PEMBANGUNAN SISTEM E-ELECTRONIC CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (E-CRM) DI PT CATUDAYA DATA PRAKASA

Ricky Fauzan Firmansyah, Wina Witanti, Asep Id Hadiana

Abstract


PT.Catudaya Data Prakasa yaitu perusahaan industri nasional dan kontraktor yang bergerak dalam bidang peralatan power elektronik, kontrol automation, power managemen, elektrikal, dan mekanikal . PT. Catudaya Data Prakasa masih kesulihtan untuk menemukan client baru, data client, data keluhan, data pegawai tidak terkelola dengan baik, dari segi monitoring dan segi kualisan pelayanan yang diberikan sehingga tidak memberikan kepuasan pelayanan bagi client. Maka dari itu dengan sister ecrm dapat melakukan pengelolaan client, membuat quisioner, pengelolaan keluhan dan kepuasan sehingga dapat mengevaluasi kinerja untuk parner. partner kerja sangat diperlukan bagi perusahaan agar dapat memberikan profit bagi perusahaan agar kelangsungan dari perusahaan dapat terjaga, terjalinnya suatu hubungan dengan client dan pelayanan yang diberikan oleh perusahaan dapat memberikan efek potisif untuk dapat memuaskan client, pelayanan yang tidak baik untuk client dan promosi yang tidak bagus dapat memberikan efek negatif bagi perusahaan maka dari itu crm dapat membantu dalam stategi untuk mendapatkan client, memberikan pelayanan yang sangat baik bagi client agar client dapat puas dengan kinerja yang diberikan oleh perusahaan sehingga perusahaan dapat memberikan hubungan yang baik. dengan sistem e-crm dapat membantu pengelolaan informasi data client, pegawai, data keluhan pengiriminan melalui sistem yang otomatis.

Keywords


Client; CRM; Kepuasan; Pelayanan

Full Text:

PDF

References


Afrina, M., & Ibrahim, A. (2013). Rancang Bangun Electronic Costumer Relationship

Management (E-Crm) Sebagai Sistem Informasi Dalam Peningkatan Layanan

Perpustakaan Digital Fakultas Ilmu Komputer Unsri. Jurnal Sistem Informasi, V(2),

-644.

Amri, F., Astuti, E. S., & Riyadi. (2013). Analisis Implementasi Sistem Erp (Enterprise

Resource Planning) (Studi Pada Pt. Jepe Press Media Utama Surabaya). Administrasi

Bisnis, Ii(2), 102-109.

Bhaskara, S. U., Mandey, S. L., & Nelman, O. (2014). Customer Relationship Management

(Crm) Dan Personal Selling Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Pt

Virgo Ekspress Tours & Travel Manado . Emba, 2(1), 99-110.

Carissa, A. O., Fauzi, A., & Kumanji, S. (2014). Penerapan Customer Relationship

Management (Crm) Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Loyalitas Pelanggan. Jurnal

Administrasi Bisnis, 15(1), 1-11.

Chairuna, D., Lisanti, Y., & Kuncoro, E. A. (2012). Penerapan E-Customer Relationship

Management Pada Taman Kanak Kanak Hanifa. Comtech, 3(1), 291-306.

Ertiningsih, A. W., & Hariyanti, T. (2013). Pengaruh Customer Relationship Management

Terhadap Loyalitas Ibu Hamil Pada Pelayanan Persalinan(Studi Di Rs Hermina

Tangkubanprahu Malang). Jurnal Aplikasi Management, Ii(2), 280-287.

Hadiana, A. I., & Witanti, W. (2017). Analisis Jejaring Sosial Menggunakan Sosial Network

Sosial Network Analysis Untuk Membantu Sosisal Crm Dagi Umkm Di Cimahi.

Infomatika, Ii(1), Vi.29 - Vi.36.

Hanafi, F. A., & Karnila, S. (2017). E-Customer Relationship Management (E-Crm) Untuk

Pemesanan Dan Penjualan Makanan Ringan. Prosiding, 359-398.

Iriandini, A. P., Yulianto, E., & Mawardi, M. K. (2015). Pengaruh Customer Relationship

Management (Crm) Terhadap Kepuasan Pelanggan Dan Loyalitas Pelanggan. Jurnal

Administrasi Bisnis, 23(1), 2-8.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.