Inovasi Pembelajaran pada Mata Pelajaran Tematik di Sekolah Dasar Islam Terpadu Pada Masa Pandemi Covid-19
Abstract
Era kenormalan baru dalam dunia pendidikan menjadi tantangan baru dalam dunia pendidikan. Dampak yang ditimbulkan pandemi Covid-19 sangat luas dan multidimensi. Pandemi Covid-19 menuntut guru sebagai seorang fasilitator dalam pendidikan untuk mencari inovasi pembelajaran terbaru yang dapat digunakan dalam pembelajaran daring. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan inovasi pembelajaran pada mata pelajaran tematik di SDIT Nurul Yaqin. Jenis penelitian ini adalah peneltian deskriptif kualtatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa inovasi pembelajaran berbasis teknologi menggunakan media Padlet, hyperdoc, live worksheets, dan mentimeter untuk mata pelajaran tematik di SDIT Nurul Yaqin sangat membantu siswa dan guru untuk melakukan pembelajaran daring.
The era of the new normal in the world of education is a new challenge in the world of education. The impact of the COVID-19 pandemic is broad and multidimensional. The Covid-19 pandemic requires teachers as facilitators in education to look for the latest learning innovations that can be used in online learning. This study aims to describe learning innovations in thematic subjects at SDIT Nurul Yaqin. This type of research is a qualitative descriptive research with a case study approach. Data collection techniques using interviews, observation, and documentation. The results show that technology-based learning innovations using Padlet media, hyperdocs, live worksheets, and mentimeters for thematic subjects at SDIT Nurul Yaqin are very helpful for students and teachers to do online learning.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ambarita, E. (2021). Belajar Dari Rumah (Bdr) Menggunakan Padlet Alternatif E-Learning Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Di Sman 56 Jakarta). JIRA: Jurnal Inovasi Dan Riset Akademik, 2(1), 30–36.
https://doi.org/10.47387/jira.v2i1.70
Khikmiyah, F. (2021). Implementasi Web Live Worksheet Berbasis Problem Based Learning dalam Pembelajaran. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 1–12.
Kimura, M. (2018). ICT, A Motivating Tool: A Case Study with Padlet.
Motivation, Identity and Autonomy in Foreign Language Education, 122–128.
Lubis, M., Yusri, D., & Gusman, M. (2020). Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis E-Learning (Studi Inovasi Pendidik MTS. PAI Medan di Tengah Wabah Covid-19). Fitrah: Journal of Islamic Education, 1(1), 1–18.
https://doi.org/10.53802/fitrah.v1i1.1
Rahayu, E. M., Nungki, A., Inggris, P. B., Pgri, U., & Buana, A. (2021).
MEMBACA DAN MENULIS BAGI GURU-GURU SMA / K SEKABUPATEN Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease. I(2), 84–95.
Sari, A. B. P. (2021). The Impacts of Mentimeter-Based Activities on EFL Students’ Engagement in Indonesia. LLT Journal: A Journal on Language and Language Learning, 24(1), 249–260.
https://doi.org/10.24071/llt.v24i1.3025
Suherman, A., Dimyati, E., Hermansyah, Melati, P., & Darojat, A. (2020). Penggunaan Aplikasi Mentimeter dalam Pembelajaran Daring di Masa
DOI: https://doi.org/10.24176/pibsi.v43i1.231
Refbacks
- There are currently no refbacks.