PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER OLEH GURU BK MELALUI KETELADANAN TOKOH PANDAWA DALAM PEWAYANGAN

Debbie Nuzia Putri, Iin Musafa’ah, Zakia Noorrahma Aziza

Abstract


Karya ilmiah ini bertujuan  untuk memberikan gagasan tentang penerapan pendidikan karakter oleh guru BK/ Konselor melalui keteladanan tokoh pandawa dalam pewayangan. Penulisan ini berdasarkan fenomena yang terjadi pada peserta didik di era disrupsi yang karakter dan pemahaman mengenai budaya semakin pudar.Referensi karya ilmiah ini berasal dari studi pustaka dan penelitian-penelitian yang relevan, serta gagasan pemikiran penulis.Peserta didik di era industri 4.0 haruslah memiliki karakter yang kuat agar tidak terbawa arus negatif.Maka dalam Kurikulum 2013, disisipkan pendidikan karakter. Aspek-aspek pendidikan karakter meliputi religius, jujur, toleran, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat atau komunikatif, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, dan tanggung jawab. Pendidikan karakter ini menjadi tugas setiap tenaga pengajar/ guru terutama guru BK. Pendekatan yang dapat digunakan guru BK/ konselor untuk menerapkan pendidikan karakter salah satunya melalui keteladanan tokoh Pandawa dalam pewayangan yang diimplementasikan melalui layanan Bimbingan dan Konseling. Tokoh wayang pandawa dipilih dalam karya ilmiah ini karena memiliki karakter yang pantas dijadikan contoh dalam sebuah pembelajaran karakter di sekolah. Sifat kasih sayang, pemaaf, sabar, bertanggung jawab, suka menolong, cinta damai dan sifat baik lainnya, semua tergambar pada diri tokoh Pandawa, hal tersebut yag melatarbelakangi pemilihan topik pada penelitian ini. Selain itu, penggunaan tokoh Pandawa juga bertujuan untuk memperkenalkan kebudayaan dan kearifan lokal wayang kepada peserta didik agar mereka dapat melestarikan budaya tersebut.Dengan pendidikan karakter peserta didik tidak hanya memiliki kemampuan dalam bidang sains dan iptek tetapi juga menjadi generasi yang berbudaya.

 


Keywords


industri 4.0, pendidikan karakter, wayang, bimbingan dan konseling.

Full Text:

PDF

References


Alwisol.2006.Psikologi Kepribadian.Malang : UMM Press

Asmani, M. A.2011. Buku Panduan Internalisasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Diva Press

Bronfenbenner,Urie.2005.Making Human Beings Human: Biocological Perspective on Human Development. London : Sage Publication.

Citra, Yulia.2012.Pelaksanaan Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran.Jurnal Universitas Negeri Padang.Vol. 1 No. 1 : 237-249

Edmawati, Mahmuddah Dewi, & Sukria Ahsan.2017.Pendidikan Karakter Dalam Bimbingan Dan Konseling Berorientasi Pada Psychological Well Being Siswa. Prosiding Seminar Bimbingan dan Konseling. Vol. 1 No. 1 : 258-266

Fajrie, Nur. “Media Pertunjukan Wayang untuk Menumbuhkan karakter Anak Bangsa”. PGSD-FKIP- Universitas Muria Kudus. http://publikasiilmiah.ums.ac.id.

Khan, D.Yahya.2010.Pendidikan Karakter Berbasis Potensi Diri “Mendongkrak Kualitas Pendidikan”.Yogyakarta : Pelangi Publishing

Kusminah.2012.Pengembangan Model Pembelajaran Induktif Kata Bergambar Bermuatan Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Aspek Membaca Permulaan Sekolah Dasar.Jurnl Universitas Negeri Semarang. Vol. 1 No. 2 : 113-119

Kusumawati, Eny.2017. Prosiding Seminar Nasional Peran Bimbingan dan Konseling dalam Penguatan Pendidikan Karakter.Yogyakarta : FKIP Universitas Ahmad Dahlan

Pandanwangi, Wiekandini Dyah dan Nuryantiningsih, Farida.2018.Komik Wayang Anak Pandawa sebagai Media Pendidikan Karakter di Jaman Kekinian. Journal of Urban Society’s Arts : Universitas Jendral Soedirman

Purwanto, E. and Yuliana, M. E. (2016) ‘Penerapan animasi pertunjukan wayang sebagai media pendidikan budi perkerti dan memperkenalkan budaya bangsa kepada anak usia dini’, Jurnal Sainstech, 1(6), pp. 21–31. http://www.poltekindonusa.ac.id/wp-content/uploads/2017/01/Artikel-4_Jurnal- Sainstech_Vol-1-Nomer-6-Desember-2016_ Eko-Purwanto.pdf.

Puspitasari, Euis.2014.Pendekatan Pendidikan Karakter.Jurnal IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Vol. 3 No. 2 : 45-57

Senawangi. 2008. Ensiklopedia wayang Indonesia. Jakarta: Sakanindo Printama.

Setiawati, Nanda Ayu.2017.Pendidikan Karakter Sebagai Pilar Pembentukan Karakter Bangsa. Prosiding Seminar Nasional Tahunan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan. Vol. 1 No. 1 : 348-352

Stone, C. and Dyal, M.A. 1997. School Counselors Sowing the Seeds of Character Education. Professional School Counseling, Dec 1997; 1, 2; pg. 22-24.

Sutarso, J. and Murtiyoso, B. (2008) ‘Wayang Sebagai Sumber dan Materi Pembelajaran Pendidikan Budi Pekerti Berbasis Budaya Lokal’, Jurnal Penelitian Humaniora, 9(1), pp. 1–12. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta. https://publikasiilmiah.ums.ac.id/ xmlui/handle/11617/586

Wibowo, Agus.2012.Pendidikan Karakter : Strategi Membangun Karakter Bangsa Berperadaban.Yogyakarta : Pustaka Pelajar

Williams, M., & Schnaps, E. (Eds.) 1999. Character Education: The foundation for teacher Education. Washington, DC: Character Education Partnership


Refbacks

  • There are currently no refbacks.