Eksploitasi Media Kuis Interaktif Kahoot Berbasis Website Guna Meningkatkan Berpikir Kritis pada Siswa
Abstract
Pembelajaran yang optimal adalah pembelajaran melalui solusi yang menggunakan media yang dapat memotivasi siswa untuk terlibat dalam pembelajaran. Solusi yang dihasilkan adalah dengan menggunakan media kuis Kahoot. Penggunaan Kahoot sebagai sarana pembelajaran dapat memunculkan citra baru pembelajaran, khususnya pembelajaran kreatif dan interaktif. Metode ini menggunakan metode deskriptif kualitatif untuk mendeskripsikan kuis kahoot berbasis web interaktif yang bermanfaat untuk mendorong berpikir kritis siswa. Berdasarkan penelitian, media kuis interaktif kahoot cocok digunakan sebagai media belajar karena dilengkapi dengan kemampuan analisis penilaian berupa laporan dan perolehan poin disesuaikan dengan kecepatan dan ketepatan pembelajaran. jawaban para siswa. Ini adalah cara yang bagus untuk mengukur seberapa baik siswa memahami topik yang diajarkan. Dengan lingkungan kuis interaktif Kahoot, siswa diminta untuk terlibat dalam pembelajaran sehingga akan mengasah kreativitasnya.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ahsin, M. N., & Roysa, M. (2020). Pendampingan Pembuatan Media Pembelajaran Dengan Aplikasi Video Scribe Untuk Guru Ma Nu Hasyim Asy’Ari 2. Muria Jurnal Layanan Masyarakat, 2(2), 75–82. https://doi.org/10.24176/mjlm.v2i2.4423
Arsyad, A. (2015). Media pembelajaran.
Darmuki, A.-. (2020). Peningkatan Minat Dan Hasil Belajar Keterampilan Berbicara Menggunakan Metode Mind Map Pada Mahasiswa Kelas Ia Pbsi Ikip Pgri Bojonegoro Tahun Akademik 2019/2020. KREDO : Jurnal Ilmiah Bahasa Dan Sastra, 3(2), 263–276. https://doi.org/10.24176/kredo.v3i2.4687
Darmuki, Agus. (2020). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbicara Mahasiswa Menggunakan Media Aplikasi Google Meet Berbasis Unggah Tugas Video Di Youtube Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Educatio FKIP UNMA, Vol 6(2),655-661.
Irwan, I., Luthfi, Z. F., & Waldi, A. Efektifitas Penggunaan Kahoot! untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa [Effectiveness of Using Kahoot! to Improve Student Learning Outcomes]. Pedagogia: Jurnal Pendidikan 1.8 (2019).
Irwan, I., & Waldi, A. (2019). Implementasi Kahoot! sebagai Inovasi Pembelajaran. Journal of Civic Education, 2(1), 126–140. https://doi.org/10.24036/jce.v2i1.130
Lime. 2018. “Pemanfaatan Media Kahoots pada Proses Pembelajaran Model Kooperatif Tipe STAD ditinjau dari Kerjasama dan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII-1 SMP Negeri 5 Yogyakarta Tahun Ajaran 2017/2018”. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.
Mulyana, Aina. 2019. Motivasi Belajar Siswa, Pengertian Bentuk dan Faktor Yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Siswa. Diakses pada tanggal 9 April 2022.
Rahmawati, A., Ismaya, E. A., & Roysa, M. (2020). Implementasi Model Pembelajaran Numbered Head Together Berbantuan Media Roda Putar untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Journal on Education, 2(4), 283–296. https://doi.org/10.31004/joe.v2i4.321
Ristiyani, R. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Penjumlahan Pecahan Melalui Pendekatan Matematika Realistik Dengan Media Fraction Circle. Dimensi Pendidikan, 17(1), 1–11. https://doi.org/10.26877/dm.v17i1.9284
Sultan, U., & Tirtayasa, A. (2019). Pemanfaatan Gamification Kahoot. It Sebagai Enrichment Kemampuan Berfikir Historis Mahasiswa Pada Mata Kuliah. 2(1).
Sutirna. 2019. “Game Education: Aplikasi Program Kahoot dalam Tahap Apersepsi Proses Belajar Mengajar”. Makalah.Jakarta: Universitas Singaperbangsa Karawang.
Refbacks
- There are currently no refbacks.