Penggunaan Blog Sebagai Media Pembelajaran Bahasa dan Sastra

Septia Indana Zulfa, Nur Alfin Hidayati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa efektif penggunaan media belajar bagi para pengajar dan juga pelajar dan alasan-alasan apa saja yang mendasari pentingnya penggunaan media belajar tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan mendeskripkiskan masalah dan solusi yang ada setelah melalui analisa data-data yang dikupulkan. Sumber data penelitian didapatkan dari pengamatan lapangan dan analisa berbagai macam sumber dan karya ilmiah yang memiliki latar belakang dan pembahasan yang sama, namun terbatas pada topik penggunaan media belajar yang berupa blog saja. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data penelitian adalah dengan mengamati penggunaan blog di lingkungan masyarakat sekitar dan mensortir atau menganalisa data-data yang sudah terkumpul dalam karya ilmiah yang serupa. Dari penelitian ini didapatkan hasil penelitian yang dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) Penggunaan media belajar dalam proses belajar mengajar sangat membantu dalam efektivitas pembelajaran (2) Penggunaan media belajar berupa blog mampu meningkatkan minat belajar pelajar (3) Penggunaan blog dalam mengajar memudahkan pengajar dalam membagikan informasi yang dibutuhkan kepada para pelajar (4) Dengan menggunakan blog sebagai media belajar memberikan kemudahan dalam proses belajar mengajar karena dapat diakses di mana dan kapan saja.

Keywords


bahasa dan sastra;blog;pembelajaran

Full Text:

PDF

References


“Pengertian Media Pembelajaran”. https://educhannel.id/blog/artikel/pengertian-media-pembelajaran.html. Diakses pada 29 September 2022.

Basri, H. (2014). Using qualitative research in accounting and management studies: not a new agenda. Journal of US-China Public Administration, October 2014, Vol.11, No.10, 831-838. DOI: 10.17265/1548-6591/2014.10.003

Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2002. Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Gill, P., Stewart, K., Treasure, E., & Chadwick, B. (2008). Methods of data collection in qualitative research: interviews and focus groups. British Dental Journal Volume 204 No.6. DOI: 10.1038/bgj.2008.192

Ibrahim, Muslimin, dkk. 2003. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: University Press.

Li, S., & Seale, C. (2007). Learning to do qualitative data analysis: An observational study of doctoral work. Qualitative Health Research, 17, 1442–1452. https://doi.org/10.1177/ 1049732307306924

Mohamed, Z. M., Abdul Majid, A. H., & Ahmad, N. (2010). Tapping new possibility in accounting research, in qualitative research in accounting, Malaysian case. Penerbit Universiti Kebangsaan Malaysia, Kuala Lumpur, Malaysia.

Mursal. 1992. Apresiasi Sastra. Padang: Angkasa.

Oemarjati, Boen S. 1992. Dengan Sastra Mencerdaskan Siswa: Memperkaya Pengalaman dan Pengetahuan. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.

Purba, Antilan. 2001. Sastra Kontemporer. Medan: USU press

Sadiman, Arif. 2003. Media Pendidikan, Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sale, M. J., Lohfeld, L. H., & Brazil, K. (2002). Revisiting the quantitative-qualitative debate: Implication for mixed-method research. Quality and Quantity, 36(1), 43-53.

Samosir, Aldon. 2012. Pembelajaran Sastra. [tersedia online] http://aldonsamosir.wordpress.com/kurikulum/pembelajaran-sastra/ . Diakses 29 September 2022.

Sudjana, Nana, dan Ahmad Rivai. 2002. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru.

Tululi, Imran. 2021. 6 Macam-macam Media Pembelejaran Serta Contohnya, Tingkatkan Semangat Belajar Siswa. https://www.imrantululi.net/berita/detail/6-macammacam-media-pembelajaran-serta-contohnya-tingkatkan-semangat-belajar-siswa . Diakses pada 29 September 2022.

Warren, Austin dan Rene Wellek. 1995. Teori Kesusastraan. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama


Refbacks

  • There are currently no refbacks.