Manfaat Media Online Learning Untuk Mengoptimalkan Proses Belajar Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Era 5.0

Reva Lina Alya Putri, Mila Roysa

Abstract


Media pembelajaran yang sering digunakan saat ini yaitu media e-learning. Adanya media pembelajaran e-learning tersebut merupakan suatu inovasi yang dapat meningkatkan kemanpuan tenaga pendidik maupun siswa dalam menggunakan teknologi yang kian canggih tersebut. Dalam penelitian ini penulis memiliki tujuan untuk memahami keefektifan online, proses kegiatan belajar e-learning dan juga mengakses e-learning. Penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian kualitatif. Pembelajaran e-learning memegang peranan penting dalam pembelajaran. Proses pembelajaran menggunakan e-learning dapat dilakukan dimana saja. Media e-learning dalam proses pembelajaran juga dapat melatih kemampuan mahasiswa dalam menggunakan teknologi yang kian pesat. Proses pembelajaran yang dilaksanakan menggunakan media e-learning merupakan salah satu upaya yang dapat dilakukan agar siswa tidak bosan meneria materi yang diberikan. Manfaat penelitian ini berdasarkan tujuan penelitian yang ingin dicapai oleh penulis yaitu memberikan pemahaman mengenai “Manfaat Media Online Learning Untuk Mengoptimalkan Proses Belajar Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Era 5.0” yang saat ini menjadi alat pembelajaran yang sesekali digunukan. Dalam penelitian ini diketahui pengertian online learning, penggunaan online learning dalam proses pembelajaran bahasa Indonesia, dan kelebihan proses belajar mata pelajaran bahasa Indonesia menggunakan e-learning.

Keywords


online;belajar;efektif

Full Text:

PDF

References


Albab, S. U. (2020). Analisis Kendala Pembelajaran E Learning Pada Era Disrupsi Di SMK Terpadu Al-Islahiyah Singosari Malang. Mudir: Jurnal Manajemen Pendidikan, 2(1), 37-46.

Darmawan, Deni. 2014. Pengembangan E-learning Teori dan Desain. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Elyas, A. H. (2018). Penggunaan model pembelajaran e-learning dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Warta Dharmawangsa, (56).

Gunawijaya, I. W. T. (2021). E-Learning Menjadi Platform Pembelajaran Era Society 5.0. Pramana: Jurnal Hasil Penelitian, 1(1), 89-100.

Hartanto, W. (2016). Penggunaan e-learning sebagai media pembelajaran. Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial, 10(1).

Hartanto, W. (2016). Penggunaan e-learning sebagai media pembelajaran. Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial, 10(1).

Harun, S. (2022, January). PEMBELAJARAN DI ERA 5.0. In PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN DASAR.

Pardede, T. (2011). Pemanfaatan e-learning sebagai media pembelajaran pada pendidikan tinggi jarak jauh. In Seminar Nasional FMIPA UT (Vol. 1, pp. 55-60).

Prasanti, D. (2018). Penggunaan media komunikasi bagi remaja perempuan dalam pencarian informasi kesehatan. LONTAR: Jurnal Ilmu Komunikasi, 6(1), 15-22.

Pulungan, R., br Ginting, L. S. D., & Nasution, A. S. (2021, August). KELEBIHAN DAN KEKURANGAN E-LEARNING BERDASARKAN PENGALAMAN MAHASISWA UMN AL WASHLIYAH. In Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian (Vol. 4, No. 1, pp. 504-507).

Tambunan, H. (2010). Model Pembelajaran Berbasis E-Learning Suatu Tawaran Pembelajaran Masa Kini Dan Masa Yang Akan Datang. Jurnal Generasi Kampus, 3(02), 92-114.

Usmaedi, U. (2021). Education Curriculum for society 5.0 in the next decade. Jurnal Pendidikan Dasar Setiabudhi, 4(2), 63-79.

Wahidmurni, W. (2017). Pemaparan metode penelitian kualitatif.

Wahyuningsih, Dian dan Rakhmat M. 2017. E-learning Teori dan Aplikasi. Bandung: Informatika.

Windra, W. (2022, January). PEMBELAJARAN MENYAMBUT ERA SOCIETY 5.0. In PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN DASAR.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.