PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS MELALUI MODEL STAD BERBANTU MEDIA PUZZLE PECAHAN SISWA KELAS IV SD N 1 BUWARAN

Ayu Arifatun Nikmah, Savitri Wanabuliandari, Henry Suryo Bintoro

Abstract


Pemahaman konsep siswa SD N 1 Buwaran masih kurang karena kegiatan pembelajaran matematika masih terpusat pada guru yakni masih menggunakan metode pembelajaran konvensional, guru tidak menggunakan media, dan siswa cenderung pasif. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan penerapan model STAD berbantu media puzzle pecahan untuk meningkatkan pemahaman konsep matematis materi pecahan pada siswa kelas IV SD N 1 Buwaran dan (2) meningkatkan aktivitas belajar siswa dengan menerapkan model STAD berbantu media puzzle pecahan siswa kelas IV SD N 1 Buwaran. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan model Kemmis dan Mc Taggart. Penelitian ini berlangsung selama 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu, perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan dua teknik yaitu teknik tes menggunakan instrumen tes pemahaman konsep dan nontes dengan menggunakan instrumen observasi, instrumen wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan merupakan analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan pembelajaran matematika melalui model STAD berbantu media puzzle pecahan meningkat setiap siklusnya. Aktivitas siswa pada siklus I memperoleh persentase 67,2% (cukup), pada siklus II meningkat menjadi 75% (baik). Persentase ketuntasan hasil pemahaman konsep matematis pada prasiklus yaitu 25% (rendah), setelah dilakukan penelitian siklus I meningkat menjadi 45% (tinggi) dan meningkat pada siklus II menjadi 80% (tinggi).

Keywords


STAD; puzzle pecahan; pemahaman konsep matematika

Full Text:

PDF

References


Aliyah, J., Ismono, & Sudibyo, E. 2016. Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad

Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Pada Materi Cahaya.

Pensa: Jurnal Pendidikan Sains, 4(2): 1-10

Choiriyah, M. & Mualif, H. 2011. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe

Student Team Achievement Division (STAD) Untuk Meningkatkan Hasil

Belajar Kimia Materi Pokok Senyawa Hidrokarbon. Jurnal Inovasi

Pendidikan Kimia, 5(2): 784-789.

Departemen Pendidian Nasional. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan

SD. Jakarta: Depdiknas.

Hemawan, A. H. 2010. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Universitas

Terbuka. Jakarta.

Heruman. 2016. Model Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Bandung:

PT. Remaja Rosdakarya.

Mukrimatin, N.A., Murtono, M., & Wanabuliandari, S. 2018. Pemahaman Konsep

Matematika Siswa Kelas V SD Negeri Rau Kedung Jepara Pada Materi

Perkalian Pecahan. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1 (1):

-71.

Murnaka, N. P., & Manalu, R. I. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Student

Team Achievement Division untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman

Konsep Siswa. UNION: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3): 317-328

Pujiati, P., Kanzunnudin, M., & Wanabuliandari, S. 2018. Analisis Pemahaman

Konsep Matematis Siswa Kelas IV SDN 3 Gemulung Pada Materi Pecahan.

ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1 (1): 37-41.

Sardiman. 2007. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo

Persada.

Sugiyanto. 2010. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Surakarta: Yuma Pustaka

Susanto, A. 2013. Teori Belajar Dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jakarta:

Prenadamedia Group.

Trianto. 2007. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik.

Jakarta: Prestasi Pustaka.

Zarkasyi, W. 2015. Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: Refika Aditama.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by: