Pengembangan Buku Ajar Bipa Berbasis Bahasa Dan Sastra Pada Konsentrasi Bahasa Indonesia, Universitas Fatoni

Ku-Ares Tawandorloh, Islahuddin Islahuddin, Devita Cahyani Nugraheny

Abstract


Buku ajar Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) merupakan salah satu media pembelajaran yang mengandung pesan pembelajaran yang perlu dipelajari oleh mahasiswa berbentuk cetak atau yang difasilitasi oleh dosen untuk mencapai tujuan pembelajaran. Buku ajar adalah salah satu sumber belajar yang penting dalam proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan buku ajar BIPA berbasis bahasa dan sastra yang layak digunakan dalam pembelajaran BIPA pada Konsentrasi Bahasa Indonesia, Jurusan Bahasa Melayu, Universitas Fatoni. Metode penelitian mengikuti langkah-langkah penelitian yang diadaptasi dari langkah-langkah Brog dan Gall. Penilaian kualitas buku ajar yang telah dikembangkan berdasarkan aspek isi, kebahasaaan, dan kegrafikaan. Produk diuji cobakan kepada mahasiswa semester pertama tahun 2020/2021 yang memperoleh mata kuliah BIPA. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket. Teknik analisis data menggunakan uji deskriptif dan uji kuatitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku ajar BIPA berbasis bahasa dan sastra berkategori sangat baik untuk semua aspek penilaian. Oleh karena itu, buku ajar BIPA yang telah dikembangkan layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran mata kuliah BIPA pada Konsentrasi Bahasa Indonesia, Jurusan Bahasa Melayu, Universitas Fatoni.

 

Textbook of Indonesian for foreign speaker (BIPA) is one of the learning media that contains learning messages that students need to learn in printed form or facilitated by lecturers to achieve learning objectives. Textbooks are one of the important learning resources in the learning process. The aim of research was to develop language and literature-based BIPA textbooks that are suitable for use in BIPA learning at the Indonesian Language Concentration, Department of Malay, Fatoni University. The research method follows research steps adapted from the steps of Brog and Gall. Assessment of the quality of textbooks that have been developed is based on aspects of content, language, and graphics. The product was tested on first semester students of 2020/2021 who received BIPA courses. The data are collected technique used a questionnaire technique. They are analyzed technique used descriptive test and quantitative test. The results of the research shows that the language and literature-based BIPA textbook was categorized as very good for all aspects of the assessment. Therefore, the BIPA textbook that has been developed is feasible to be used as a learning medium for BIPA courses at the Indonesian Language Concentration, Department of Malay, Fatoni University.


Keywords


bahasa dan sastra;BIPA;buku ajar

Full Text:

PDF

References


Andayani. 2012. “Inovasi Model Pembelajaran untuk Mengakselerasi Peran Bahasa Indonesia di Ranah Internasional”. Pidato Pengukuhan Guru Besar. Surakarta: 4 Desember 2012.

Borg, W.R. & Gall, M.D. Gall. 1983. Educational Research: An Introduction, Fifth Edition. New York: Longman.

Budiana, Nia, Sri Aju Inrowaty, dan Retno Dewi Ambarastuti. 2018. Pengembangan Buku Teks BIPA Berbasis Multikultural bagi Penutur Asing Tingkat Pemula. Diglossia, 9 (2). 108-122.

Fariqoh, R. 2016. Pengembangan Bahan Ajar Membaca untuk Pembelajar Bahasa Indonesia Penutur Asing Tingkat Dasar. Riksa Bahasa: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya, 2 (2), 219–223. Hapsari, Y. R., Sutama, I. M., & Wendra, I.

W. 2017. Pelaksanaan Pembelajaran BIPA Siswa Kelas XI di Gandhi Memorial Intercintinental School Bali. EJournal Universitas Pendidikan Ganesha, 6 (1), 1–13.

Jazeri, M. 2016. Model Perangkat Pembelajaran Keterampilan Berbicara dengan Pendekatan Komunikatif Kontekstual bagi Mahasiswa Asing. Jurnal LITERA, 15 (2). 217–226.

Leksono, Robertus Pujo. 2015. “Indonesian as a Foreign Language Teaching in Thailand”. Makalah dalam Konferensi Internasional Pengajar BIPA (KIPBIPA IX) 2015.

Muliastuti, L. 2017. Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia. Ningrum, Rifqia Kartika, Herman J.

Waluyo, Retno Winarni, 2017. BIPA (Bahasa Indonesia Penutur Asing) sebagai Upaya Internasionalisasi Universitas di Indonesia. The 1st Education and Language International Conference Proceedings Center for International Language Development of UNISSULA. 726- 732.

Prastowo, Andi. 2011. Panduan Kreatif Membuat Bahana Ajar Inovatif: Menciptakan Metode Pembelajaran yang Menarik dan Menyenangkan. Yogyakarta: Diva Press.

Rishe Purnama Dewi. 2016. Pengembangan Buku Ajar Pemula Bahasa Indonesia bagi Penutur Asisng Berbasis CEFR. Jurnal Tarbawy, 2 (2). 21-40.

Sitepu, B.P. 2012. Penulisan Buku Teks Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Suyitno, I. 2005. Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing: Teori, Strategi, dan Aplikasi Pembelajarannya. Yogyakarta: Grafika Indah.

Wahyono, T., & Yashinta Farahsani. 2017. Penerapan Pendekatan Proses untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing. AKSIS: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1 (2), 204–220.

Wangid, M. N. 2014. “Peningkatan Keterampilan Menulis Menggunakan Pendekatan Proses dengan Media Gambar di SDN 3 Sakra,” J. Prima Edukasia, 2 (1). 1– 13.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.