BIMBINGAN KARIR DENGAN LAYANAN INFORMASI UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KARIR SISWA SDN 4 BATEGEDE

Lia Amelia, Arista Kiswantoro, Indah Lestari, Richma Hidayati

Abstract


Penelitian ini didasari dari fenomena siswa di sekolah dasar yang masih bingung dantidak paham akan berbagai jenis profesi. Sehingga berpengaruh terhadap pilihan cita-citasiswa. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah : 1. Mengetahui faktor-faktoryang mempengaruhi pemahaman karir siswa SDN 4 Bategede. 2. Untuk memprolehpeningkatan pemahaman karir siswa SDN 4 Bategede setelah pelaksanaan bimbingan karirdengan layanan informasi. Pemahaman karier merupakan usaha individu untuk memahami diribaik dari sikap, kemampuan, dan minatnya. Individu kemudian menyiapkan diri untukmenguasai mengani dunia karir dan juga mengenai informasi karir. Di Sekolah Dasar (SD)pemahaman karir merupakan permasalahan yang sering dialami oleh siswa. Hal ini munculketika siswa merasa tidak yakin akan memilih jenjang karir di masa depan dan bagaimanamenyusun rencana agar kemampuan dan cita-citanya dapat terwujud. Jenis penelitian yangdigunakan adalah penelitian tindakan bimbingan dan konseling. Subjek yang diteliti yaitu siswakelas 3 SDN 4 Bategede. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi danwawancara. Analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif deskriptif. Hasilpenelitian yang ditemukan yaitu siswa kelas 3 SDN 4 Bategede dapat menemukan faktor yangmenyebabkan pemahaman karir siswa kurang dengan pelaksanaan layanan bimbingan kariryang diberikan oleh peneliti. Peneliti menggunakan media pembelajaran gambar profesi agarsiswa mempunyai pengetahuan tentang bidang pekerjaan dan menentukan cita-cita siswa.

Full Text:

PDF

References


Andriani, M. W. (2019). Pengaruh Layanan Informasi Menggunakan PapanBimbingan

Terhadap Pemahaman Karir Siswa Sekolah Dasar. Nusantara of Research:

Jurnal Hasil-hasil Penelitian Universitas Nusantara PGRI Kediri, 6(2), 68-77.

Carolyn, B.T. 2005. An Exploratory Study of a Career Counselling Intervention With

‘At-Risk Youth’. Disertation. Newfondland: University of Newfondland.

Hasan, Iqbal. 2002. Metodologi Penelitian dan Aplikasinya, Jakarta: Ghalia Indonesia.

Hidayati, R. 2015. Layanan Informasi karir membantu peserta didik dalam

meningkatkan pemahaman karir. Jurnal Konseling GUSJIGANG, 1(1),

Lexi J, Moleong. 2002. Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosda

Karya.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2007. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT.

Remaja Rosdakarya.

Sukiman. 2011. Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru Pembimbing. Yogyakarta:

Paramitra Publishing.

Winkel dan Hastuti, Sri. 2005. Bimbingan dan Konseling di institusi Pendidikan.

Yogyakarta: Media Abadi.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.