Digitalisasi Cerita Rakyat Berbasis Website

Nabila Sahida Putri, Muhammad Noor Ahsin

Abstract


Revolusi digital mulai muncul  karena perkembangan teknologi semakin maju, revolusi tersebut memunculkan media digital yang dapat dimanfaatkan salah satunya untuk membaca. Salah satu aplikasi yang menarik perhatian anak-anak muda untuk membaca saat ini adalah komik digital yaitu webtoon. Komik menyajikan gambar dan teks sehingga dapat menarik minat para pembaca terutama generasi muda. Jenis penelitian pada penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif, di dalam penelitian kualitatif ini lebih  menekankan pada metode penelitian naturalistik. Proses penelitian ini disusun berdasarkan pendekatan etnografi, artinya dalam  kondisi natural (alamiah). Proses pertama yang dilakukan dalam metode ini adalah menyusun pemikiran atau asumsi dasar tentang cerita rakyat nusantara dan perkembangan media komik digital cerita rakyat nusantara. Hasil dan simpulan menunjukkan bahwa webtoon cerita rakyat dapat menjadi cerita yang menarik kalangan anak muda apabila dikemas dengan visual yang apik dan menarik tanpa mengubah alur cerita aslinya.

Keywords


cerita rakyat;digital;komik

Full Text:

PDF

References


Armini, I. G. A. (2014). Identifikasi Permasalahan Pencatatan Warisan Budaya Takbenda Indoensia. WALASUJI, 5(2), 197–208.

Danandjaja, J. 1986. Folklor Indonesia. Jakarta: Grafitipers.

Evgeny Kuzmin. (2012). Information Preservation : Past , Present and Future. In Preservation of Digital Information in the Information Society (pp. 24–40)

Febrylian, Annela Dhona dan Denny Indrayana Setyadi. (2017). Perancangan Buku Digital Interaktif sebagai Upaya Edukasi Jajanan Aman untuk Anak Sekolah Dasar Usia 7-9 Tahun. Jurnal Sains dan Seni, 6 (2): 83-88

Habsari, Zakia. (2017). Dongeng sebagai Pembentuk Karakter Anak. Blibiotika, 1(1): 21-29

Hartono, Bambang. (2012). Dasar Dasar Kajian Wacana. Semarang: Pustaka Zaman.

Hilman, A., & DiaÃ, I. (2020, June). Revitalisasi Cerita Rakyat Sebagai Pengembangan Karakter Anak Di Era Digital. In Prosiding Seminar Nasional FKIP Universitas Mataram (Vol. 1, No. 1, pp. 138-141). https://jurnalfkip.unram.ac.id/index.php/PSN/article/view/1831 diakses pada 28 September 2022 Pukul 20.30 WIB

Putra, A. K., & Kristiana, N. (2020). Perancangan Komik Digital Cerita Rakyat Joko Dolog Surabaya. BARIK, 1(2), 153-165. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JDKV/article/view/35903 diakses pada tanggal 28 September 2022 Pukul 20.00 WIB

Poerwadarminta. (2007). Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Primadesy, Y. (2010). Peran Masyarakat Lokal dalam Usaha Pelestarian Naskah-Naskah Kuno Paseban. Jurnal Bahasa Dan Seni, 11(2), 120– 127

Ramadini, F. D. (2020, December). Digitalisasi Cerita Rakyat Indonesia. In Seminar Nasional Literasi (No. 5, pp. 800-809). http://conference.upgris.ac.id/index.php/snl/article/view/1717 diakses pada tanggal 28 September 2022 Pukul 20.15 WIB

Sedyawati, Edi. (1996). “Kedudukan Tradisi Lisan Dalam Ilmu-Ilmu Sosial Dan Budaya”. Warta ATL Jurnal Penelitian Dan Komunikasi Peneliti Dan Pemerhati Tradisi Lisan. Edisi II Maret. Jakarta: ATL

Sitokdana, M. N. . (2015). Digitalisasi Kebudayaan Di Indoensia. In Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi 2015 (pp. 99–108).

Sukmana, Ena. (2005). Digitalisasi Pustaka. Makalah seminar “Peran Pustakawan Era Digital, 1-8


Refbacks

  • There are currently no refbacks.