Media Pembelajaran Virtual Menggunakan Teknik Parafrase pada Pembelajaran Menulis Puisi B di Perguruan Tinggi
Abstract
Selama ini teknik parafrase digunakan untuk membantu mahasiswa dalam menafsirkan puisi. Pada perkembangannya, teknik parafrase justru dimanfaatkan dalam pembelajaran menulis puisi di perguruan tinggi. Permasalahan yang dihadapi oleh dosen dan mahasiswa yaitu ketidaktepatan media yang digunakan dalam pembelajaran menulis puisi yang dilaksanakan secara virtual dengan teknik parafrase. Tujuan dilakukan penelitian deskriptif kualitatif ini untuk mengungkapkan media-media pembelajaran virtual yang tepat dalam pembelajaran menulis puisi menggunakan teknik parafrase di perguruan tinggi. Berdasarkan penelitian, digunakan media virtual zoom meeting dan google meet sebagai media penyampaian materi serta google form sebagai media evaluasi. Diperoleh 136 judul puisi yang dihimpun dari pembelajaran virtual menggunakan media zoom meeting, google meet, dan google form. Penelitian ini dikatakan sebagai penelitian pendahuluan sehingga dapat dimanfaatkan dan dilanjutkan untuk penelitian berikutnya terkait strategi pembelajaran yang tepat digunakan untuk pembelajaran penulisan puisi secara virtual menggunakan teknik parafrase di perguruan tinggi.
All this time, the paraphrasing technique is applied as an aid in interpreting poetry by the students. By the advancement, paraphrasing is employed as a technique in learning poetry writing in higher education. However, it was discovered that the media used by the lecturer and students in remote teachinglearning of poetry writing seemed improper. The present descriptive qualitative study was aimed to reveal proper digital media for teaching remotely in learning poetry writing in higher education. Relying on the result of the study, virtual communication platforms such as zoom meeting, and google meet were employed as the media in delivering the course remotely while the evaluation was distributed through google form. By conducting remote teaching-learning in poetry writing via zoom meeting, google meet, and google form, it collected 136 poems. This paper is a preliminary study. Thereby, it can be used and continued in future studies dealing with proper strategies in teaching-learning poetry writing virtually by employing the paraphrasing technique in higher education.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Deepublish. (2021). “Teknik Menulis Parafrase Yang Benar Untuk Menghindari Plagiarisme.” Deepublish. https://penerbitdeepublish.com/teknik-menulispenerbit-buku-g071/ (April 23, 2021).
Endraswara, Suwardi. (2013). Metodologi Penelitian Sastra. Yogyakarta: CAPS.
Faisal, Abdul Haris. (2019). “Pengembangan Media Pembelajaran Menulis Puisi Berbasis Android Untuk Siswa Kelas X MAN 2 Kabupaten Cirebon.” Universitas Negeri Jakarta: 17–38. http://repository.unj.ac.id/6189/.
Faisal, Abdul Haris, NFn Zuriyati, and Eva Leiliyanti. 2020. “Media
Pembelajaran Menulis Puisi Berbasis Aplikasi Android Untuk Siswa Sma.” Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan 8(1): 1.
Fatimah, Siti, Ngatmini, Kurniawan, Latif Anshori. 2019. “The Poetry’s Potencies as Emotion Therapy Media.” DIKSI 29(1): 30–40.
https://journal.uny.ac.id/index.php/diksi/article/view/33204/15412.
Gide, André. (1967). “Pengembangan Media untuk Pembelajaran Menulis Puisi Pada Siswa Kelas X Sma Negeri 1 Woha Bima Ntb Tati.” Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952.: 5–24.
http://riset.unisma.ac.id/index.php/NOSI/article/view/12407/9592.
Lethbridge, Jarmila. (2012). Basics of English Studies: An Introductory Course for Students of Literary Studies in English. Basics of English Studies, Version 12/03, Poetry. Tubingen, Stuttgart and Freiburg.: . Developed at the English Departments of the Universities of Tubingen, Stuttgart and Freiburg.
Lubis, Renni Ramadhani, Kiki Pratama Rajagukguk, Elsa Dessy Putri, and Bahasa Indonesia. (2020). “Terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia Di.” 2(04): 80–86.
Muyono, Eko Budi. “Media Videoklip Sebuah Alternatif Menulis Puisi.”
https://radarkudus.jawapos.com/read/2019/10/07/159497/media-videoklipsebuah-alternatif-menulis-puisi.
Pelzer, Katrin et al. (2017). “Pengembangan Media Gambar Tiga Dimensi Pop Up Dalam Pembelajaran Menulis Puisi di Kelas VIII SMPN 1 Ujan Mas Kepahiang Tahun Ajaran 2016/2017.” Solid State Ionics 2(1): 1–10.
Pradopo, Rachmat Djoko. (2002). Pengkajian Puisi. Yogyakarta: Fadjah Mada University Press.
Ramadhan, Wahyu. (2021). “3 Tips Cara Parafrase Ampuh Supaya Tulisanmu Bebas Plagiat.” Kreativv. https://kreativv.com/creativepreneur-career/caraparafrase/ (July 4, 2021).
Ratna, Nyoman Kutha. (2013). Metode Dan Teknik Penelitian Sastra.
Yogyakarta:Pustaka Pelajar.
Rusyanto, Yayan. (2019). “Parafrase, Cara Sederhana Mengubah Puisi Menjadi Prosa - Siedoo.” https://siedoo.com/berita-20782-parafrase-cara-sederhanamengubah-puisi-menjadi-prosa/.
Sangadah, Khotimatus. (2020). “Pengembangan Media Pembelajaran Teks Cerita Ulang Berbantuan Tokoh Lokal Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia.” Orphanet Journal of Rare Diseases 21(1): 1–9.
Siti Fatimah, Ngatmini, Murywantobroto, & Riris Setyo Sundari. 2021. PKM Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Bahasa Indonesia Dalam Penulisan Puisi Dengan Teknik Parafrase. Semarang.
Sukma, Hanum Hanifa. (2007). “Penerapan Teknik Parafrase Untuk
Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi.” In Konferensi Nasional Bahasa Dan Sastra III, , 441–45. https://docplayer.info/50305720-Penerapanteknik-parafrase-untuk-meningkatkan-kemampuan-menulis-puisi.html.
Susanto, Hadi. “Media Pembelajaran Menulis Puisi _ Wong Kapetakan’s Blog.”
https://bagawanabiyasa.wordpress.com/2015/11/24/media-pembelajaranmenulis-puisi/.
Waluyo, Herman J. (2001). Teori Dan Apresiasi Puisi. Jakarta: Erlangga. Wikipedia. 2021. “Parafrasa - Wikipedia Bahasa Indonesia, Ensiklopedia Bebas.” Wikipedia. https://id.wikipedia.org/wiki/Parafrase (April 19, 2021).
Yasa. (2021). “Apa Itu Parafrasa_ Pelajari Arti, Ciri-Ciri, Dan Jenis-Jenis Parafrasa Di Sini.” https://xerpihan.id/blog/267/apa-itu-parafrasa-pelajariarti-ciri-ciri-dan-jenis-jenis-parafrasa-di-sini/ (March 17, 2021).
DOI: https://doi.org/10.24176/pibsi.v43i1.226
Refbacks
- There are currently no refbacks.