Bermain Dan Bernyayi Sambil Belajar Berbicara Untuk Pembelajar Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing (Bipa)
Abstract
Hal yang menyenangkan akan memudahkan dalam pembelajaran dan membuat kesan berbeda kepada pemelajar Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing ( BIPA). Pengajaran yang santai dan menyenangkan akan mempermudah pemelajar Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) memehami materi dan cepat mengerti serta paham dalam mempelajari Bahasa Indonesia. Proses pembelajaran Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) dikatakan efektif apabila pembelajar mampu memahami materi secara baik. Hal ini dapat dilakukan dengan cara mengajak bermain dan bersenang-senang pembelajar BIPA. Permainan tebak kata dan sambung lirik lagu dapat mencairkan suasana dan dapat membuat pembelajar bipa menguasai kosa kata-kosa kata yang dapat diucapkan pembelajar. Ini akan membantu meningkatkan keterampilan berbicara pembelajar Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif karena mendeskripsikan fakta-fakta dan kenyataan yang ada. Data mendeskripsikan dari kenyataan kelas yang berlangsung. Bermain dan bernyayi dapat mencairkan suasana pada kelas dan membuat pembelajar suka dengan pembelajaran Bahasa Indonesia. Bermain tebak kata dan sambung lagu sangat efektif diterapkan dikelas Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) karena dapat digunakan langsung dalam berkomunikasi pemelajar BIPA di Hanoi Vietnam.
The fun thing will make learning easier and make a different impression to Indonesian Language Learners for Foreign Speakers (BIPA). Teaching that is relaxed and fun will make it easier for Indonesian for Foreign Speakers (BIPA) learners to understand the material and quickly understand and understand learning Indonesian. The learning process for Indonesian for Foreign Speakers (BIPA) is said to be effective if the learners are able to understand the material well. This can be done by inviting BIPA learners to play and have fun. Guessing games and connecting song lyrics can break the ice and can make bipa learners master the vocabulary that the learners can pronounce. This will help improve the speaking skills of Indonesian for Foreign Speakers (BIPA) learners. The method used in this research is descriptive qualitative because it describes the facts and facts that exist. The data describes the reality of the class that is taking place. Playing and singing can break the atmosphere in the classroom and make learners like learning Indonesian. Playing word guessing and connecting songs is very effective in the Indonesian language class for foreign speakers (BIPA) because it can be used directly in communicating BIPA students in Hanoi Vietnam.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Andayani, Ni Luh Putu, dkk. 2006. Apa kabar? Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing Pemula. Bali: Undiksha Press.
Asteria, Prima Vidya. 2017. Pengenalan Permainan Tradisional Indonesia di Kelas Bipa. PARAMASASTRA,4 (1): 2355-4126.
Firdiansyah, Andang, dkk. 2018. Penerapan Visi-Misi Program BIPA sebagai Wujud Internasionalisasi Bahasa Indonesia: Studi Kasus di UPT Pelayanan dan Pengembangan Bahasa Universitas Sebelas Maret Surakarta. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia I Unimed-2018, 111-115.
Lubna, Syarifah. 2018. Bermain Sambil Mempelajari Kosakata Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Untuk Penutur Asing (Bipa) Tingkat Pemula. Tuah Talino, 12(2): 14-24.
Suyatno, Imam. 2007. Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing (BIPA) berdasarkan Hasil Analisis Kebutuhan Belajar. WACANA, VOL. 9 NO. 1, APRIL 62—78.
Widiyanto, Eko. 2017. Media Wayang Mini dalam Pembelajaran Keterampilan Berbicara Bagi Pemelajar Bipa A1 Universitas Ezzitouna Tunisia. Jurnal Kredo, 1 (1): 120- 143.
Refbacks
- There are currently no refbacks.