Peranan Tradisi untuk Membangun Karakter Peserta Didik Melalui Video Animasi Era 5.0

Eva Putri Shahira, Ahmad Hariyadi

Abstract


Permasalahan saat ini, banyak pendidik yang belum menggunakan media pembelajaran berbasis video animasi dikarenakan keterbatas soft skill dalam menggunakan aplikasi dalam pembuatan video animasi, padahal media pembelajaran tersebut sangat penting dalam proses pembelajaran. Penelitian ini memberikan gagasan yang ditujukan kepada pendidik untuk mengetahui proses penggunaan media pembelajaran berbasis video animasi yang berisi peranan tradisi guna meningkatkan karakter peserta didik dalam membangun minat peserta didik untuk mempelajari tradisi melalui aplikasi. Penelitian ini menggunakan proses penelitian pengembangan media, dalam konteks pendidikan tradisi untuk peserta didik berupa video animasi secara visual dan audio. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang berkaitan dengan mengembangkan media pembelajaran pendidikan seni berbasis video animasi sebagai media. Media merupakan sarana informasi belajar yang hendak disampaikan oleh sumber pesan kepada sasaran atau penerima pesan. Penggunaan media sangat membantu pencapaian keberhasilan proses belajar mengajar dari pendidik maupun peserta didik. Tanpa adanya media pembelajaran tidak akan sesuai pencapaian, karena media memiliki peran yang sangat pentimg dalam pencapaian belajar.

Keywords


Media Pembelajaran Video Animasi

Full Text:

PDF

References


Ahsin, M. N., & Roysa, M. (2020). Pendampingan Pembuatan Media Pembelajaran Dengan Aplikasi Video Scribe Untuk Guru Ma Nu Hasyim Asy’Ari 2. Muria Jurnal Layanan Masyarakat, 2(2), 75–82. https://doi.org/10.24176/mjlm.v2i2.4423

Andriani, E. Y. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi untuk Meningkatkan Kemampuam Berikir tingkat tinggi dan hasil Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran, 509, 31–36.

Bina, N. S., Ramadhani, R., & Hasan, H. I. (2022). PERANCANGAN VIDEO ANIMASI BERBASIS POWTOON. 6(4), 2615–2628.

Nugraheni, L., Makassar, U. P., & Selatan, S. (2011). Media Sebagai Faktor Determinan Keberhasilan. 166–170.

Ponza, P. J. R., Jampel, I. N., & Sudarma, I. K. (2018). Pengembangan Media Video Animasi Pada Pembelajaran Siswa Kelas Iv Di Sekolah Dasar. Jurnal EDUTECH Universitas Pendidikan Ganesha, 6(1), 9–19.

Rachman, T. (2018). Tradisi. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 10–27.

Savira, F., & Suharsono, Y. (2013). Bab Iii Metode Penelitian Dan Pengembangan. Journal of Chemical Information and Modeling, 01(01), 1689–1699.

Susilo, S. V. (2020). Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 6(2). https://doi.org/10.31949/jcp.v6i2.2100

Wuryanti, U., & Kartowagiran, B. (2016). Pengembangan Media Video Animasi Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Karakter Kerja Keras Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 6(2), 232–245. https://doi.org/10.21831/jpk.v6i2.12055

Ratna, Nyoman Kutha. (2011). Antropologi Sastra Peranan Unsur-unsur Kebudayaan dalam Proses Kreatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.