PENERAPAN SISTEM PAKAR UNTUK DIAGNOSA PENYAKIT KULIT KUCING MENGGUNAKAN FORWARD CHAINING

Novita Kurnia Ningrum, Defri Kurniawan, Egia Rosi Subhyakto

Abstract


Kulit merupakan organ terbesar pada tubuh kucing yang membatasi tubuh dengan lingkungan luarnya. Kondisi kulit merupakan refleksi kesehatan kucing secara umum dan salah satu bagian indikator adanya penyakit dalam tubuh kucing. Sebagian besar penyakit kulit pada kucing tidak terdeteksi sejak dini oleh pemiliknya. Hal tersebut disebabkan ketikatahuan pemilik kucing mengenai penyakit kulit pada kucing dan dampak kesehatan bagi kucing itu sendiri dan lingkungan di sekitarnya. Oleh karena itu penelitian ini diterapkan sistem pakar untuk mendiagnosa penyakit kulit pada kucing. Diagnosa penyakit kulit pada kucing meliputi penyakit ring worm, scabies, eramite, fungi, stud tail dan lice. Setiap penyakit akan didiagnosa berdasarkan gejala yang muncul pada kucing. Selanjutnya setiap gejala yang akan dianggap sebagai fakta atau kondisi untuk kemudian dicocokkan menggunakan penalaran forward chaining hingga menghasilkan kesimpulan akhir. Uji coba pada penelitian ini menunjukkan bahwa forward chaining dapat mendiagnosa penyakit kulit kucing sesuai dengan gejala yang dialami.


Keywords


Forward Chaining; Penyakit Kulit Kucing; Sistem Pakar

Full Text:

PDF

References


Welfare Assessment and the Five Freedom, World Society for the Protection of Animals (WSPA), Bristol: Bristol University, 1997.

R. Nurlayli dan D. Hidayati, “Kesepian pemilik hewan peliharaan yang tinggal terpisah dari keluarga,” Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, vol. 2, no. 1, pp. 22-35, 2014.

A. Winarso, Kajian kesejahteraan ternak dalam ajaran agama buddha, yahudi, nasrani dan islam [skripsi], Bogor: Institut Pertanian Bogor, 2008.

J. Odendaal, “Science-based assessment of animal welfare: companion animals,” Rev. Sci. Tech. Off. Int. Epiz. 24(2), pp. 493-502, 2005.

Subronto, Penyakit Infeksi Parawsit dan Mmikroba pada Anjing dan Kucing, Yogyakarta: UGM Press, 2006.

Kusrini, Konsep dan Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan, Yogyakarta: Penerbit Andi, 2007.

O. Nurdiawan dan . L. Pangestu, “PENERAPAN SISTEM PAKAR DALAM UPAYA MEMINIMALISIR RESIKO PENULARAN PENYAKIT KUCING,” InfoTekJar (Jurnal Nasional Informatika dan Teknologi Jaringan), pp. e-ISSN : 2540-7600 Vol 3, No 1, September 2018.

E. Turban, Turban, Efraim; Aronson, Jay; Liang, Ting-PeDecision Support Systemsand Intelligent Systems (Sistem pendukung keputusan dan sistem cerdas), Yogyakarta: Andi, 2005.

Sutojo dan E. Mulyanto, KECERDASAN BUATAN, Yogyakarta: Andi, 2011.

R. Fanny, N. Hasibuan dan E. Bulolo, “Perancangan Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Asidosis Tubulus Renalis Menggunakan Certanty Factor dengan Penelusuran Forward Chaining,” Media informatika Budi Dharma, vol. vol. 1, no. no. 1, pp. pp. 13–16,, 2017.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.