja. Sosio Religia, 1(2).

Irwandani, I. &. (2016). Pengembangan media pembelajaran berupa komik fisika berbantuan sosial media instagram sebagai alternatif pembelajaran. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 33-42.

Kamhar, M. Y. (2019). Pemanfaat Sosial Media Youtube Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia DI Perguruan Tinggi. Inteligensi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1-7.

Mana, L. H. (2021). Respon siswa terhadap aplikasi tiktok sebagai media pembelajaran bahasa indonesia. JIRA: Jurnal Inovasi Dan Riset Akademik, 418-429.

Meilinda, N. (2018). SOCIAL MEDIA ON CAMPUS: Studi Peran Media Sosial sebagai Media Penyebaran Informasi Akademik pada Mahasiswa di Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP UNSRI. The Journal of Society and Media, 53-64.

Mulawarman, M. &. (2017). Perilaku pengguna media sosial beserta implikasinya ditinjau dari perspektif psikologi sosial terapan. Buletin Psikologi, 36-44.

Prihatiningsih, W. (2017). Motif penggunaan media sosial instagram di kalangan remaja . Communication , 51-65.

Refiani, A. S. (2020). Analisis Pengaruh Sosial Media Marketing Melalui Instagram Terhadap Keputusan Pembelian Studi Pada This! By Alifah Ratu Tahun 2020. eProceedings of Applied Science, 6(3).

Sasmito, M. (2015). Pemanfaatan Media Sosial" Facebook" Untuk Media Pembelajaran Bahasa Indonesia. Media Aplikom, 38-52.

Suryadi, E. G. (2018). Penggunaan sosial media whatsapp pengaruhnya terhadap disiplin belajar peserta didik pada mata pelajaran pendidikan agama Islam (Studi kasus di SMK Analis Kimia YKPI Bogor). Edukasi Islami: Jurnal Pendididikan Islam, 1-22.

Suryaman, M. (2020). Orientasi Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar. In Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Dan Sastra , (Vol. 1, No. 1, pp. 13-28).

Susetyo, S. (2020). Permasalahan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia FKIP Universitas Bengkulu. In Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Dan Sastra , (Vol. 1, No. 1, pp. 29-43).

Untari, D. &. (2018). Strategi Pemasaran Melalui Media Sosial Instagram (Studi Deskriptif Pada Akun@ Subur_Batik). Widya Cipta: Jurnal Sekretari Dan Manajemen, 271-278.

Winangun, I. M. (2020). Penerapan Model Discovery Learning Berbasis Digital untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Media Pembelajaran SD. E-Jurnal Mitra Pendidikan, 256-268.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.