SISTEM PEMETAAN DAN PROFIL KECAMATAN DUKUHSETI BERBASIS ANDROID

Ari Widianto, Rina Fiati

Abstract


Perkembangan teknologi informasi saat ini sangat pesat, tidak bisa di pungkiri lagi bahwa teknologi sudah sangat dibutuhkan saat ini, Dukuhseti merupakan sebuah kecamatan di Kabupaten Pati Jawa Tengah terletak kurang lebih 36 km ke utara dari pusat kota pati. Merupakan daerah dataran rendah dan berada dipesisir laut jawa dengan ketiggian tanah 1 - 40 meter dpl. Dukuhseti memiliki jumlah penduduk 56.689 Jiwa (2010) terdiri dari 12 Desa dan luas wilayah 8.159 ha.tujuan penelitian ini adalah menghasilkan aplikasi perangkat lunak dalam meberikan informasi mengenai Kecamatan Dukuhseti, agar masyarakat lebih mengenal dan lebih tahu, dan supaya Kecamatan Dukuhseti dapat dikenal di masyarakat luas di Indonesia. software yang digunakan pada pemprograman ini adalah Android Studio dengan basic bahasa pemprograman Java. Metode yang digunakan dalam pengembangan perangkat lunak (software) ini adalah Waterfall. Motode ini menggambarkan pendekatan yang sistematis dan berurutan pada pengembangan perangkat lunak, yang dimulai dengan spesifikasi kebutuhan pengguna dan berlanjut melalui tahapan-tahapan perancangan (planning), pemodelan (moeling), kontruksi, serta penyerahan perangkat lunak ke pengguna (deployment) yang diakhiri dengan dukungan berkelanjutan pada perangkat lunak lengkap yang telah dihasilkan (Presman, 2012). Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah “Sistem Informasi Geografi Pemetaan Wilayah Dukuhseti Berbasis Android”.


Keywords


Android Studio; Informasi; Java; Sistem; Waterfall

References


Budianto, E. 2010. Sistem Informasi Geografis dengan Arc View GIS. Andi. Yogyakarta.

Fiati, R., Latubessi, A. 2016. Mapping of Flooded Areas in the Kudus District. IJEECS : Vol. 4 No.

i3, ISSN: 2502-4752.

J. W. Satzinger, R. B. Jackson and S. D. Burd, 2011. Systems Analysis and Design in a

Changing World. Sixth ed.

Kholil. 2017. Pemanfatan Sistem Informasi Geografis (SIG) dalam Aplikasi Pelaporan dan

Pelacakan Kejahatan Berbais Android. Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi : Vol. 6

No.1:50-58.

Marlena, D., Aspriyono, H. 2014. Sistem Informasi Geografis Letak Lokasi Rumahsakit dan Apotek

Kota Bengkulu Berbais Android. Jurnal Media Infotama : Vol. 10 No. 2, ISSN 1858 – 2680. Prahasta, E. 2009. Sistem Informasi Geografis, Konsep-Konsep Dasar. (Perspektif Geodesi

dan Geomatika). Informatika. Bandung.

Pressman. 2012. Rekayasa Perangkat Lunak Pendekatan Praktisi (Buku, Satu). Andi, Yogyakarta. Sutabri, T., 2005. Sistem Informasi Managemen. Andi. Yogyakarta.

Safaat, Nazaruddin, 2012. PemrogramanAplikasi Mobile Smartphone dan Tablet PC Berbasis Android. Informatika. Bandung.

Situs WEB Kecamatan Dukuhseti Pati. http://www. kecamatandukuhseti.patikab.go.id/. Diakses pada tanggal 12 Mei, pukul 09.00 WIB.

Situs WEB Wikipedia. https://id.wikipedia.org/. Diakses pada tanggal 28 Mei, pukul 17.20 WIB. Yuwono, B., Sasmito, A., Arif S. 2015. Sistem Informai Geografis Berbais Android Untuk

Pariwisata di Daerah Malang. semnasIF : ISSN: 1979-2328.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.