PENERAPAN LAYANAN CLOUD COMPUTING SAAS PADA APLIKASI E-LEARNING (STUDI KASUS : SMA PGRI KUDUS)

Diana Laily Fithri, Andy Prasetyo Utomo, Fajar Nugraha

Abstract


Kegiatan pembelajaran di sekolah Yayasan PGRI khususnya di SMA PGRI Kudus masih menggunakan model konvensional yaitu dengan secara langsung tatap muka, sehingga perlu dilakukan pengembangan media pembelajaran online atau yang sekarang sering disebut sebagai e-learning untuk membantu guru dan peserta didik dalam mengambil materi serta mengerjakan tugas secara online. Dengan adanya pembelajaran secara online diharapkan guru dapat meng-update materi pembelajaran dan siswa dapat mengaksesnya tanpa terkendala tempat dan waktu, selain itu penugasan kepada siswa dapat terkontrol dengan baik. Secara umum, seluruh sekolah Yayasan PGRI di kabupaten Kudus memiliki proses bisnis yang sama begitu juga kebutuhan sistem dan teknologi informasinya. Akan tetapi riilnya masing – masing sekolah mengembangkan arsitektur dan sistem informasinya secara terpisah. Di sisi lain, mayoritas sekolah tidak mempunyai cukup anggaran untuk melakukan pengadaan infrastruktur untuk menunjang sistem informasi yang dibutuhkan khususnya untuk kegiatan pembelajaran seperti e-learning. Cloud computing sering disebut sebagai paradigma baru dalam dunia teknologi informasi yang berhubungan dengan efisiensi sumber daya. Cloud Computing mempunyai sebuah lapisan layanan yang dikenal dengan nama Software as a Service (SaaS). SaaS mempunyai beberapa keunggulan dan kemudahan yang ditawarkan, diantaranya terkait dengan efisiensi sumber daya dan kecepatan dalam pengembangan sebuah aplikasi. Dengan SaaS sebuah aplikasi dapat digunakan sekaligus oleh banyak tenant dengan setiap tenant masih tetap terjaga privasinya, sehingga biaya pengembangan aplikasi bisa lebih ditekan. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan sistem berorientasi obyek dengan alat UML. Penelitian ini bertujuan untuk membantu Sekolah di yayasan PGRI kabupaten Kudus meningkatkan kualitas pembelajaran dengan memanfaatkan media pembelajaran e-learning tanpa perlu memikirkan proses pengadaan, instalasi dan konfigurasi perangkat keras atau lunak.


Keywords


cloud computing; e-learning; SaaS; sekolah

Full Text:

PDF

References


Booch, Grady,. Maksimchuk, Robert A., Engle, Michael W., Young, Bobbi J., Conallen, Jim,. Houston, Kelli A., (2007). Object-Oriented Analysis and Design with Applications. Pearson Education, Inc, USA.

Fowler, Martin. (2004). UML Distilled Third Edition A Brief Guide to the Standard Object Modeling Language. Pearson Education, Inc, USA.

Ibrahim, Noraini., Ibrahim, Rosziati., Saringat, Mohd Zainuri., Mansor, Dzahar., and Herawan, Tutut., (2011), Consistency Rules between UML Use Case and Activity Diagrams Using Logical Approach, International Journal of Software Engineering and Its Applications, vol 5 no 2, pp. 119-134.

Khatri, Sunil Kumar,. Singhal, Himanshu,. Bahri, Khushboo. (2013), Multi-Tenant Engineering Architecture in SaaS. International Journal of Computer Applications (pp. 45-49).

Supriyono,. Utomo, Andy Prasetyo (2016), Utilization Of Saas (Software As A Service) Cloud Computing On Financial Management Applications Smes In Kudus District, International Journal of Education and Social Sciences, Vol. 4, (pp. 319-323).

Zhu, Yangpeng. (2014). A Platform for Changing Legacy Application to Multi-tenant Model. International Journal of Multimedia and Ubiquitous Engineering. Vol.9, No.8 (pp. 407-418).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.